Merdeka.com tersedia di Google Play


2 Kali diperiksa KPK, akankah Hilmi terjerat kasus daging?

Reporter : Mardani | Jumat, 17 Mei 2013 07:01


2 Kali diperiksa KPK, akankah Hilmi terjerat kasus daging?
Hilmi diperiksa lagi. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami peran petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam kasus dugaan suap impor daging sapi. Tak tanggung-tanggung, dalam satu pekan ini, KPK telah dua kali memeriksa tokoh yang paling dihormati di PKS yakni Ketua Majelis Syuro PKS, Hilmi Aminuddin .

Hilmi kali pertama diperiksa KPK pada, Selasa (14/5) lalu. Saat itu, Hilmi datang memenuhi panggilan KPK ditemani oleh sejumlah anggota Dewan Majelis Syuro dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari PKS, Aboe Bakar Al-Habsy. Hilmi diperiksa sebagai saksi untuk tersangka kasus dugaan korupsi dan pencucian uang kuota impor daging sapi, Luthfi Hasan Ishaaq, mantan Presiden PKS dan Ahmad Fathanah.

Saat itu, Hilmi diperdengarkan rekaman Fathanah yang tengah berbicara dengan pihak lain oleh penyidik KPK. Dalam rekaman itu, terdengar suara pihak lain itu telah berhadapan dengan putra Hilmi, Ridwan Hakim.

Penyidik lalu mengonfirmasi suara siapakah itu kepada Hilmi. Namun, Hilmi mengaku tidak mengenalnya.

"Rekaman semuanya dibuka. Tapi semuanya bluffing (gertakan) semua isinya," ujar Hilmi di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (14/5).

KPK kemudian memeriksa Hilmi untuk kali kedua, Kamis (16/5). Usai diperiksa, Hilmi mengaku dicecar penyidik soal foto-foto dalam acara PKS. "Diperlihatkan kepada saya banyak sekali gambar-gambar, foto-foto yang sebagian besar saya tidak kenal," kata Hilmi usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jakarta, Kamis (16/5).

Menurut Hilmi, dalam foto tersebut terdapat Ahmad Fathanah. Namun saat ditanya, apakah dirinya mengenal Fathanah, ayah dari Ridwan Hakim itu lantas hanya diam saja.

"Fotonya macam-macam. Sebagian (foto) ada Fathanahnya, sebagian tidak," ujarnya.

Tak hanya itu, Hilmi juga mengakui kehadiran Fathanah dalam pertemuan di Lembang, Bandung, Jawa Barat, pada Januari lalu. Saat itu, Hilmi juga mengundang Aksa Mahmud dan berkunjung ke Badan Inseminasi buatan pemerintah.

"Di sana, ternyata di rombongan itu ada Fathanah," ujarnya.

Dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (15/5), peran Hilmi sedikit demi sedikit mulai terungkap. Dalam kesaksian Komisaris PT Radina Niaga Mulia, Elda Devianne Adiningrat, terungkap Hilmi ikut menjanjikan bantuan kepada Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman dalam penambahan kuota daging sapi dari Kementerian Pertanian.

Atas bantuan tersebut, disepakati Maria akan membantu dana untuk PKS. Tak hanya itu, Elda juga mengakui sebelum menyetujui membantu PT Indoguna Utama, sejumlah petinggi PKS menggelar rapat di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Rapat itu dihadiri oleh Luthfi Hasan Ishaaq (mantan Presiden PKS), Ahmad Fathanah (kawan dekat Luthfi), Mentan Suswono (kader PKS) dan Hilmi Aminuddin (Ketua Majelis Syuro PKS).

Elda mengaku mengetahui rapat petinggi PKS itu melalui Fathanah saat bertemu dirinya di Angus Steak House, Senayan City. "Saat itu (di Steak House) Fathanah mengatakan hasil rapat di Lembang memutuskan bahwa Elizabeth Liman akan dibantu dalam pengurusan penambahan kuota impor daging sapi," ujar Elda di depan majelis hakim.

Namun, sebagai gantinya, Elizabeth diminta untuk mendukung dana untuk Partai Keadilan Sejahtera. "Bu Elizabeth komit membantu mendukung dana PKS," ujarnya.

Lantas akankah Hilmi akan terjerat kasus daging seperti mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq? Kita tunggu saja kinerja dari KPK.

[dan]

KUMPULAN BERITA
# Kasus Suap Daging

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Kasus Suap Daging, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Kasus Suap Daging.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Ini kronologi ABG wanita suruh 2 teman cekik mertua sampai mati
  • Ketua DPW PPP Jatim: Saya memang salah apa kok sampai dipecat?
  • Sutan orang sibuk, jika gagal ke Senayan bakal kembali berbisnis
  • ABG wanita yang bunuh mertua beri upah dua teman Rp 1,7 juta
  • Ke Ponpes Nurul Falah Lombok, Dino dihadiahi kain Mataram
  • 10 Jalan paling berbahaya di dunia (II)
  • Tak pernah kecebur comberan, puisi Fadli Zon cermin kepalsuan
  • Sutan curhat: Suara saya tadinya di atas, tapi turun terus
  • Kimberly Ryder: Perkosa anak tk itu psycho
  • Lagi, kelompok bersenjata tembaki pos keamanan RI-PNG
  • SHOW MORE