BMW Seri 6 Gran Coupe, harmonisasi karakter dan desain

Sumber : | Jumat, 3 Agustus 2012 18:31




BMW Seri 6 Gran Coupe, harmonisasi karakter dan desain
BMW 640i Gran Coupe (Foto: Nazar Ray)

Merdeka.com - Bebarengan dengan acara buka puasa bersama wartawan, BMW Indonesia merilis BMW Seri 6 Gran Coupe, di Hotel Keraton, Jakarta, Selasa (31/7). Sedan mewah ini menjadi benchmark terbaru di segmen premium dalam segi keindahan, emosional, dan modernitas. Model ketiga BMW Seri 6 ini juga merupakan Coupe empat pintu pertama dalam sejarah BMW.

BMW Indonesia hanya memperkenalkan satu varian BMW Seri 6 Gran Coupe, yakni BMW 640i. Sementara BMW 650i digadang-gadang masuk tahun 2013 mendatang.

Dari segi desain, BMW Seri 6 Gran Coupe menampilkan proporsi yang harmonis dan karakter yang kuat. Tampilan samping yang memanjang dan landai membuat mobil ini makin menawan.

Peluncuran BMW Seri 6 Gran Coupe ini merupakan starting point bagi model-model lain yang telah mengantri. Karakter spesial yang dimiliki model terbaru ini merupakan perpaduan kesan sporty, desain elegan, interior eksklusif, dan kenyamanan berkendara.

Dalam hal kepraktisan, model ini boleh dibilang belum punya lawan sepadan di kelasnya.

Interior BMW 650i Gran Coupe ini menampilkan kemewahan dengan kulit Nappa dan tombol-tombol yang dilapisi dengan porselen. Fitur hasil inovasi baru di antaranya BMW Head-Up Display, Surround View, Park Assistant dan Dynamic Damper Control. Untuk tampilan luar yang menawan, mobil ini dilengkapi dengan alloy wheel V-spoke 356 ukuran 20 inci.

Aura Sporty dan Elegan

Secara visual, tampilan sedan coupe mewah ini nyaris sempurna. BMW Seri 6 Gran Coupe hadirkan desain unik yang landai dan sporty, walau dilengkapi dengan empat pintu. Interpretasi baru dari ketiga bagian desainnya adalah bagian depan kap mesin dengan kontur yang landai namun kokoh, long wheelbase yang memberikan tampilan samping yang elegan memanjang, serta kompartemen penumpang yang didesain menjauh ke belakang.

Eksterior BMW 640i Gran Coupe Eksterior BMW 640i Gran CoupeEksterior BMW 640i Gran Coupe

Sosoknya yang landai dengan garis atap yang mengalir bagai busur yang ditarik membuat BMW Seri 6 Gran Coupe sebuah benchmark baru bagi mobil coupe empat pintu yang menawan.

Sementara itu, interior mobil ini menghadirkan paduan yang harmonis antara kursi depan dan bagian belakang, sebuah kombinasi yang elegan dan dinamis. Desain kabin depan memberikan fokus pada pengemudi, dan dikelilingi oleh kontur desain yang mengalir secara elegan serta ruang belakang yang lapang membuat mobil ini nikmat, dinamis serta nyaman dikendarai dengan penuh gaya dan kemewahan.

BMW Seri 6 Gran Coupe hadir dengan konfigurasi tempat duduk 4+1. Dengan wheelbase 113 milimeter lebih panjang dari BMW Seri 6 Coupe, mobil ini memberikan ruang kaki lebih lega bagi penumpang di belakang. Sandaran tempat duduk belakang pada mobil ini dapat dilipat sehingga memungkinkan tersedianya ruang bagasi yang lebih besar dari 460 liter menjadi 1.265 liter.

