Pahami teknologi mesin MIVEC

Sumber : | Rabu, 19 Desember 2012 09:36




Pahami teknologi mesin MIVEC
Teknologi mesin MIVEC

Merdeka.com - Teknologi mesin pada mobil Mitsubishi dikenal dengan istilah MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System). MIVEC adalah sistem mesin dengan dual-katup intake camshaft yang memungkinkan perubahan antara mode kecepatan rendah dan kecepatan tinggi.

Dengan kata lain teknologi ini memudahkan pengoperasian dari rpm rendah ke rpm tinggi. Pada kecepatan rendah (Low Speed Mode), teknologi MIVEC ini bahan bakar pada kendaraan menjadi sangat ekonomis serta ramah lingkungan.

Mitsubishi pertama kali menggunakan MIVEC pada 1992. Saat itu digunakan dua sistem. Pertama, sistem menggubah perbedaan tingkat angkat katup dan lamanya membuka sesuai dengan putaran mesin atau tidak secara terus-menerus. Dan yang kedua, sistem waktu buka-tutup katup diubah secara terus-menerus.

Sedangkan pada MIVEC baru, merupakan gabungan kedua sistem di atas. Hal tersebut bisa dilakukan karena pada satu mekanisme bisa digunakan untuk mengubah tingkat angkat katup isap, yang menentukan waktu dan lamanya katup membuka.

Pada MIVEC barunya, Mitsubishi mengawinkan teknologi ini dengan Auto Stop & Go (AS&G). Tujuannya, agar mesin yang menggunakan kedua teknologi ini semakin irit konsumsi bahan bakarnya. Mesin pertama yang menggabungkan kedua teknologi ini adalah 4J10 berkapasitas 1,8 liter.

Mekanisme AS&G tujuannya untuk mengiritkan konsumsi bahan bakar. Caranya dengan mematikan mesin ketika mobil berhenti di lampu merah. Teknologi ini sebelumnya hanya digunakan Mitsubishi pada model ASX dan Lancer dengan transmisi manual yang dijual di Eropa.

AS&G terbaru, dikawinkan dengan continuously variable transmission (CVT). Perubahan lain, menggunakan baterai 12 volt yang lebih tahan lama dan konverter DC/DC (untuk mencegah gangguan pada sistem suara audio dan sistem navigasi ketika mesin dihidupkan).

Teknologi MIVEC memang bukan hal baru. Setiap produsen memberikan nama sendiri untuk teknologi serupa. Honda memberi nama VTEC dan versi yang lebih canggih adalah i-VTEC, sedangkan Toyota dengan VVTi dan lebih canggih VVTi-L. Sedangkan MIVEC sendiri dipakai Mitsubishi pada mesin Single Overhead Camshaft (SOHC).

(kpl/tr/vin)



Sumber: Otosia.com
Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Heboh! 'Aksi' mobil Patwal Polisi ini bikin gempar!
  • Aplikasi ini bisa kerjakan soal matematika dalam sekejap mata!
  • ICW duga ada kementerian Jokowi yang akan dibajak mafia
  • Ruhut sindir Cak Imin, ngotot jadi menteri tapi kena tanda merah
  • Mayat perempuan di tol Medan-Belawan ternyata calon pengantin
  • Angkot terbakar di perempatan Kalibata, lalu lintas macet
  • Perppu SBY jadi pertimbangan MK tolak 5 gugatan UU Pilkada
  • Segera, masuk Twitter tak perlu password
  • Andi berkelit Jokowi ke rumah Mega usai batal ke Tanjung Priok
  • Thailand bakal selenggarakan MotoGP di 2016, Indonesia kapan?
  • SHOW MORE