Merdeka.com tersedia di Google Play


Bioskop Kresna, tempat Taruna Akabri habiskan pesiar

Reporter : Parwito | Minggu, 28 Oktober 2012 12:38


Bioskop Kresna, tempat Taruna Akabri habiskan pesiar
Bioskop Kresna. http://sahrudin.wordpress.com

Merdeka.com - Keberadaan Akademi Militer (Akmil) yang dulu bernama Akademi Militer Nasional (AMN) tak lepas dari bioskop Kresna yang berada di jantung Kota Magelang, Jalan Pemuda Kota Magelang. Tepatnya, berseberangan dengan Kantor Pos Kota Magelang dan Klenteng Pecinan Liong Hok Bio.

Bioskop yang didirikan pada tahun 1955 oleh Liem Ting Lok sempat tenar dan kondang di kalangan para Taruma AMN pada era 1970. Setiap jadwal liburan atau hari pesiar, Rabu dan Sabtu ratusan taruna memadati bioskop yang berada di jantung kota.

Kresna mengalami puncak pengunjung pada tahun 1970-an. Dengan tarif yang sangat murah, para taruna dan tentara yang selama bertugas di Magelang, mendapatkan diskon 50 persen. Kelas 1 tiket yang dibebankan bagi penonton antara Rp 45 sampai Rp 50, kelas 2 tiket seharga Rp 30 sampai Rp 35. Sedangkan kelas 3 diterapkan harga Rp 25.

Murahnya harga tiket dan film yang diputar, membuat para Taruna menghabiskan pesiar datang mereka datang berbondong-bondong datang ke bioskop. Hanya dengan membayar separuh di kelas 2 sebesar Rp 20 sampai Rp 25, para taruna AMN ini bisa menikmati tontonan bioskop yang diputar di Kresna. Sementara kelas 1, lebih banyak dipesan pengusaha China dan kelas 3, masyarakat umum yang tidak mau ketinggalan ikut ambil bagian menonton.

"Saat itu saya masih sekolah SD kelas 4. Banyak taruna dan tentara yang ikut tumplek ruah menonton di bioskop Kresna. Tetapi saat menonton mereka wajib mengenakan seragam tentara dan membayar tiket kelas 2 dengan harga separoh," kenang Tuhu Prihantoro warga Magelang yang juga wartawan senior di koran lokal Jateng Suara Merdeka ini.

Selain taruna AMN, ratusan tentara lain juga ikut menikmati fasilitas separuh harga. Saat itu, selain markas Akabri, ada juga tentara dari markas Armed, Dodiklat TNI AD dan Kopasus yang dipimpin oleh almarhum Jenderal Sarwo Edy Wibowo, yang pada waktu itu masih bernama Kopasanda bermarkas di Kawasan Tuguran, Kota Magelang. Begitu Sarwo Edy Wibowo menjadi Gubernur Akabri Magelang, Batalyon Kopasanda ini berganti nama menjadi Kopasus dan dipindah ke Kandang Menjangan Surakarta.

Film yang diputar kebanyakan film impor yang berkualitas terutama film action yang menjadi kesenangan para taruna Akabri saat itu. Beberapa film itu diantaranya, film koboi Marlon Brando, film serial God Father, beberapa film serial Bruce Lee. Serta film lokal Indonesia yang saat itu berjudul Si Doel Anak Sekolahan dan Api di Bukit Menoreh.

Di Kota Magelang, selain bioskop Kresna, ada Bioskop Roxy yang sempat berubah nama menjadi Abadi. Peninggalannya saat ini dijadikan Swalayan Gardena, Gedung Bioskop Magelang Teater yang sempat berganti nama menjadi Tidar Teater.

"Keberadaan terminal bus antar propinsi Jateng-DIY dan stasiun pompa bensin membuat pengelolaan bioskop disekitar alun-alun kota Magelang menjadi keuntungan para pengelola gedung bioskop yang rata-rata milik para pengusaha China itu," ungkapnya.

Tidak jauh dari alun-alun, ada gedung Bioskop Globe di Kawasan Bayeman, yang akhirnya harus berubah menjadi tempat tontonan wayang orang. Kini beberapa gedung bioskop itu tutup berubah menjadi swalayan, mall dan gedung bank.

Gedung Bioskop Kresna Kota Magelang, halamannya sudah disewakan kepada seorang penjual pakaian dari Jawa Barat. Para taruna Akabri Kota Magelang tahun 70-an yang sempat menikmati tontonan bioskop di Gedung Bioskop Kresna diantaranya mantan Aslog Mabes TNI AD Mayjen Purn Kardiono, Mantan Pangab Jenderal Subagyo HS, Mantan Panglima TNI dan Mantan Pangdam IV Diponegoro Jenderal Purn Tyasno Sudarto dan Jenderal Fachrul Razi.

Semenjak tahun 1999, gedung bioskop ini sudah mangkrak. Bahkan, sempat ada tulisan di jual yang dibuat dari arang.

[arr]

KUMPULAN BERITA
# Film Nasional

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Film Nasional, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Film Nasional.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Kubu Romi batalkan 6 SK pemberhentian fungsionaris PPP
  • Romi ngaku tak diundang SDA saat deklarasi koalisi PPP-Gerindra
  • Kisruh PPP, Emron sebut Djan Faridz berperan besar pengaruhi SDA
  • 'Petinggi partai Islam abaikan keinginan umat untuk bersatu'
  • Rapat pengurus harian PPP beri sanksi ke SDA
  • Romi: Dukungan pada Prabowo batal demi hukum
  • Panwas Kabupaten Blitar keluarkan rekomendasi pemilu ulang
  • Dukung Prabowo, PPP harus lepas simbol Islam
  • Ruhut: Di TPS-TPS Medan aku paling tinggi
  • Rouhani: Kami inginkan perdamaian dan stabilitas dunia
  • SHOW MORE