11 Pelajar SMK Perintis Semarang tertipu casting iklan fiktif

Reporter : Parwito | Kamis, 22 November 2012 14:14




11 Pelajar SMK Perintis Semarang tertipu casting iklan fiktif
aksi damai smu. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Dijanjikan menjadi model peragaan busana muslim, 11 siswa SMK Perintis 29-01 Kota Semarang Jl Karang Bendo No. 4-5-7, Jatingaleh, Candisari tertipu belasan juta rupiah. Kerugian itu dalam bentuk, perhiasan, sejumlah uang tunai, handphone bahkan sebuah sepeda motor juga berhasil dibawa lari pelaku.

Salah satu korban, Vena Olivia Valenita (17) warga Puri Asri Perdana, Blok D-5 nomor 58 Banyumanik menyatakan pelaku penipuan mengaku bernama Roby dari Mulyo Entertaiment sebuah event organizer (EO) casting model.

"Saat berkenalan dia mengaku bernama Roby, umurnya sekitar 25 tahun, dia bilang, SMK Perintis adalah salah satu sekolah di antara belasan sekolah lain di Semarang, yang mengikuti casting model," terang Vena saat melapor di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang Kamis (22/11).

Sebenarnya, ada sebanyak 18 siswa yang mengikuti casting. Namun, hanya 11 orang yang menjadi korban penipuan yang terdiri dari 10 siswi dan satu siswa.

"Kalau saya kehilangan BlackBerry dan HP Nokia, dua cincin, satu kalung, dan dompet berisi STNK dan uang," ungkapnya.

Korban lainya Putri Susilowati (17). Dia mengatakan, setelah kumpul di sekolahan, mereka lalu diantar ke Hotel Novotel menggunakan dua mobil yang dibawa oleh pelaku.

"Di sana ditunjukan ball room yang katanya lokasi show. Sebelum masuk, semua tas harus ditinggal di dalam mobil," ungkap siswi kelas XII Tata Boga yang kehilangan uang Rp 150 ribu dan satu kalung emasnya.

Usai dari hotel, korban diminta berfoto layaknya model di tepi Jalan Pemuda, kemudian diajak ke Mal Paragon untuk sekedar memilih dan mencoba baju.

"Setelah itu, untuk pelajaran make up, kami diminta merias wajah di sebuah salon di Paragon. Namun, sebelum masuk salon, dia (pelaku Roby) meminta seluruh barang berharga dimasukan dalam satu tas, biar aman katanya," terang Zaenudin (17) korban lainnya.

Saat mengantre di salon, sebagian korban diminta untuk memilih sepatu. Saat itulah, pelaku meminjam motor dan STNK milik Zaenudin dengan dalih akan mengambil catering.

"Saat itu saya tanya, kenapa tidak pakai mobil saja, tapi dia menolak karena alasan macet. Namun sampai dua jam dia tidak muncul lagi," kata siswa kelas II pemilik sepeda motor Mio H-6533-CJ yang dibawa kabur pelaku.

Achdiyah Siswanti (42), guru kesiswaan SMK Perintis menjelaskan aksi penipuan itu bermula saat pelaku datang ke sekolah untuk menawarkan program casting model kepadanya Selasa (20/11) pagi.

"Pelaku meminta dicarikan 10 calon model siswa dan 10 siswi, yang akan diikutkan dalam fashion show busana muslim peringatan 1 Muharam di Hotel Novotel," kata Achdiyah.

Setelah itu, para siswa yang akan mengikuti casting, diminta berkumpul di sekolahan untuk mendapat pengarahan, yang dilanjutkan dengan pelajaran dasar sebagai model serta pengukuran baju.

"Katanya nanti akan masuk televisi nasional di acara Planet Remaja. Untuk yang lolos akan dibimbing langsung oleh instruktur model nasional, Ari Tulang," ungkapnya.

Akhirnya, Selasa (20/11) sekitar pukul 23.00 WIB, 11 korban itu melaporkan kasus penipuan itu ke Mapolrestabes Kota Semarang.

"Laporannya sudah masuk ke kami. Saat ini kami masih melakukan upaya penyelidikan dan pengejaran pelaku yang dari pengakuan para korban yaitu bernama Roby," kata Kasat Reskrim Polrestabes Kota Semarang AKBP Agustinus Pangaribuan.

[hhw]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# Penipuan

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Kocak, netizen goda anak Jokowi soal Mahabharata hingga HP rusak
  • Pemkot Solo mimpi akuisisi 'Omah Lowo' senilai Rp 15 M
  • Belum diketahui nasib Hambali jelang penutupan Guantanamo
  • Memalukan, Jateng enggan promosikan 'wisata seks' Gunung Kemukus
  • Sarapan penuh keakraban ala Presiden Jokowi dan PM Singapura
  • Bakal tutup, Guantanamo bebaskan narapidana secara bertahap
  • Polres Sukoharjo tak takut dilaporkan mahasiswa ke Komnas HAM
  • Cerita keceriaan dibekas tempat eksekusi, Taman Fatahillah
  • [Foto] Lucunya Victoria Beckham saat kecil, bulat dan gendut
  • Terlalu gembrot, ISIS bakal larang dua warga Australia gabung
  • SHOW MORE