Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pemenang dan pecundang di MotoGP Valencia 2014

Pemenang dan pecundang di MotoGP Valencia 2014 MotoGP Valencia 2014. ©2014 Crash.net

Merdeka.com - GP Valencia di sirkuit Ricardo Tormo yang menjadi seri pamungkas gelaran MotoGP musim 2014 sukses menyajikan pertarungan seru di tiga kelas balap MotoGP.

Di balap yang diselenggarakan hari Minggu (9/11) ini, para pembalap harus tampil ekstra hati-hati karena gerimis sempat mengganggu jalannya balap setidaknya sampai tiga kali. Kondisi suhu yang dingin ditambah lintasan yang beberapa kali sempat basah membuat beberapa pembalap harus mengurangi laju motornya hingga ada yang berjudi mengganti motor dengan spesifikasi ban basah meski strategi ini nyatanya tak berjalan dengan baik di balap akhir pekan kemarin.

Seri terakhir MotoGP 2014 ini pun sukses menjadi milik Marc Marquez yang juga berhasil menasbihkan diri sebagai pembalap tersukses di kelas premier dengan total 13 kemenangan yang diraihnya di musim ini, mengalahkan raihan 12 kemenangan Mick Doohan di musim balap 1997.

Penasaran siapa saja yang menjadi pemenang dan pecundang di MotoGP seri Valencia 2014? Berikut ulasan selengkapnya.

Pemenang

Siapa yang layak menyandang gelar pemenang di MotoGP seri Valencia akhir pekan kemarin? Marquez bersaudara adalah pembalap yang paling layak menyandang gelar tersebut.

Sukses mencapai target di seri akhir gelaran balap MotoGP 2014, Alex Marquez akhirnya mengokohkan diri menjadi juara dunia kelas Moto3 setelah finis di podium ketiga. Hasil ini cukup membuatnya memiliki selisih 2 poin dari Miller dan mengantarnya menjadi juara dunia kelas Moto3 di musim 2014.S

Selain itu, sang kakak, Marc Marquez juga seperti tak mau kalah dengan adiknya yang berhasil menjadi juara dunia bersama Honda di kelas Moto3. Marquez yang memulai balap di posisi kelima berhasil merangsek ke depan di awal balap. Sukses mengandaskan perlawanan Iannone dan Valentino Rossi, Marc Marquez pun berhasil memperoleh kemenangan ke-13 musimnya ini dan membuatnya berhasil memecahkan satu rekor lagi di kelas premier.

Marquez bersaudara ini pun sukses mengakhiri musim balap 2014 ini dengan manis, tentu hasil ini tak hanya menggembirakan Honda selaku tim kedua bersaudara ini, tetapi juga keluarganya dan tentu para warga Spanyol.

Pecundang

Jorge Lorenzo terus mengalami penurunan performa sejak GP Jepang di sirkuit Motegi. Setelah gagal meraih kemenangan di GP Malaysia akibat kelelahan di tengah balap, Di GP Valencia akhir pekan lalu Lorenzo juga melakukan blunder di tengah balap.

Tak mampu bersaing dengan pembalap terdepan, Lorenzo yang tak bisa mendapatkan ritme balap terbaiknya di sirkuit Ricardo Tormo akhirnya memutuskan untuk mengganti motor dengan ban basah kala gerimis menyapu untuk kedua kalinya.

Sayang, strategi ini tak berjalan mulus karena gerimis tak berlangsung lama, Lorenzo yang sudah kepalang melakukan pitstop dan mengendarai motor dengan ban basah harus terjerembab di posisi ke-18 sampai akhirnya memutuskan untuk mengakhiri balap di lap ke-28.

Kekecewaan

Pembalap yang paling kecewa di GP Valencia kemarin adalah Jack Miller, pembalap Moto3 asal Australia yang gagal meraih gelar juara dunia meski berhasil menjadi pemenang di seri pamungkas Moto3 akhir pekan kemarin.

Sukses menjadi juara di seri kali ini masih tak cukup bagi Miller untuk menggeser posisi Alex Marquez di papan klasemen sementara. Keberhasilan Alex finis di posisi ketiga membuatnya meraih gelar juara dunia Moto3 dengan selisih hanya dua poin dari Miller.

Kejutan

GP Valencia akhir pekan lalu memang diprediksi bakal jadi ajang duel seru antara Valentino Rossi dan Marc Marquez. Namun ada satu pembalap yang berhasil mencuri perhatian di awal balap.

Adalah Andrea Iannnone yang berhasil tampil gemilang dan memberi kejutan dengan memimpin balap selepas start. Sukses mengambil posisi pertama dari tangan Valentino Rossi, Iannone sempat menjadi pembalap terdepan di lap-lap awal meski akhirnya harus tersalip Marquez setelah kalah dalam duel head-to-head dengan pembalap asal Spanyol tersebut.

