Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Aksi menegangkan serta rekor baru di MotoGP Inggris 2014

Aksi menegangkan serta rekor baru di MotoGP Inggris 2014 5 Aksi pembalap di MotoGP Inggris 2014. ©2014 MotoGP.com

Merdeka.com - MotoGP seri Inggris yang dihelat di sirkuit Silverstone Minggu (31/8) kemarin berhasil menyajikan duel seru baik di kelas MotoGP maupun kelas Moto2.

Sirkuit Silverstone yang memiliki karakter cepat dengan lintasan lebar ini sukses menyajikan aksi saling salip pembalap terdepan mulai awal hingga akhir balap.

Di GP Inggris kemarin, juga ada beberapa rekor yang disamai dan terpecahkan. Penasaran dengan aksi menegangkan dan rekor baru di MotoGP Inggris 2014? Berikut ulasan selengkapnya.

Duel Marquez vs Lorenzo

Dalam balap yang berlangsung Minggu sore kemarin, Marquez yang baru saja mengalami kekalahan perdana musim ini harus berjuang ekstra keras kala meladeni perlawanan sengit Jorge Lorenzo.

Lorenzo yang datang ke Silverstone dengan helm baru berhasil tampil cemerlang dan memimpin lomba sejak tikungan pertama. Marquez yang sempat tercecer ke posisi ketiga berhasil melalui Dovizioso di posisi ke dua dan menempel Lorenzo hingga pertengahan balap.

Kala balap tersisa 7 lap, Marquez mencoba mengambil alih posisi pemimpin balap dan terlibat duel sengit dengan Lorenzo. Puncaknya di dua lap tersisa, Marquez berhasil menyalip Lorenzo dengan manuver indah.

Lorenzo yang gagal memperkecil jarak di lap terakhir harus rela mendapatkan podium kedua. Marquez pun berhasil 'balas dendam' setelah di musim lalu, dirinya dikalahkan Lorenzo di sirkuit yang sama.

Perebutan podium ketiga

Selain duel sengit antara Marquez dan Lorenzo, di GP Inggris kemarin juga tersaji perebutan posisi ketiga yang tak kalah seru.

Melibatkan Valentino Rossi, Pedrosa, dan Dovizioso, ketiga pembalap ini tercatat saling melakukan aksi overtake di sepanjang jalannya balap. Dovizioso yang biasanya hanya garang di awal balap secara mengejutkan bisa tampil cepat dan konsisten hingga lap akhir.

Duel seru ini akhirnya dimenangi Rossi dengan berhasil finis di urutan ketiga, sedangkan Pedrosa dan Dovizioso menyusul di posisi keempat dan kelima.

Berkat torehan ini, Valentino Rossi pun berhasil naik podium untuk pertama kalinya di sirkuit Silverstone selama turun di kelas MotoGP.

Duel pemuncak kasta Moto2

Beralih ke balap Moto2, persaingan sengit antara rekan satu tim yaitu Mika Kallio dan Esteve Rabat di klasemen membuat keduanya tampil all-out di seri Inggris kemarin.

Rabat yang mengawali balap dengan berada di posisi kelima di lap awal berhasil tampil trengginas dan menyodok ke tiga besar di pertengahan balap. Bersaing sengit dengan Marc Vinales, akhirnya rabat bisa meraih posisi kedua.

Tak cukup di situ, di akhir balap Rabat seperti mendapat angin tambahan sehingga bisa mempersempit jarak dengan Kallio yang sudah nyaman di posisi pertama. Di dua lap akhir, Kallio yang terlihat mulai kehabisan grip ban motornya harus mengalah dan membuat Rabat memenangi GP Inggris.

Berkat kemenangan ini, Rabat berhasil sedikit memperlebar jarak di puncak klasemen dengan selisih 17 poin dari Kallio yang bertengger di posisi kedua.

Marquez samai Rossi

Bicara rekor, kemenangan Marc Marquez di GP Inggris kemarin berhasil membuatnya menyamai catatan Valentino Rossi yang mampu memenangi 11 seri balap dalam satu musim. Rossi sendiri menorehkan catatan tersebut saat dirinya masih membela tim HRC di tahun 2002 lalu.

Untuk Marquez sendiri, melihat performa yang ditunjukkannya saat ini, bukan hal yang mustahil bagi dirinya untuk menambah jumlah kemenangan di musim ini dan melewati catatan idolanya tersebut.

Rossi pecah rekor

Valentino Rossi, pembalap kawakan MotoGP ini semakin memantapkan namanya di jajaran pembalap legendaris dengan berhasil membuat satu rekor baru.

Melakukan start yang ke-246 di GP Inggris kemarin, Rossi kini tercatat sebagai pembalap yang paling banyak melakoni balap di ajang MotoGP. Catatannya tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Alex Barros.

(mdk/dzm)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
FOTO: Momen Jorge Martin Rajai Sprint Race MotoGP Qatar 2024 hingga Marc Marquez Tampil Cemerlang

FOTO: Momen Jorge Martin Rajai Sprint Race MotoGP Qatar 2024 hingga Marc Marquez Tampil Cemerlang

Sejak awal, Jorge Martin memang tampil luar biasa.

Baca Selengkapnya
Tak Cuma di Jabar, Solihin GP juga Punya Jasa di Sulsel

Tak Cuma di Jabar, Solihin GP juga Punya Jasa di Sulsel

JK sangat kehilangan sosok Solihin GP, karena telah menjadi contoh teladan yang baik dengan jasa-jasanya yang tidak mungkin terlupakan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Laksanakan Tugas, Mayjen Kunto Arief Pakai Motor Bareng Istri ke Sumedang ketemu Gen Z

Laksanakan Tugas, Mayjen Kunto Arief Pakai Motor Bareng Istri ke Sumedang ketemu Gen Z

Saat melakukan perjalanan, sang jenderal mengendarai motornya sendiri ditemani sosok spesial.

Baca Selengkapnya
Catat! Harga Tiket dan Jadwal Lengkap MotoGP 2024 di Sirkuit Lusail Qatar

Catat! Harga Tiket dan Jadwal Lengkap MotoGP 2024 di Sirkuit Lusail Qatar

Rangkaian kompetisi MotoGP dimulai dari Sirkuit Lusail, Qatar 8-10 Maret 2024.

Baca Selengkapnya
Polisi Tabrak Dua Pemotor, Satu Pelajar SMP Tewas di Tempat

Polisi Tabrak Dua Pemotor, Satu Pelajar SMP Tewas di Tempat

Sampai saat ini pihak kepolisian masih mendalami kronologi kecelakaan tersebut.

Baca Selengkapnya
Catat! Ini Jadwal dan Harga Tiket MotoGP 2024 di Mandalika, NTB

Catat! Ini Jadwal dan Harga Tiket MotoGP 2024 di Mandalika, NTB

Di Indonesia, MotoGP 2024 dijadwalkan pada 27-29 September 2024 mendatang.

Baca Selengkapnya