Indonesia kerjasama dengan Jepang di bidang militer

    Reporter : Muhammad Mirza Harera | Selasa, 29 Januari 2013 14:03

     Indonesia kerjasama dengan Jepang di bidang militer
    Purnomo Yusgiantoro. ©2012 Merdeka.com

    Merdeka.com - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, kedatangan Kasad Jepang Jenderal Eji Kamizuka untuk merencanakan kerja sama Indonesia-Jepang di bidang militer.


    "Kalau dulu kerjasama Jepang dan Indonesia lebih banyak di bidang ekonomi, nah sekarang mereka menekankan bahwa pemerintahannya itu juga kerjasama di bidang militer juga," ujar Purnomo di Kompleks Istana, Selasa (29/1).

    Menurutnya, tentu ada kepentingan Jepang bekerja sama di bidang militer. Karena Jepang sekarang juga akan memperkuat angkatan bersenjatanya karena situasi perbatasan mereka yang kurang menguntungkan.

    "Konkritnya itu kerjasama antar-angkatan darat. Sekarang mulai pertukaran pejabat dimulai," ujarnya.

    Sekarang ini, lanjutnya, karena mereka melihat situasi di Laut China Selatan, situasi antara mereka dengan Korea, dengan China, Rusia dan Jepang ada masalah perbatasan. Jadi perlu membangun self defence arms force.

    "Mereka itu menyampaikan kepada Indonesia rencana-recana ke depan, walaupun dulu setelah perang dunia kedua menurut konstitusinya kan setelah perang dunia kedua mereka tidak boleh membangun kekuatan, tapi situasinya dalam waktu dekat ini telah berubah," imbuhnya.

    [did]

    Rekomendasi Pilihan

    KUMPULAN BERITA
    # Pesawat Militer

    Komentar Anda



    BE SMART, READ MORE