Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Aksi gemilang Marc Marquez di MotoGP Malaysia 2014

5 Aksi gemilang Marc Marquez di MotoGP Malaysia 2014 MotoGP Malaysia 2014. ©2014 MotoGP.com

Merdeka.com - Marc Marquez sukses menyamai prestasi Mick Doohan dengan mengumpulkan 12 kemenangan dalam satu musim balap setelah menjadi juara di GP Malaysia.

Kemenangan di Malaysia kemarin juga menjadi pemutus rentetan hasil buruk yang diraih Marquez setelah terjatuh di sirkuit Phillip Island di seri sebelumnya.

Selain itu, Marquez juga berhasil mencatatkan beberapa capaian impresif selama gelaran MotoGP seri Malaysia di sirkuit Sepang akhir pekan kemarin. Penasaran aksi impresif Marc Marquez di MotoGP Malaysia 2014? Berikut ulasan selengkapnya.

Pecahkan rekor lap tercepat sirkuit Sepang

Berhasil menjadi pembalap tercepat di sesi kualifikasi dan menyabet pole position, Marc Marquez ternyata juga sukses memecahkan rekor catatan waktu tercepat sirkuit Sepang di ajang MotoGP.

Secara meyakinkan Marquez bisa memecahkan rekor lap pole position 2013 dengan catatan waktu 1 menit 59.791 detik. Catatan waktu ini lebih cepat dari catatan waktu rekan satu timnya, Dani Pedrosa yang berada di posisi kedua di grid start dengan selisih 0.182 detik.

Rekor baru, raih pole position ke-13

Selain memecahkan catatan waktu tercepat di sirkuit Sepang, Marc Marquez juga sukses memecahkan rekor peraih pole position terbanyak dalam satu musim.

Raihan pole position di GP Malaysia kemarin merupakan yang ke-13 bagi Marc Marquez di musim 2014. Catatan ini mengalahkan rekor raihan 12 pole position dari Casey Stoner di musim 2011 dan Mick Doohan di tahun 1997.

Selain itu, catatan pole position di GP Malaysia kemarin juga membuat Marquez total telah 50 kali menjadi pole sitter selama berkarir di tiga kelas MotoGP.

Duel seru dengan Valentino Rossi

Capaian gemilang Marc Marquez di GP Malaysia kemarin semakin sempurna setelah dirinya berhasil mengalahkan Valentino Rossi secara head-to-head.

Sempat tercecer di awal balap karena start buruk, Marquez secara perlahan berhasil merangsek ke barisan depan untuk menempel Lorenzo dan Rossi yang berada di dua posisi terdepan.

Setelah menjadi 'penonton' duel seru Lorenzo dan Rossi, tak butuh waktu lama bagi Marquez untuk mengambil alih posisi Lorenzo di urutan kedua di lap ke-10. Tak lama berselang, Marquez sukses memotong jarak dengan Rossi dan menguntitnya dari belakang. Kesalahan Rossi yang melebar di tikungan terakhir di lap ke-11 membuat Marquez dengan mudah mengambil posisi pimpinan balap.

Meski Rossi terus menempel terutama di sektor kedua dan ketiga sirkuit Sepang, namun Marquez berhasil menjaga ritme balapnya dan melepaskan diri dari Rossi di tiga lap terakhir untuk meraih kemenangan pertamanya di sirkuit Sepang selama berlaga di kelas premier.

Samai raihan Mick Doohan

Berhasil menjadi yang terdepan kala melintasi garis finis, membuat Marquez memiliki capaian 12 kemenangan di musim balap 2014.

Raihan ini membuat 'The Baby Alien' sukses menyamai rekor Mick Doohan yang juga meraih 12 kemenangan di satu musim balap tepatnya di tahun 1997 lalu.

Tak hanya sukses menyamai torehan legenda MotoGP asal Australia tersebut, namun Marquez juga masih berpeluang untuk memecahkan rekor Doohan jika dirinya berhasil juara di seri pamungkas di GP Valencia 9 November nanti.

Antar Honda raih juara dunia konstruktor 2014

Selain berhasil mendapatkan beberapa raihan rekor pribadi, suksesnya Marquez menjadi juara di GP Malaysia kemarin juga berandil besar dalam keberhasilan Honda meraih gelar juara dunia konstruktor di musim 2014 ini dengan mengalahkan rival abadinya, Yamaha.

Dengan tak mengesampingkan pembalap pabrikan Honda lainnya yang turun di MotoGP, namun Marc Marquez di musim 2014 ini sukses menjadi pembalap pendulang poin terbesar pabrikan Honda hingga memuluskan pabrikan asal Jepang ini meraih gelar juara dunia konstruktor 2014.

(mdk/dzm)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
FOTO: Momen Jorge Martin Rajai Sprint Race MotoGP Qatar 2024 hingga Marc Marquez Tampil Cemerlang

FOTO: Momen Jorge Martin Rajai Sprint Race MotoGP Qatar 2024 hingga Marc Marquez Tampil Cemerlang

Sejak awal, Jorge Martin memang tampil luar biasa.

Baca Selengkapnya
Keren dan Gagah Ustaz Abdul Somad Pakai Motor Harley-Davidson Saat Melintas di Tanjakan Menikung Tajam Sitinjau Lauik

Keren dan Gagah Ustaz Abdul Somad Pakai Motor Harley-Davidson Saat Melintas di Tanjakan Menikung Tajam Sitinjau Lauik

Simak momen keren Ustaz Abdul Somad naik moge lintasi tanjakan Sitinjau Lauik. Ini selengkapnya.

Baca Selengkapnya
Tanpa Rangka e-SAF, AHM Luncurkan Skuter Honda Giorno Plus Besok?

Tanpa Rangka e-SAF, AHM Luncurkan Skuter Honda Giorno Plus Besok?

Di pengujung tahun ini, PT Astra Honda Motor (AHM) dikabarkan meluncurkan produkterbarunya besok, Kamis (21/12). Patut diduga motor baru itu Honda Giorno+.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Laksanakan Tugas, Mayjen Kunto Arief Pakai Motor Bareng Istri ke Sumedang ketemu Gen Z

Laksanakan Tugas, Mayjen Kunto Arief Pakai Motor Bareng Istri ke Sumedang ketemu Gen Z

Saat melakukan perjalanan, sang jenderal mengendarai motornya sendiri ditemani sosok spesial.

Baca Selengkapnya
Honda HR-V Listrik Mulai Produksi, Sebentar Lagi Dipasarkan di Indonesia?

Honda HR-V Listrik Mulai Produksi, Sebentar Lagi Dipasarkan di Indonesia?

Honda resmi memulai produksi model SUV listrik e:N1 di Thailand, kemarin.Mobil yang juga sering disebut Honda HR-V listrik.

Baca Selengkapnya