Merdeka.com tersedia di Google Play

Ziarah Makam Keramat (4)

Air gentong di kubur Habib Kuncung

Reporter : Islahudin | Rabu, 18 Juli 2012 10:41


Air gentong di kubur Habib Kuncung
Kompleks makam Habib Kuncung di Kalibata, Jakarta Selatan. (merdeka.com/Islahuddin)

Merdeka.com - Ruang berukuran sekitar 15 x 8 meter itu dipenuhi rombongan peziarah sebagian besar berpakaian serba putih. Ada sekitar 40 orang memadati ruangan. Tanpa aba-aba, mereka langsung duduk mengelilingi cungkup persegi panjang dari tembok bata.

Rombongan laki-laki duduk bersila, sedangkan perempuan bersimpuh. Kemudian salah satu dari mereka mulai merapal doa dalam bahasa arab dilanjutkan membaca surat Yasin, jamaah lain mengikuti. Mulanya, nada bacaannya pelan, namun perlahan terdengar cepat pada tiap ayat didaras.

Dengan kepala tertunduk dan mata sekali-sekali terpejam, suara-suara itu seolah diarahkan pada makam yang empat sisinya dipasangi tiang besi dan ditutupi kelambu hijau. Di sanalah tempat peristirahatan terakhir Habib Ahmad bin Alwi al-Haddad atau dikenal dengan nama Habib Kuncung.

Ahad siang pekan lalu itu matahari sudah terik. Kubur tidak jauh dari Mal Kalibata, Jakarta Selatan, ini semakin dipadati peziarah. Mengetahui masih ada pengunjung di dalam dan kondisinya penuh, peziarah baru datang hanya bisa menunggu di luar.

Lebih dari 50 orang menunggu di bawah atap dari fiber yang juga jalan menuju bangunan makam. Tidak apa-apa, kita sama-sama berziarah agar bisa mendapatkan ketenangan batin, mungkin cara dan waktunya berbeda, ujar Imran, 36 tahun, peziarah dari Pasar Minggu, Jakarta Selatan, juga antre hari itu.

Meski sudah lebih dari setengah jam, antrean peziarah di luar masih setia menunggu giliran. Hal itu tidak mengurangi kekhusyukan peziarah di dalam makam terus berdoa. Buktinya, setelah surat Yasin selesai dibacakan, langsung dilanjutkan tahlil dan salawat dengan iringan hadrah.

Tidak cukup sampai di situ, rombongan itu mengelilingi dan menyentuh batu nisan enam makam lainnya dalam ruangan itu. Bahkan, beberapa orang mencium nisan tiap pusara dengan berjalan jongkok.

Setelah selesai rombongan itu keluar dengan tertib tanpa banyak bicara. Ada yang langsung menghampiri kotak amal untuk memasukkan uang sumbangan. Yang lain menuju tiga deret gentong air untuk mengisi botol air kemasan berukuran 600 mililiter. Sisanya keluar menuju parkir kendaraan di luar makam.

Menurut anggota rombongan mengaku bernama Fauzi, 23 tahun, mereka berasal dari majelis taklim di Pancoran, Jakarta Selatan. Dia menjelaskan selain ziarah Habib Kuncung setiap bulan, jelang Ramadan ini, pengajiannya menziarahi makam-makam dianggap keramat di Jakarta dan Bogor. Selain mengingat mati, ziarah makam itu untuk mencari berkah dengan cara berdoa, kata Fauzi meyakinkan. Fauzi enggan menjelaskan apa makna air dari dalam gentong di makam itu. Namun, dia yakin air itu berkhasiat.

Saat rombongan Fauzi meninggalkan makam, peziarah lainnya langsung masuk, termasuk Imran. Sebelum memulai ritualnya, dia membbuka botol air kemasan. Meski ada peziarah lain, Imran hanya sendiri berdoa. Tidak mengikuti bacaan orang di sebelahnya. Kadang suaranya terdengar keras membaca tahlil dengan cepat. Setelah selesai, dia kembali menutup botol air kemasan dan meninggalkan kompleks makam.

Imran mengaku karyawan swasta ini datang bersama istrinya. Satu hal penting, menurut dia, saat berziarah pikiran dan hal-hal duniawi harus ditanggalkan. "Doa melalui orang berkaromah lebih diijabah karena mereka memiliki wasilah langsung dengan Sang Pencipta.

[fas]

KUMPULAN BERITA
# Makam Keramat

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Makam Keramat, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Makam Keramat.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Ronaldo impikan trofi Piala Dunia
  • 807 Merek daftarkan nama domain .id
  • Nia Daniati masih pajang foto Farhat Abbas
  • Kapal berpenumpang 100 peziarah Jumat Agung tenggelam di Flores
  • Libur Paskah, tiket kereta di Gambir untuk 55 perjalanan ludes
  • Bambang Widjojanto didesak untuk bersaksi dalam sidang Akil
  • Tumpahan minyak bukan berasal dari pesawat MH370
  • Sore ini, PPP deklarasikan dukungan Prabowo nyapres
  • Napi LP Pemuda Tangerang bentrok gara-gara ponsel, 1 orang luka
  • Pertumbuhan wisman Filipina tertinggi serbu Indonesia
  • SHOW MORE