Cerita Doni, pekerjakan SPG cantik jual sapi kurban

Reporter : Arbi Sumandoyo | Rabu, 10 Oktober 2012 07:50




Cerita Doni, pekerjakan SPG cantik jual sapi kurban
Koboi Cantik. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Bukan hanya pameran mobil yang mempekerjakan sales promotion girl (SPG). Kini tempat penjualan sapi kurban pun mengerahkan SPG cantik yang bergaya ala cowgirl. Bagaimana ide Doni si pemilik tempat penjualan sapi yang dia sebut mal hewan kurban itu?

Berbekal pengalaman Doni saat berkunjung keluar negeri dan melihat beberapa pelelangan hewan selalu ada wanita yang menjadi SPG. Dari sana dia berkeinginan mempekerjakan wanita di bidang peternakan.

Tidak hanya itu, idenya berangkat dari para koleganya yang menginginkan sapi kurban yang dia jual berada tidak jauh dari wilayah Jakarta. Untuk memuaskan para pelanggannya, dia pun memutar otak. Gerai PT Dian Mobil disulap menjadi mal hewan kurban untuk sementara waktu.

"Idenya, sudah hampir tujuh tahun, dari gerai mobil menjadi menjadi gerai sapi. Dulu pembeli kita ajak mereka ke peternakan kita, konsumen kasihan kejauhan," terang Doni saat berbincang dengan merdeka.com di Mall Hewan Kurban H Doni, Jl Akses UI, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok Jawa Barat, Selasa (9/10).

Untuk bidang pelayanan pembeli hewan kurban, dia pun akhirnya menerapkan ide untuk mengerahkan SPG di gerai hewan kurban miliknya. Tidak perlu repot mencari wanita yang mau di pekerjaakan sebagai ladies cowgirl di Mall Hewan kurban miliknya. Dia pun menginstruksikan pegawai wanita di gerai mobil miliknya untuk diperbantukan menangani penjualan serta service pelayanan jasa kepada konsumen.

"Yang terpenting bukan ladies cowgirlnya, tapi pelanggan kita tahu bahwa barang, kualitas dan hewan kurban yang dijual oleh saya memang bagus," kata dia

Untuk melengkapi pekerjaan sang ladies, Doni pun tidak segan untuk mengeluarkan kocek. Dari 3 gerai hewan kurban miliknya, dia mempekerjakan SBG sebanyak 15 orang. Masing-masing cowgirl diberi satu buah Ipad yang berisi data-data sapi kurban yang berada di gerainya.

"Jadi kalau konsumen datang, SPG tinggal klik aja sapi yang ditunjuk konsumen, di Ipad itu mulai dari harga dan jenis sapi tertera di sana semuanya," papar Doni.

Untuk sekarang ini dia merasa kewalahan menerima pesanan sapi kurban di Mal Hewan kurban miliknya. Dari tiga gerai miliknya yang berada di wilayah Depok dan dibuka sejak Jumat (5/10) Doni mampu menjual sapi kurban miliknya sebanyak 700 ekor. Pelanggannya tidak hanya dari kalangan biasa, mulai dari artis hingga pejabat dan perusahaan pun pesan hewan kurban ke gerai miliknya.

Untuk target penjualan tahun ini sendiri, dia merencanakan akan menjual 4.700 ekor sapi kurban. "Targetnya tahun ini 4.700 ekor sapi dan hingga saat ini sudah 700 ekor sapi kurban," katanya.

Jenis hewan sapi kurban pun terbilang Variatif, di Mal Hewan Kurban miliknya, H Doni menyediakan sapi dari berbagai jenis. Mulai dari sapi Jawa, Bali hingga sapi impor. Bahkan jika pembeli butuh sapi blasteran Belanda dengan berat 1 ton lebih, Doni siap menyediakan sapi tersebut.

"Untuk jenis sapi kita ada Brahman Cros, Sapi bali, black angel,limosin, bull, sapi jawa dan juga sapi keturunan belanda dengan berat 1 Ton lebih," papar Doni.

Sayangnya keberadaan cowgirl di Mall Hewan Kurban miliknya saat ini ditiru oleh penjual hewan kurban lain. Rencananya sendiri untuk menepis pemberitaan miring tentang keberadaan cowgirl tersebut, tahun ini adalah tahun terakhir dia mempekerjakan wanita di gerai hewan kurban miliknya.

"Tahun besok, akan kita ubah, saya melihat di beberapa media, cukup banyak pembaca miring menilai keberadaan ladies cowgirl. Di daerah lain, sudah ada yang mengikuti saya mempekerjakan wanita menjadi penjual hewan kurban," tutup Doni.

[ian]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# Spg Cantik

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Dari ODHA, Happy Salma Belajar Tentang Kehidupan
  • MD3 gagal masuk prolegnas, islah KMP-KIH berantakan
  • 4 Kondisi memprihatinkan sektor energi nasional
  • Sejarah berulang di Ferguson, kebencian tak mati-mati
  • Hemat, Pemprov DKI larang rapat di hotel dan hapus honor PNS
  • Aktris Hong Kong Selena Li lebih peduli durian daripada awards
  • Mitos 'kesaktian' tumbuhan yang cuma ada di Indonesia
  • Bupati akan kembalikan Gunung Kemukus sebagai wisata ziarah
  • 4 Fakta di balik uang Rp 100.000 bersambung
  • Surat Menteri Yuddy soal singkong diterapkan di Ditjen Migas
  • SHOW MORE