Salah nilai, 272 siswa SMAN 84 terancam tak ikut SNMPTN

Reporter : Al Amin | Rabu, 6 Februari 2013 15:32

Salah nilai, 272 siswa SMAN 84 terancam tak ikut SNMPTN
ujian nasional. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Seorang siswa SMA Negeri 84 Jakarta salah memasukkan nilai rapor saat mengisi data untuk kepentingan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Akibat kelalaian itu, 272 siswa kelas XII terancam tidak boleh mengikuti proses SNMPTN 2013 dari jalur undangan.

Menanggapi kasus ini, Wakil Bidang Sarana dan Pra Sarana SMA 84, Arif mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi intens dengan pihak Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Pihak sekolah melalui kepala sekolah sudah berkomunikasi dengan kepala dinas. Kami mengajukan keringanan, sudah berupaya ke pihak-pihak terkait enggak begitu saja kami terima," kata Arif saat ditemui merdeka.com di ruang kerjanya, Rabu (5/2)

Dia menambahkan, sejak masalah ini diberitahu ke pihak sekolah, mereka sudah berupaya menghubungi Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Kami tidak tahu prosedurnya bagaimana, tapi jauh-jauh hari kami sudah mengurus masalah ini," ujarnya.

Arif menjelaskan, karena sistem ini terbilang baru, menyebabkan siswanya ada yang melakukan kesalahan dalam memasukkan data.

"Sistem upload, sistem yang baru, jadi kami mungkin awam, jadi mungkin ada kesalahan," imbuhnya.

Jika siswa kelas XII SMA 84 sudah final tidak boleh mengikuti SNMPTN 2013, lanjut Arif, mau tidak mau pihak sekolah mengupayakan siswa mengikuti jalur lain, seperti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan masuk Sekolah Politeknik Jakarta yang D3.

[lia]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE