Merdeka.com tersedia di Google Play


Tak mengurus form A5, ribuan mahasiswa di Jatim terancam golput

Reporter : Moch. Andriansyah | Rabu, 5 Maret 2014 23:04




Tak mengurus form A5, ribuan mahasiswa di Jatim terancam golput
Golput. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Ribuan mahasiswa asal luar daerah di Jawa Timur terancam kehilangan hak suaranya, di Pemilu 2014. Sebab, kampus tempat para mahasiswa luar daerah itu kuliah, tidak memberi fasilitas tempat pemungutan suara (TPS).

Agar tidak kehilangan hak pilihnya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jawa Timur, mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur untuk audiensi, Rabu (5/3).

Koordinator BEM se-Jawa Timur, Muklish Ndoyosaid saat mendatangi Kantor KPU Jawa Timur di Jalan Tenggilis Surabaya mengatakan, pihaknya ingin agar KPU mengadakan sosialisasi kepada para mahasiswa luar daerah yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi yang ada di Jawa Timur ini, supaya bisa memberikan hak suaranya di Pemilu nanti.

"Jika skema yang kita ajukan tidak difasilitasi juga oleh KPU Jatim, maka bisa dipastikan kalau ribuan mahasiswa dari luar daerah yang berada di Jatim, terancam tidak memilih alias golput," keluh dia.

Muklis juga mengaku, pihaknya pernah mengajukan skema fasilitas TPS ke pihak kampus masing-masing mahasiswa luar daerah, namun ditolak oleh birokrasi kampus. "Kami juga pernah mengajukan TPS di dalam kampus, tapi ditolak. Setahu saya yang boleh di Indonesia hanya di Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)," lanjutnya.

Nah, karena ditolak itulah para mahasiswa luar daerah itu meminta kepastian dari KPU Jawa Timur. "Kami meminta kepada KPU Jatim untuk melakukan sosialisasi kepada mahasiswa terkait pindah pilih. Sehingga, mahasiswa dari luar daerah mampu memberikan hak pilihnya saat Pemilu nanti."

Muklis juga merinci, jumlah mahasiswa luar daerah yang kuliah di kampus-kampus di Jawa Timur antara lain, sekitar 5 ribu mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Unair Surabaya sekitar 15 ribu mahasiswa, Unibraw Malang sebanyak 60 persen mahasiswa luar daerah, dan beberapa PTN dan PTS lain. "Dan tujuan kami datang ke KPU ini juan kami untuk beraudiensi dengan pihak KPU terkait masalah tersebut. Sayang kalau suara mahasiswa ini terbuang karena tidak bisa mencoblos," ujarnya.

"Dan kami ingin KPU untuk mensosialisasikan mekanisme pindah pilih ke seluruh PPS di masing-masing TPS, dan meminta KPU Jatim untuk melakukan pembekalan di kampus," sambung dia.

Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Eko Sasmito saat dikonfirmasi usai audiensi mengatakan, pihaknya meminta mahasiswa yang berasal dari luar daerah agar segera mengurus Form A5. Karena degan formulir ini, mereka bisa memberikan hak pilihnya. "Dengan Form A5, mereka bisa pindah pilih. Saya menyarankan agar mengurusnya," kata Eko di kantornya.

Dipaparkan Eko, mekanisme menggunakan Form A5 ini sudah diatur oleh undang-undang, yang menyebutkan, bagi masyarakat yang ingin memberikan hak pilih di luar tempat tinggalnya bisa menggunakan hak pilihnya di tempat dia tinggal sementara. "Berdasarkan undang-undang yang sudah ada, para mahasiswa luar daerah yang sudah mendapatkan Form A5 tersebut, bisa menggunakan hak pilihnya di TPS sekitar kampus."

Sedangkan untuk TPS tambahan, Eko menegaskan, kalau itu tidak bisa dilakukan. Karena, jumlah TPS sudah disepakati dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada. "Mereka (mahasiswa) bisa ikut TPS-TPS warga di sekitar kampus dengan catatan Form A5 itu diserahkan ke PPS setempat, sebab jika hanya menggunakan KTP (kartu tanda penduduk) mereka tidak bisa menggunakan hak suaranya di tempat lain di luar tempat tinggalnya," tandasnya.

[bal]

KUMPULAN BERITA
# Pemilu 2014

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


MOST POPULAR

Back to the top
LATEST UPDATE