Merdeka.com tersedia di Google Play


Menkes: Kondisi Pekerja Indonesia Memprihatinkan

Sumber : | Selasa, 29 November 2005 14:39


Menkes: Kondisi Pekerja Indonesia Memprihatinkan
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Menteri Kesehatan RI Siti Fadilah Supari mengingatkan kondisi kesehatan pekerja di Indonesia saat ini masih memprihatinkan, karena banyak perusahaan yang belum memperhatikan penanganan proses kerja yang aman dan sehat, dengan menerapkan kaidah kesehatan.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat Depkes Sri Astuti pada pembukaan Konferensi Internasional untuk Kesehatan Kerja di Sektor Industri dan Informal, di Yogyakarta, Selasa, menkes mengakui memang telah terbukti sektor usaha kecil memiliki peran besar dalam mengatasi keterpurukan ekonomi di era yang lalu, namun kondisi kesehatan pekerjanya sampai sekarang masih memprihatinkan.

Begitu pula keselamatan kerja para pekerjanya, menurut menkes kurang mendapat perhatian dari pihak perusahaan dan pekerja itu sendiri. Padahal keselamatan kerja saat ini merupakan salah satu prasyarat dalam memasuki arena pasar bebas.

Untuk itu, melalui konferensi ini diharapkan menjadi forum pertukaran informasi serta pengalaman, berkait dengan aspek kesehatan kerja sektor industri dan informal. Ini mengingat setiap pekerja memiliki hak untuk memperoleh kesehatan dan keselamatan kerja, baik yang bekerja di sektor industri maupun informal.

Disebutkannya, angkatan kerja di Indonesia saat ini 65,03 persen dari jumlah penduduk yang ada, yang tersebar di berbagai lapangan pekerjaan.

Dari angka tersebut, 75 hingga 80 persennya merupakan masyarakat pekerja di sektor informal yang beresiko terkena berbagai penyakit atau masalah yang dapat muncul akibat dari pekerjaannya itu.

Guna melindungi serta memelihara kesehatan masyarakat pekerja informal di berbagai sektor, maka dikembangkan program kesehatan kerja, sehingga dapat diperoleh produktivitas kerja yang optimal, ujar menkes.

Menurut dia, pemerintah telah mengembangkan berbagai program untuk mengatasi masalah tersebut, di antaranya pengembangan kesehatan lingkungan kerja, pengembangan promosi kesehatan di tempat kerja, serta peningkatan pelayanan kesehatan kerja bagi masyarakat pekerja.

Sementara itu, salah seorang praktisi kesehatan kerja Tan Malaka seusai acara pembukaan konferensi tersebut mengatakan kalangan pemilik perusahaan sekarang sebaiknya tidak hanya mengurus masalah gaji karyawan, tetapi juga harus memikirkan kesehatan kerja pekerjanya. Sebab, kata dia, keselamatan kerja bagi pekerja juga menentukan keberhasilan serta kemajuan perusahaan.

Ia juga meminta perusahaan untuk menyiapkan sarana kesehatan kerja, karena kenyataannya saat ini banyak pekerja yang telah menjadi `korban` dampak dari kurang pedulinya pengusaha dalam memperhatikan kesehatan kerja pekerjanya.

Konferensi yang diselenggarakan Pusat Kesehatan Kerja Depkes RI ini berlangsung dari 29 November hingga 1 Desember 2005, dan diikuti sekitar 400 peserta.

Mereka terdiri praktisi kesehatan kerja, pejabat pemerintah pusat dan pemerintah daerah, para pengelola program kesehatan kerja, pengamat kesehatan dan keselamatan kerja, serta masyarakat umum.

Berbagai topik yang dibahas dalam konferensi itu antara lain manajemen kesehatan kerja, peraturan dan ketetapan yang berhubungan dengan kesehatan kerja, pengembangan sumberdaya manusia, Askes, penyakit kerja, serta pelayanan kesehatan kerja. (*/rit)



Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Foke Vs Jokowi, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Foke Vs Jokowi.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Cuma raih 7 suara,Caleg PPP ambil lagi amal Rp 10 juta ke masjid
  • PPP yakin walau dirotasi Romi tetap bersama SDA
  • Review: Garuda Jaya gagal menang di laga penutup
  • Dokter India temukan selusin emas batangan di perut pasien
  • Usai bentrokan, sel napi di Lapas Pemuda Tangerang digeledah
  • Ternyata efek bercinta tak sama dengan olahraga
  • Orang berjaket FPI demo di depan markas PPP
  • Emron Pangkapi geram, sebut koalisi dengan Gerindra ilegal
  • SBY bicara soal konvensi Demokrat, koalisi atau oposisi
  • Identitas wanita Inggris seret lelaki seperti anjing terungkap
  • SHOW MORE