Mesin V8

BMW 650i Gran Coupe dibekali mesin generasi terbaru V8 berkapasitas 4.4 liter yang dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower. Dua turbocharger yang berlokasi di silinder yang berbentuk V dan High Precision Direct Petrol Injection kini juga dilengkapi dengan Valvetronic variable valve timing yang bertujuan mengoptimalkan efisiensi dan respon.

Mesin V8Mesin BMW 640i Gran Coupe

Teknologi baru ini mampu menyemburkan tenaga maksimum 450 dk, pada putaran mesin 5.500 hingga 6.000 rpm, dan torsi maksimum 650 Nm tercipta ketika mesin berputar antara 2.000 dan 4.500 rpm. Konsumsi bahan bakar dan emisi semakin rendah. BMW 650i Gran Coupe hanya butuh 4,6 detik untuk melesat dari posisi diam dan mencapai 100 km/jam. Rata-rata konsumsi BBM mobil ini hanya 11,6 kilometer per liter, dengan emisi CO2 199 gram per kilometer.

Mesin bensin enam silinder segaris yang dicangkokkan pada BMW 640i Gran Coupe ini memiliki teknologi BMW TwinPower Turbo yang terdiri dari sistem turbocharging, High Precision Injection dan Valvetronic.

Gas buang hasil pembakaran dikeluarkan dari setiap tiga buah silinder disalurkan melalui dua jalur terpisah menuju turbine wheel, untuk meningkatkan respon throttle secara signifikan. Proses ini menghasilkan tenaga maksimum 320 dk, pada putaran mesin 5.800 hingga 6.000 rpm, dari mesin berkapasitas 3 liter.

Torsi maksimum 450 Nm tercipta ketika mesin berputar antara 1.300 dan 4.500 rpm. BMW 640i Gran Coupe hanya butuh 5,4 detik untuk melesat dari posisi diam dan mencapai 100 km/jam. Rata-rata konsumsi BBM mobil ini hanya 13 kilometer per liter, dengan emisi CO2 179 gram per kilometer.

Fitur Inovatif

Mobil ini juga dilengkapi beberapa piranti canggih yang siap memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen, termasuk tempat duduk berbalut kulit Dakota berikut panel instrumen berlapis kulit dengan stitching yang menawan, Navigation system Professional dengan layar ukuran 10.2 inci, Voice Control dan Bluetooth, Bang & Olufsen High-end Surround Sound System dengan 16 speaker dan amplifier 1200 W, 4-zone automatic climate control, Adaptive LED headlight dengan High-beam assistance, LED fog light, alloy wheels ukuran 19 inci dan glass roof elektrik.

Dashboard BMW 640i Gran CoupeDashboard BMW 640i Gran Coupe

Mobil ini memiliki sederet teknologi BMW EfficientDynamics termasuk Driving Experience Control dengan ECO PRO mode, Auto Start/Stop function dan Brake Energy Regeneration. Untuk memboyongnya ke garasi rumah, calon pembeli harap bersabar karena BMW 650i Gran Coupe mulai tersedia di Indonesia awal tahun 2013.

BMW 6 Series Gran Coupe dilabeli harga Rp. 1.628.000.000 off the road Jakarta.

(kpl/nzr/bun)


KUMPULAN BERITA
# BMW

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Ide Menkeu agar Indonesia tak tersandera produk perusahaan asing
  • Hamas tembak jet tempur F-16 Israel di Jalur Gaza
  • Ahok sebut PNS Jakarta tak takut dipecat, depositonya banyak
  • Batik 'Cherrybelle' model yang paling dicari jelang lebaran
  • Muslim Amerika sumbang Rp 1,8 miliar buat anak yatim Palestina
  • Video: Jake Gyllenhaal sedang mencari pekerjaan?
  • Jembatan Comal akan diuji coba Kamis besok
  • KH Mustofa Bisri: Prof Eko adalah ilmuwan lintas disiplin
  • Park Shin Hye buktikan kesuksesan tur fan meeting
  • Usai tiduri pacar yang masih SMP, Sukarman diciduk polisi
  • SHOW MORE