H-7, penumpang kapal laut mulai meningkat

Reporter : Moch. Andriansyah | Senin, 13 Agustus 2012 17:00




H-7, penumpang kapal laut mulai meningkat
Pelabuhan Gapura Surya. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Terhitung sejak tujuh hari menjelang Lebaran (H-7), jumlah penumpang datang dan pergi menggunakan kapal laut mulai meningkat. Begitu juga yang terjadi di Pelabuhan Gapura Surya Tanjung Perak, Surabaya.

"Mayoritas yang menjadi tujuan pemudik di antaranya terminal penumpang Gapura Surya Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang," terang Manager Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto, Senin (13/8).

Data yang dihimpun dari Posko Lebaran di Pelabuhan Tanjung Perak, sampai dengan H-6, total penumpang yang tiba di terminal Gapura Surya, tercatat 34.203 orang dengan rincian 5.255 orang penumpang naik dan 30.158 orang penumpang turun.

Kemarin (12/8), lanjut Edi, kapal yang mengangkut penumpang turun di Tanjung Perak, paling banyak adalah KM Umsihi dari Makasar, yaitu 1.733 orang. Disusul KM Lauser dari Sampit-Kumai, mengangkut 1.316 penumpang turun di Tanjung Perak.

"Apabila diprosentasekan, sebagian besar pemudik yang tiba di Tanjung Perak berasal dari Makasar dan kota-kota lainnya di Kalimantan."

Selain di Tanjung Perak, Surabaya, PT Pelindo III juga merilis jumlah pemudik yang turun melalui terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Hingga H-7 kemarin, jumlah penumpang adalah 35.892 orang, dengan rincian 28.848 orang penumpang turun dan 7.044 orang penumpang naik.

Sedangkan terminal penumpang kapal laut di luar Pulau Jawa, yang mayoritas menjadi asal keberangkatan pemudik, di antaranya terminal penumpang di Pelabuhan Sampit, Kumai, Batulicin (Kotabaru) dan Banjarmasin.

Para pemudik yang mempergunakan kapal laut melalui terminal penumpang di Pelabuhan Sampit, sampai dengan H-7, telah mencapai sedikitnya 15 ribu orang penumpang, dengan perincian 14 ribu penumpang naik dan seribu orang penumpang turun.

"Demikian juga peningkatan arus penumpang kapal laut di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, sampai dengan H-7, telah mencapai 11.165 orang penumpang, dengan perhitungan jumlah penumpang naik, 9.933 orang dan penumpang turun sebanyak 1.232 orang," kata Edi lagi.

Penumpang kapal laut yang melalui terminal penumpang di Pelabuhan Batulicin (Kotabaru) sejak H-15 sampai dengan H-7, kemarin, sedikitnya telah mencapai 8.755 orang penumpang, dengan perincian sebanyak 7.644 orang penumpang naik dan 1.111 orang penumpang yang turun.

Sedangkan pemudik kapal laut yang melalui pelabuhan Banjarmasin, masih menurut Edi, belum menunjukkan peningkatan signifikan. Kemungkinan karena banyaknya jadwal penerbangan ke Pulau Jawa.

Edi juga mengatakan jumlah penumpang di Pelabuhan Banjarmasin, yaitu 5.615 orang penumpang, dengan rincian 5.148 orang penumpang naik dan sebanyak 465 orang penumpang turun.

[hhw]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • H+3 Lebaran, lalu lintas Jakarta masih lengang
  • Urai kemacetan, pintu M1 Bandara Soekarno-Hatta dibuka
  • Kisah kesaksian Nabi Idris melihat surga & neraka
  • Pabrik tekstil penuhi order ekspor sepekan sebelum lebaran
  • Arus balik H+3 Lebaran, lalu lintas Garut menuju Bandung padat
  • Pramugari Australia suruh penumpang buang narkortika di jamban
  • Tim Prabowo-Hatta tidak gugat KPUD Kota Tangerang ke MK
  • Renegosiasi Freeport harus libatkan masyarakat adat Papua
  • Kebakaran terjadi di belakang Apartemen Grand Palace
  • McLaren P1 versi sirkuit akan hadir dengan paket lengkap
  • SHOW MORE