Dalem Kalitan, rumah favorit Soeharto dan Bu Tien di Solo

Reporter : Arie Sunaryo | Selasa, 5 Maret 2013 09:30




Dalem Kalitan, rumah favorit Soeharto dan Bu Tien di Solo
rumah favorit soeharto di Solo. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Di masa kekuasaan Soeharto , nama Dalem Kalitan begitu populer. Dalem (rumah) Kalitan, itu adalah tempat Presiden Soeharto dan keluarganya beristirahat ketika berkunjung ke Solo. Soeharto , Bu Tien dan keluarganya tidak pernah menginap di hotel selama berada di Solo kecuali di Dalem Kalitan.

Kemarin, merdeka.com berkunjung ke rumah besar yang mirip istana di Jalan Kalitan, tak jauh dari rumah dinas wali kota Solo, Loji Gandrung. Bangunan tua bergaya limas atau joglo yang dibangun pada tahun 1789 itu selama ini masih sering dikunjungi keluarga Soeharto jika ke Solo.

"Mas Tomy, Mbak Tutut, Mbak Titik pasti mampir ke sini kalau ada acara di Solo. Kadang menginap, tapi kadang cuma mampir saja," ujar Agus Surendra, Kepala Rumah Tangga Dalem Kalitan.

Dalem Kalitan terletak di Kampung Kalitan, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan Solo, dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti kolam renang, taman satwa, pendopo dan sebuah masjid di bagian luar.

Surendra menceritakan, berdasarkan riwayatnya, sebelum tahun 1965 bangunan di atas tanah seluas satu hektar itu adalah milik Raja Kraton Surakarta, Paku Bowono X. Bangunan tersebut kemudian dihibahkan ke putra bungsunya, Kanjeng Gusti Ratu Alit. Karena pemiliknya bernama Ratu Alit, maka tempat itu dinamakan Dalem Kalitan.

Beberapa tahun setelah Pak Harto menjadi presiden, Dalem Kalitan dibeli oleh Bu Tien yang masih kerabat Keraton dari Mangkunegaran. Sejak saat itu, Dalem Kalitan seperti rumah kedua keluarga Pak Harto.

Dalem Kalitan terdiri dari tiga bagian. Yaitu pendopo, ruang tengah atau pringgitan dan senthong (ruang tidur). Pendopo dulunya digunakan Pak Harto dan Bu Tien menemui tamu-tamunya. Namun sekarang tempat tersebut sering digunakan untuk ruang pertemuan bagi masyarakat umum.

Di bagian pendopo ini juga terpampang foto Pak Harto dan Bu Tien atau tepatnya di depan pintu masuk utama. Sementara di tembok samping kanan juga terpasang foto keduanya yang didampingi 5 anak dan 4 menantu. Sedangkan di samping kiri terdapat seperangkat gamelan jawa, yang tertutup rapi dengan kain hijau.

Sementara di ruang tengah sekarang ini banyak terdapat foto-foto Pak Harto dan Bu Tien, serta cinderamata dan penghargaan. Terdapat juga sertifikat gelar Pahlawan Nasional Bu Tien Soeharto , yang dipajang di depan pintu utama.

Di foto-foto Pak Harto, banyak dicantumkan kalimat mutiara yang dulunya kalimat itu sering disampaikan Pak Harto tatkala masih berkuasa. Kalimat-kalimat itu merupakan bagian dari falsafah Jawa.

Misalnya tertulis kalimat, "Wong iku kudu ngudi kabecikan jalaran kabecikan iku sanguning urip" yang artinya orang itu harus mencari kebaikan sebab kebaikan itu bekal hidup. Ada kalimat, "Nglurug tanpa bala" yang artinya menyerang tanpa pasukan. Ada juga kalimat, "Menang tanpa ngasorake" yang artinya menang tanpa mengalahkan, dan lain sebagainya.

Saat ini kondisi Dalem Kalitan masih sangat terawat. Sama seperti Astana Giribangun, tempat ini juga sering dikunjungi warga dari berbagai daerah di nusantara.

Baca juga:
4 Cerita menarik Soeharto dan hobinya memancing
Soeharto malu baru disunat umur 14 tahun
Soeharto pernah kerja jadi tentara Belanda
5 Prinsip hidup kunci sukses Soeharto

[did]

KUMPULAN BERITA
# Soeharto

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Demo rusuh, enam orang pendukung Prabowo terluka
  • Gara-gara massa Prabowo, taman depan patung kuda rusak parah
  • Massa Prabowo demo MK, PDIP puji SBY sukses menjaga keamanan
  • Ambulans berlogo Gerindra hilir mudik di sekitaran Thamrin
  • Tessa Kaunang: Sandy sering pulang, udah insyaf kali dia
  • Priyo sebut jika semua parpol dukung Jokowi demokrasi akan sepi
  • Massa Prabowo ricuh, pedagang lari ketakutan
  • Kubu Jokowi yakin putusan MK bakal diterima semua pihak
  • [FOTO] Apartemen mewah tempat putra Jackie Chan ditangkap polisi
  • Jokowi-Ahok masih ngantor, PNS pulang duluan takut rusuh
  • SHOW MORE