37 Imigran gelap kabur dari Polres Sidoarjo

    Reporter : Moch. Andriansyah | Kamis, 28 Juni 2012 15:54

    37 Imigran gelap kabur dari Polres Sidoarjo
    ilustrasi

    Merdeka.com - Sebanyak 37 imigran gelap yang berhasil diamankan Polsek Jabon dan Polres Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu kemarin, melarikan diri dari kantor polisi, Kamis (28/6) siang. Untuk menangkap kembali ke-37 imigran gelap asal Iran dan Afghanistan itu, anggota Polres Sidoarjo pun disebar.

    Menurut Wakapolres Sidoarjo, Kompol Fadli, para imigran gelap ditangkap di kawasan Dusun Tlacor, Kedungpandan, Kecamatan Jabon. Mereka kabur secara bersamaan sekitar pukul 10.00 WIB.

    "Mereka kabur memanfaatkan kelengahan petugas. Sebelum kabur, mereka meminta izin cari makanan secara bergantian. Tapi mereka keluar semua, dan sampai sekarang belum kembali," kata Fadli.

    Fadli juga menerangkan, kaburnya puluhan imigran bukan sepenuhnya kesalahan pihak kepolisian. Sebab, sejak Rabu malam, penanganan imigran gelap itu sudah diserahkan ke pihak imigrasi meski masih tetap berada di Gedung Serbaguna lantai dua Polres Sidoarjo.

    "Kemarin malam sudah kami serahkan pada dua petugas imigrasi dan kata mereka penanganannya akan diserahkan lagi ke International Organization of Migration (IOM). Tapi sampai kini belum terlihat orang-orang dari IOM itu," jelas dia.

    Sedangkan untuk membawa kembali ke-37 imigran, polisi sudah menyebar beberapa anggota untuk mencari para imigran gelap yang terdiri 29 laki-laki, 4 perempuan dan 4 anak-anak.

    Rabu kemarin, Polsek Jabon mendapat informasi tentang keberadaan imigran gelap. Kemudian polisi berhasil mengamankan para imigran gelap tersebut ke Mapolres Sidoarjo.

    Dalam penangkapan tersebut, empat orang berhasil kabur dan berhasil ditangkap kembali. Bahkan, dalam pemeriksaan, mereka juga sempat mengamuk di kantor polisi dan melempar para jurnalis yang ingin mengambil gambar.

    [has]

    Rekomendasi Pilihan

    KUMPULAN BERITA
    # Imigran Gelap

    Komentar Anda



    BE SMART, READ MORE