Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pemenang dan Pecundang di MotoGP Malaysia 2014

Pemenang dan Pecundang di MotoGP Malaysia 2014 Marc Marquez dan Valentino Rossi. ©2014 MotoGP.com

Merdeka.com - Sirkuit Sepang yang menjadi ajang gelaran MotoGP seri Malaysia di hari Minggu (26/10) sukses menyajikan duel seru di kelas MotoGP.

Cuaca di sirkuit Sepang yang sangat panas di akhir pekan kemarin membuat semua para pembalap MotoGP mengaku jika seri Malaysia kali ini menjadi yang terberat untuk ketahanan stamina mereka.

Jalannya balap sendiri berlangsung penuh kejutan dan menegangkan hingga lap-lap akhir. Ada pembalap unggulan yang harus jatuh di awal balap dan ada juga pembalap yang sukses tampil cemerlang di balap meski tak begitu menonjol di sesi sebelumnya.

Berikut pemenang dan pecundang di MotoGP Malaysia 2014 yang diselenggarakan di sirkuit Sepang akhir pekan kemarin.

Pemenang

Sosok pemenang di GP Malaysia kali ini adalah sang juara dunia 2014, Marc Marquez. Sukses memutus puasa podium pertama sejak GP San Marino, Marc Marquez sukses kembali ke jalur juara dan mengklaim kemenangan ke-12 musim 2014 ini.

Kemenangan di GP Malaysia ini diperoleh dengan cara yang 'manis' setelah terlibat duel dengan Jorge Lorenzo di tikungan pertama dan duel seru dengan Valentino Rossi sejak pertengahan balap hingga dua lap terakhir.

Raihan podium puncak di GP Malaysia kali ini juga membuat Marquez berhasil menyejajarkan dengan legenda balap MotoGP Mick Doohan dengan raihan 12 kemenangan dalam satu musim.

Pecundang

Sukses menjadi kampiun di sirkuit Sepang selama dua musim terakhir, Dani Pedrosa sebenarnya menjalani akhir pekan di GP Malaysia dengan baik.

Tampil konsisten di sesi latihan bebas dan berhasil menempati posisi kedua di grid start di balap hari Minggu kemarin, Pedrosa diprediksi bisa melanjutkan rentetan kemenangannya di sirkuit Sepang selam dua musim terakhir.

Sayang, Pedrosa harus menerima nasib sial kala memasuki tikungan akhir sirkuit Sepang dengan posisi terlalu rebah hingga membuatnya terjatuh di lap kedua kala berada di belakang Lorenzo yang sedang memimpin balap. Tak cukup sekali, Pedrosa juga terjatuh untuk kedua kalinya setelah kembali membalap dan berada di posisi ke-11 sehingga harus mengakhiri balap lebih awal.

Tak hanya menelan kekecewaan karena gagal finis serta memutus rentetan dominasinya di sirkuit Sepang. Jatuhnya Pedrosa di GP Malaysia kali ini juga membuatnya harus terlempar dari persaingan perebutan posisi kedua klasemen balap di musim ini.

Kekecewaan

Andrea Iannone menjadi pembalap MotoGP yang tak bisa mengikuti GP Malaysia karena terjatuh di sesi latihan bebas kedua. Mengalami cedera otot di bagian lengan, tim medis MotoGP tak mengizinkan Iannone untuk membalap di hari Minggu. Hal ini membuat Iannone memutuskan untuk kembali ke Italia untuk menjalani pengobatan sembari menunggu seri akhir di Valencia.

Namun, jika membicarakan pembalap yang paling kecewa di GP Malaysia kali ini adalah Aleix Espargaro, pembalap NGM Forward Yamaha.

Berpeluang menjadi juara dunia Open Class dan mengamankan posisi ke enam di klasemen pembalap sementara. Aleix malah harus keluar lintasan dan mengakhiri balap seri Malaysia lebih awal karena disenggol Bautista yang juga harus finis dini akibat insiden tersebut.

Meski tetap menjadi juara dunia Open Class, namun posisi Aleix kini di klasemen pembalap MotoGP turun ke posisi ke-8. Dirinya berhasil disalip Pol Espargaro dan Stefan Bradl yang finis di posisi enam dan empat di GP Malaysia akhir pekan lalu.

Kejutan

Valentino Rossi, pembalap gaek sekaligus legenda MotoGP ini sukses memberi kejutan di MotoGP seri Malaysia 2014.

The Doctor sendiri memang tampil tak begitu impresif di sirkuit Sepang selama hari Jumat hingga Sabtu. Tak bisa tampil di urutan tiga besar selama sesi latihan bebas, Rossi sendiri hanya bisa memperoleh posisi ke-enam untuk memulai balap dari grid kedua.

