Merdeka.com tersedia di Google Play


KPU DKI hanya gunakan perhitungan manual

Reporter : Vincent Asido Panggabean | Kamis, 12 Juli 2012 00:06




KPU DKI hanya gunakan perhitungan manual
Perhitungan Suara. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Ketua Pokja Pemungutan dan Perhitungan Suara KPU DKI Jakarta, Sumarno menegaskan komisinya tidak bisa melakukan penghitungan cepat seperti yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei. Sebab, KPUD hanya melakukan penghitungan dengan manual.

"Makanya kalau itu disebut quick count. Tapi kalau KPU tidak akan membuat quick count melainkan penghitungan manual yang memang secara berjenjang di mana di seluruh TPS itu harus dihitung baru kemudian KPU menetapkan hasilnya secara resmi," kata Sumarno di kantor KPU dKI Jakarta, Rabu (11/7).

Sumarno menghargai kerja lembaga survei. Tetapi hasil hitungan cepat itu tidak bisa dijadikan patokan.

"Kalau sekarang lembaga survei menetapkan si A, B atau C yang unggul itu kami hargai, dan menjadi informasi awal siapa sebenarnya calon gubernur DKI walaupun hasilnya belum pasti. Karena sekali lagi, hasil yang pasti adalah hasil yang dirilis KPU DKI," ujar dia.

Menurut dia, lembaga-lembaga survei itu sebelumnya hanya mengambil sample-sample. Sedangkan KPUD akan menghitung suara mulai dari tempat pemungutan suara (TPS).

"Kalau seperti LSI itukan quick count dan tentu tidak seluruhnya, dia kan hanya mengambil sample dari beberapa TPS dan tidak mencakup TPS di wilayah DKI," terangnya.

Apalagi TPS di DKI Jakarta berjumlah 15.059, dia tidak yakin ada lembaga survei sanggup memantau di setiap TPS. Dan yang sanggup melakukan itu adalah KPU.

[has]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya





Komentar Anda


MOST POPULAR

Back to the top
LATEST UPDATE