Turun ke posisi kedua, tak lama kemudian Iannone juga harus rela disalip Rossi hingga turun ke posisi ketiga. Setelah itu, Iannone pun makin melambat dan terus turun posisinya.

Kesalahan

Esteve 'Tito' Rabat, juara dunia Moto2 musim ini harus puas finis di posisi kedua setelah begitu mendominasi jalannya balap setelah melakukan kesalahan di depan garis finis di GP Valencia kemarin.

Bertarung sengit sepanjang balap dengan Thomas Luthi, Rabat sukses meredam serangan pembalap asal Swiss tersebut hingga lap akhir dengan strategi defensif line yang dilakukannya. Sayang, tinggal beberapa puluh meter lagi menjelang bendera finis, Rabat kehilangan power motornya di lintasan lurus hingga Luthi mendapatkan kemenangan mudah di GP Valencia ini.

Diduga melakukan kesalahan saat shift-gear, VDS selaku tim Rabat mencoba membela dengan menjelaskan jika Rabat tak melakukan kesalahan dalam hal oper gigi melainkan power motornya sempat drop menjelang garis finis dikarenakan bahan bakar yang habis. 

Harapan

Musim balap 2014 sendiri memang sudah berakhir, MotoGP baru kembali digelar di akhir Februari 2015 mendatang. Musim 2014 ini sendiri sukses mengantarkan Marc Marquez sebagai juara dunia.

Meski tetap menampilkan Marc Marquez sebagai pembalap nomor satu dengan 13 kali kemenangan, namun musim 2014 ini juga menunjukkan jika di musim depan bakal menyajikan pertarungan yang lebih seru. Hal ini tak terlepas dari performa Valentino Rossi, pembalap terbaik kedua setelah Marquez di musim 2014, yang semakin meningkat di tiap serinya.

Jika di musim 2013 lalu, Rossi hanya berhasil mengumpulkan 1 kemenangan untuk Yamaha, maka di musim ini Rossi berhasil mengumpulkan dua kemenangan seri dengan hampir selalu menjadi pengisi podium di tiap serinya.

Dengan target bisa meraih gelar juara dunia ke-10 di musim mendatang, jelas Rossi bakal tampil habis-habisan di atas Yamaha YZR M1 2015. Selain itu, adanya beberapa talenta baru seperti Jack Miller, Marc Vinales, dan hadirnya tim baru seperti Suzuki bakal memperketat persaingan balap MotoGP di musim mendatang.

(mdk/dzm)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Catat! Ini Jadwal dan Harga Tiket MotoGP 2024 di Mandalika, NTB

Catat! Ini Jadwal dan Harga Tiket MotoGP 2024 di Mandalika, NTB

Di Indonesia, MotoGP 2024 dijadwalkan pada 27-29 September 2024 mendatang.

Baca Selengkapnya
Menantu Tokoh Partai Gerindra Direkrut Klub Kasta Tertinggi Liga Korsel, Jadi rekan Setim Eks Barcelona

Menantu Tokoh Partai Gerindra Direkrut Klub Kasta Tertinggi Liga Korsel, Jadi rekan Setim Eks Barcelona

Menantu Tokoh Partai Gerindra Direkrut Klub Kasta Tertinggi Liga Korsel, Jadi rekan Setim Eks Barcelona

Baca Selengkapnya
FOTO: Momen Jorge Martin Rajai Sprint Race MotoGP Qatar 2024 hingga Marc Marquez Tampil Cemerlang

FOTO: Momen Jorge Martin Rajai Sprint Race MotoGP Qatar 2024 hingga Marc Marquez Tampil Cemerlang

Sejak awal, Jorge Martin memang tampil luar biasa.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Catat! Harga Tiket dan Jadwal Lengkap MotoGP 2024 di Sirkuit Lusail Qatar

Catat! Harga Tiket dan Jadwal Lengkap MotoGP 2024 di Sirkuit Lusail Qatar

Rangkaian kompetisi MotoGP dimulai dari Sirkuit Lusail, Qatar 8-10 Maret 2024.

Baca Selengkapnya
Banyak Pendukung Menyeberang ke Kompetitor, Ganjar: Mereka Tak Punya Nyali Kuat dan Tangguh

Banyak Pendukung Menyeberang ke Kompetitor, Ganjar: Mereka Tak Punya Nyali Kuat dan Tangguh

Namun berbeda dengan yang hadir dalam acara tersebut, mereka disebutnya sebagai para pendukung yang tangguh.

Baca Selengkapnya
Belum Genap Sehari Pencuri Ini Kembalikan Motor yang Dicuri, Aksinya Malah Bikin Bingung

Belum Genap Sehari Pencuri Ini Kembalikan Motor yang Dicuri, Aksinya Malah Bikin Bingung

Pencuri sepeda motor di Tangerang Selatan, Banten berhasil membuat korbannya bingung.

Baca Selengkapnya