Dikabarkan mengalami masalah grip ban, namun di balap hari Minggu, Rossi dan mekaniknya seperti menemukan sentuhan ajaib hingga membuatnya bisa tampil impresif di sepanjang balap.

Rossi berhasil menempel Lorenzo di awal balap, Rossi berhasil mengambil pimpinan balap di lap ke-9 meski harus disalip Marquez dua lap setelahnya oleh Marc Marquez. Meski gagal menjadi juara, namun pembalap berusia 35 tahun masih bisa sangat kompetitif memperebutkan podium juara dan terlihat sangat berambisi mengalahkan Marquez hingga dua lap akhir sebelum ban depan YZR M1 kehabisan grip.

Meski gagal menang, Rossi tetap senang bisa finis di depan Lorenzo yang kini membuatnya memiliki jarak 12 poin dari Lorenzo di posisi kedua klasemen sementara.

Kesalahan

Jorge Lorenzo sempat diprediksi bakal bersaing ketat dengan Marquez dan Pedrosa untuk memperebutkan gelar juara di GP Malaysia.

Sempat menempati posisi pertama di awal balap, Lorenzo perlahan kehilangan ritme balap terbaiknya di pertengahan balap. Harus rela disalip Valentino Rossi dan Marc Marquez di lap ke-9, Lorenzo gagal mengejar dua pembalap tersebut dan harus puas finis di urutan ketiga di GP Malaysia akhir pekan kemarin.

Setelah balap, Lorenzo ternyata tak mengalami kendala teknis dengan motornya. Pembalap asal Spanyol ini menyebutkan jika dirinya kelelahan di pertengahan balap hingga tak bisa memaksimalkan lari motornya. Lorenzo pun mengaku menyesal telah melakukan kesalahan dengan tak melakukan latihan fisik lebih keras untuk menghadapi kondisi balap di Sepang yang berjalan di tengah cuaca terik dan suhu panas.

Kegigihan

Pol Espargaro mungkin bisa disebut sebagai salah satu pembalap dengan kegigihan tinggi.

Sempat jatuh dengan keras di sesi kualifikasi hingga membuat motornya terbakar. Pol Espargaro yang mengalami cedera retak tulang pada bagian kaki kirinya memutuskan untuk tetap membalap di hari Minggu.

Harus menggunakan pain-killer atau obat penghilang rasa sakit agar bisa membalap selama 20 lap GP Malaysia, Pol sukses finis di urutan ke enam meski terlihat sulit memindah gigi mesin dan mengendalikan motornya kala memasuki tikungan.

Berkat hasil di GP Malaysia ini, Pol Espargaro berpeluang menduduki posisi enam besar di papan klasemen pembalap musim 2014 yang sekaligus menjadi musim perdananya di MotoGP.

(mdk/dzm)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Keren dan Gagah Ustaz Abdul Somad Pakai Motor Harley-Davidson Saat Melintas di Tanjakan Menikung Tajam Sitinjau Lauik

Keren dan Gagah Ustaz Abdul Somad Pakai Motor Harley-Davidson Saat Melintas di Tanjakan Menikung Tajam Sitinjau Lauik

Simak momen keren Ustaz Abdul Somad naik moge lintasi tanjakan Sitinjau Lauik. Ini selengkapnya.

Baca Selengkapnya
Catat! Ini Jadwal dan Harga Tiket MotoGP 2024 di Mandalika, NTB

Catat! Ini Jadwal dan Harga Tiket MotoGP 2024 di Mandalika, NTB

Di Indonesia, MotoGP 2024 dijadwalkan pada 27-29 September 2024 mendatang.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Catat! Harga Tiket dan Jadwal Lengkap MotoGP 2024 di Sirkuit Lusail Qatar

Catat! Harga Tiket dan Jadwal Lengkap MotoGP 2024 di Sirkuit Lusail Qatar

Rangkaian kompetisi MotoGP dimulai dari Sirkuit Lusail, Qatar 8-10 Maret 2024.

Baca Selengkapnya
Tak Takut Dicuri, Perempuan Ini Tunjukkan Kompaknya Pengendara Motor Tinggalkan Kendaraan Tanpa Cabut Kunci

Tak Takut Dicuri, Perempuan Ini Tunjukkan Kompaknya Pengendara Motor Tinggalkan Kendaraan Tanpa Cabut Kunci

Orang-orang tanpa takut meninggalkan kendaraannya dengan kunci yang masih menempel.

Baca Selengkapnya
Laksanakan Tugas, Mayjen Kunto Arief Pakai Motor Bareng Istri ke Sumedang ketemu Gen Z

Laksanakan Tugas, Mayjen Kunto Arief Pakai Motor Bareng Istri ke Sumedang ketemu Gen Z

Saat melakukan perjalanan, sang jenderal mengendarai motornya sendiri ditemani sosok spesial.

Baca Selengkapnya