Mobil kehujanan, jangan malas membilas!

    Sumber : | Selasa, 17 Januari 2012 16:21




    Mobil kehujanan, jangan malas membilas!
    Ilustrasi

    Merdeka.com - Intensitas turunnya hujan yang makin tinggi belakangan ini, perlu diwaspadai oleh para pemilik kendaraan bermotor, khususnya roda empat. Hal itu berkaitan dengan dampak yang ditimbulkan oleh air hujan itu terhadap beberapa komponen mobil, yang tentunya bisa mempengaruhi tampilan dan performa mobil. Apalagi, jika mobil sering terjebak banjir atau genangan air.

    Saat basah, kotoran seringkali tak terlihat pada body mobil, atau bagian lainnya. Tapi setelah air hilang alias mengering, maka barulah terlihat bahwa mobil kita seolah barusaja ikut ajang off-road atau bahkan turun ke sawah. Tentu sangat mengganggu penampilan bukan?

    Kadang hal sepele ini sering dipandang sebelah mata dan dianggap tak berbahaya. Mungkin dampaknya tak bisa dirasakan sekarang, tapi bagaimana jika dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama? Kerusakan pasti akan bisa dirasakan, seperti misalnya karat pada body, kerusakan pada suspensi dan juga gangguan sistem pengereman.

    Hal itu dipicu oleh air hujan yang mengandung kadar garam dan selain itu air yang tergenang atau bekas cipratan kendaraan lain bisa jadi membawa butiran pasir. Air hujan jika dibiarkan terus-menerus pada body mobil yang tidak menggunakan paint protector, maka bisa memicu timbulnya karat pada body mobil.

    Dan pada body mobil terbaru yang menggunakan alumunium atau serat karbon, dampaknya adalah jamur pada body serta pada kaca mobil, yang akan susah dibersihkan. Sehingga untuk membersihkannya Anda perlu merogoh kocek Anda lebih dalam untuk membawa kendaraan Anda ke salon mobil.

    Kotoran yang menempel pada kendaraan juga bisa berakibat kurang menyenangkan. Kalau hanya sehari atau dua hari saja sih tak masalah, tapi bagaimana jika tak dibersihkan hingga berhari-hari dan sering dipakai di bawah sinar matahari yang sangat terik? Maka jangan menyesal jika kendaraan Anda nantinya berubah warna, karena cat pada kendaraan Anda akan menjadi kusam dan otomatis nilai jual kendaraan bakal anjlok.

    Kemudian untuk sektor kaki-kaki, kotoran yang menempel pada suspensi jika tak segera dibersihkan akan mengeras dan membuat bagian tertentu dari suspensi berkarat, atau bisa merusak karet pelindung suspensi. Alhasil suspensi bisa berdecit, atau menjadi keras.

    Pada sektor pengereman yang akan terjadi adalah cakram atau tromol pada saat melakukan pengereman akan berdecit. Selain itu dampak lainnya adalah membuat cakram atau tromol Anda tergores dan akhirnya permukaan dari cakram atau tromol bergelombang. Jika dibiarkan terus menerus, maka akan mengganggu kinerja roda ataupun proses pengereman yang tak sempurna.

    Oleh sebab itu, sebaiknya Anda bersikap bijak, yakni dengan meluangkan waktu sejenak untuk memberikan perawatan pada mobil Anda, yang selalu setia menemani aktivitas Anda sehari-hari, setelah Anda pakai di bawah guyuran air hujan.

    Pertama adalah cuci kendaraan hingga bersih, dan jika perlu Anda bisa memoles body-nya juga. Hal ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah ataupun dengan menggunakan jasa pencucian kendaraan bermotor. Perawatan seperti ini tentunya tak perlu Anda lakukan setiap hari, tapi cukup beberapa hari sekali.

    Mungkin setelah Anda lakukan 'cuci besar', maka jika nantinya mobil terguyur hujan lagi saat Anda pakai, maka Anda hanya perlu mengguyurnya dengan air bersih, terutama pada bagian-bagian yang terkena air hujan atau genangan air di jalanan.

    Bilaslah mobil Anda mulai dari body hingga sektor kaki-kaki sampai bersih. Jika kendaraan Anda sudah dipoles, maka proses pembilasan akan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Sesudah dibilas jangan lupa dikeringkan dengan lap khusus yang banyak dijual di toko maupun bengkel.

    Ingat, lebih baik merawat dan mencegah daripada mengobati. Jika kita membiasakan hal ini, niscaya kendaraan Anda juga akan sehat dan 'awet muda'. Semua berawal dari kebiasaan, apabila kebiasaan yang jelek diubah menjadi lebih baik, banyak dampak positif yang akan dirasakan oleh diri sendiri maupun orang lain. (kpl/vin/bun)



    Komentar Anda


    Be Smart, Read More
    Back to the top

    Today #mTAG iREPORTER
    LATEST UPDATE
  • Jangan makan siang di meja kerja!
  • Tak ada di video teaser, Sungmin Super Junior tak ikut comeback?
  • Denny JA:Pemerintahan Jokowi bak mesin mobil yang agak lambat ON
  • LBH Lampung desak Pemprov pulangkan jenazah Mayang Prasetyo
  • Mabes Polri tatar siswa SMAN 6 Bulungan agar tak tawuran
  • Polisi: Korban tewas kerusuhan suporter Solo akibat benda tajam
  • Anggota MPR kritik Jokowi: Saatnya bekerja bukan kampanye
  • Ruginya Presiden Jokowi biarkan kementerian tanpa menteri
  • Belahan rok super tinggi, Kate Middleton ekspos kaki cantik
  • Rambah bisnis ritel, AP I bentuk anak usaha 23 September 2014
  • SHOW MORE