Lockstock Fest, Indikator Musikalitas Jogja Yang Valid

Sumber : | Senin, 16 November 2009 12:01




Lockstock Fest, Indikator Musikalitas Jogja Yang Valid
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Meski sempat sedikit tertunda, namun opening ceremony Locstock Fest (Local Stock Music Festival), yang merupakan event musik annual dalam wujud festival yang dikemas akbar dan mencapai gaung yang luas, tetap berjalan lancar di bawah guyuran hujan. Sesuai rencana, Walikota Jogja, Bapak H Heri Zudiyanto tampil membuka festival musik terbesar yang pernah diadakan di Jogja ini dengan puisi rap tulisannya sendiri. Diiringi musik dari Kua Etnika dan Jaduk Ferianto, Heri Zudiyanto terlihat sangat bersemangat nge-rap dengan gaya yang tidak kalah dibandingkan rapper asli. Saat MC menggoda Pak Wali untuk memiringkan topinya agar terlihat lebih hip-hop, tanpa segan-segan ia segera memiringkan topi yang dipakainya.

Mungkin ini hanya sebuah hal kecil, namun hal kecil ini dapat memberi motivasi bagi seluruh penggiat seni di Jogja khususnya musik dan pertunjukan. Bagaimana tidak, pemimpinnya tanpa malu dan gengsi ikut bergabung bersama penggiat musik dari Jogja di atas panggung. Apalagi dengan syair yang pada intinya bicara tentang Jogja sebagai sebuah kota di mana seni budaya tumbuh dan berkembang, sebuah arena bagi siapa saja yang ada di dalamnya. Sesuai dengan konteks ke-Jogja-an yang juga diangkat dalam Locstock Fest.

Pada kesempatan yang sama, Pak Wali, masih bersama Jaduk Ferianto, juga Ifan dari Seventeen, dan segenap hadirin menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dengan khidmat. Dilanjutkan dengan acara melepaskan balon ke udara secara serempak, sebagai simbol akan harapan terhadap musik Jogja yang membumbung tinggi. Acara pelepasan balon secara bersama-sama ini sekaligus pula menandai dibukanya Sprite Sensasi Plong Locstock Fest 2009, Yogyakarta Biggest Annual Music Exhibition: Harmonic Integration.

Pada hari pertama yang digelar tiga hari berturut-turut, Jumat (13/11), suasana Stadion Kridosono memang masih terasa agak sepi. Namun demikian hal ini sama sekali tidak mengurangi kemeriahan Locstock Fest. Tiga panggung dengan sound yang terbukti tidak saling bertabrakan, booth-booth komunitas yang menarik, serta fasilitas-fasilitas lain yang tersedia di sini menjamin kenyamanan para pengunjung yang datang.

Sabtu (14/11) kemarin, Locstock semakin lengkap lagi dengan adanya workshop Survival Guide in National Music Industry bersama Wendi Putranto (Rolling Stone Indonesia), Andy 'Memet' Zulfan (Senior Band Manajer), Wok The Rock (Yes No Wave Net Label). Workshop menarik ini terbuka untuk umum, dan tidak menarik biaya apapun selain dari tiket masuk seharga Rp6.000 dengan bonus 1 cup Sprite. Hingga berakhir pada Minggu (15/11), Lockstock Fest terbilang sukses besar.

Perhelatan akbar ini menampilkan lebih dari 100 band/kelompok/musisi Jogja dari berbagai macam genre, label (major label, indie label), dan pilihan jalur dalam hidup bermusik, dengan dikurasi oleh sejumlah pengamat, penikmat, dan pelaku musik yang hidup dalam ranah musik Jogja itu sendiri. Sebagai sebuah program tahunan yang merangkum berbagai bentuk potensi musik di Jogja tersebut, maka tentu saja Locstock Fest dapat menjadi indikator perkembangan dan apresiasi musik Jogja yang valid.

Diharapkan juga, Locstock Fest dapat memberikan kontribusi nyata bagi semua pihak. Bagi para musisi, Locstock Fest bisa menjadi ajang gathering guna merumuskan formula yang tepat untuk menjadi musisi yang berkarakter dan menemukan strategi yang jelas untuk mempresentasikan produk/karyanya, juga bagi semua komponen yang selama ini ikut menggerakkan kehidupan musik Jogja agar bisa berkembang dan saling menyejahterakan.(kpl/prl/boo)



JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Anak bungsu Jokowi takut dekati putri cantik Menteri Susi
  • Kisah cinta Jokowi - Iriana bikin film jadi menarik
  • Bupati Mukomuko kebanjiran SMS dari warga minta diluluskan CPNS
  • Napi perampok toko emas kabur dari penjara pakai gunting baja
  • Pebri ditemukan tewas dengan luka tusuk & leher patah di Jaksel
  • Disuguhi buah impor di Banten, Menteri Yuddy Chrisnandi protes
  • Derby Manchester, Rooney comeback
  • Ricuh, peserta Muktamar PPP minta penetapan Djan Faridz ditunda
  • 7 Seleb cantik yang tubuhnya seksi meski usai melahirkan
  • Djan Faridz terpilih sebagai ketum PPP versi Muktamar Jakarta
  • SHOW MORE