Jumlah motor di Indonesia capai 50 juta unit

Sumber : | Kamis, 1 November 2012 08:36




Jumlah motor di Indonesia capai 50 juta unit
Ilustrasi jumlah pengguna motor terus berkembang (Nazar Ray)

Merdeka.com - Kementerian Perindustrian dalam pembukaan Jakarta Motorcycle Show 2012, Rabu ini, menyampaikan bahwa jumlah sepeda motor di Indonesia diperkirakan sudah mencapai 50 juta unit. Angka itu didasari pada rasio perhitungan bahwa lima dari orang di Indonesia setidaknya memiliki satu sepeda motor.

"Kalau jumlah penduduk Indonesia 200 juta jiwa, dan perbandingannya sekitar 1 banding 5, maka jumlah sepeda motor di Indonesia 50 juta unit. Sepeda motor sudah menjadi alternatif masyarakat karena transportasi massal belum memadai," ungkap Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Dharmadi seraya menambahkan bahwa angkanya akan terus bertambah sehingga mungkin saja jumlah sepeda motor di Indonesia bisa mencapai 80 juta unit.

Namun ternyata angka ini masih di bawah Malaysia, bahkan Thailand sebagai basis produksi sejumlah sepeda motor pabrikan Jepang. Di Malaysia saja menurutnya sepeda motor yang ada sudah mencapai perbandingan 1 motor dari 2 orang Malaysia. "Thailand bahkan sampai 1 : 1,5," tambah Budi.

Celah pertumbuhan jumlah sepeda motor masih mungkin mengingat kegunaannya bagi masyarakat dalam berkegiatan. Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata dalam kesempatan sebelumnya menyampaikan bahwa Jakarta masih bermasalah dengan kemacetan. Sistem angkutan umum sebagai alat transportasi andalan bagi banyak warganya masih belum memadai, ketimbang menggunakan sepeda motor sebagai komuter.

"Uang muka juga jadi masalah. Kenaikan (uang muka) sekarang menjadi 25-30 persen," ungkapnya menggambarkan bahwa budget pembelian kendaraan roda empat masih belum sebanding dengan harga kendaraan roda dua secara umum.

Tak hanya pada mobil, daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor roda dua pun agaknya terpengaruh dengan adanya aturan uang muka atau down payment (DP) sebesar 25 persen, plus kenaikan BBM di awal kuartal kedua 2012. AISI terpaksa merevisi target semula 8,6 juta unit di tahun 2012 menjadi 7,1 juta unit.

(kpl/nzr/vin)

Suka artikel ini ?
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


Sumber: Otosia.com
Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Menengok goyang dangdut yang kian seronok
  • Review: Mendominasi, AS Roma Hanya Bisa Seri
  • Cerita tenggelamnya kapal HMAS Perth & USS Houston di Selat Sunda
  • Warga Pekanbaru temukan puluhan senpi rakitan tak bertuan
  • Tersambar petir saat berteduh, 2 tewas 3 kritis
  • Keren, Aceh punya museum batu giok idocrase pertama di dunia
  • Review: City curi satu poin dari Stamford Bridge
  • Dikira boneka, warga Denpasar Timur digegerkan orok bayi di selokan
  • Sudah pernah dibui, Wahid tetap tak kapok jadi pengedar narkoba
  • Maluku digoyang gempa 5,3 SR
  • SHOW MORE