Pahami teknologi mesin MIVEC

Sumber : | Rabu, 19 Desember 2012 09:36




Pahami teknologi mesin MIVEC
Teknologi mesin MIVEC

Merdeka.com - Teknologi mesin pada mobil Mitsubishi dikenal dengan istilah MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System). MIVEC adalah sistem mesin dengan dual-katup intake camshaft yang memungkinkan perubahan antara mode kecepatan rendah dan kecepatan tinggi.

Dengan kata lain teknologi ini memudahkan pengoperasian dari rpm rendah ke rpm tinggi. Pada kecepatan rendah (Low Speed Mode), teknologi MIVEC ini bahan bakar pada kendaraan menjadi sangat ekonomis serta ramah lingkungan.

Mitsubishi pertama kali menggunakan MIVEC pada 1992. Saat itu digunakan dua sistem. Pertama, sistem menggubah perbedaan tingkat angkat katup dan lamanya membuka sesuai dengan putaran mesin atau tidak secara terus-menerus. Dan yang kedua, sistem waktu buka-tutup katup diubah secara terus-menerus.

Sedangkan pada MIVEC baru, merupakan gabungan kedua sistem di atas. Hal tersebut bisa dilakukan karena pada satu mekanisme bisa digunakan untuk mengubah tingkat angkat katup isap, yang menentukan waktu dan lamanya katup membuka.

Pada MIVEC barunya, Mitsubishi mengawinkan teknologi ini dengan Auto Stop & Go (AS&G). Tujuannya, agar mesin yang menggunakan kedua teknologi ini semakin irit konsumsi bahan bakarnya. Mesin pertama yang menggabungkan kedua teknologi ini adalah 4J10 berkapasitas 1,8 liter.

Mekanisme AS&G tujuannya untuk mengiritkan konsumsi bahan bakar. Caranya dengan mematikan mesin ketika mobil berhenti di lampu merah. Teknologi ini sebelumnya hanya digunakan Mitsubishi pada model ASX dan Lancer dengan transmisi manual yang dijual di Eropa.

AS&G terbaru, dikawinkan dengan continuously variable transmission (CVT). Perubahan lain, menggunakan baterai 12 volt yang lebih tahan lama dan konverter DC/DC (untuk mencegah gangguan pada sistem suara audio dan sistem navigasi ketika mesin dihidupkan).

Teknologi MIVEC memang bukan hal baru. Setiap produsen memberikan nama sendiri untuk teknologi serupa. Honda memberi nama VTEC dan versi yang lebih canggih adalah i-VTEC, sedangkan Toyota dengan VVTi dan lebih canggih VVTi-L. Sedangkan MIVEC sendiri dipakai Mitsubishi pada mesin Single Overhead Camshaft (SOHC).

(kpl/tr/vin)



Sumber: Otosia.com
Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Inneke Koesherawati mantap tinggalkan akting
  • Kubu Jokowi minta KPU teliti kejanggalan formulir C1
  • Filipina tangkap warga Australia diduga berhubungan dengan ISIS
  • Listrik di sebagian Bali sudah nyala lagi
  • Malam ini, listrik di Bali padam total
  • KPU sebut data formulir C1 tak perlu diributkan, bisa diperbaiki
  • [FOTO] Kenali Tamara Tyasmara, kembaran Ardina Rasti?
  • Ini kata KPU disalahkan Burhanuddin Muhtadi jika Prabowo menang
  • Raffi Ahmad blak-blakan soal persiapan pernikahannya
  • Hamas unggah lagu perang berbahasa Ibrani buat ejek Israel
  • SHOW MORE