Pencuri hanya butuh 15 menit untuk bobol mesin ATM

Reporter : Henny Rachma Sari | Jumat, 1 Maret 2013 14:58

Pencuri hanya butuh 15 menit untuk bobol mesin ATM
Ilustrasi Pencuri. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Satu dari lima pelaku spesialis pembobolan mesin ATM dan brankas yang terdapat di sejumlah minimarket hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk beraksi. Pelaku lebih memilih mesin ATM dari bank pemerintah lantaran lebih mudah dieksekusi.


Kasat Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heriawan mengatakan, kelompok tersebut sudah terorganisir. "Peran masing-masing anggota jelas. Jadi biasanya di minimarket itu ada dua pintu, pintu besi atau teralis dan pintu kaca," ujar Herry di Mapolda Metro Jaya, Jumat (1/3).

Kemudian, lanjut Herry, kalau pintu teralis itu dibuka paksa pasti alarm akan berbunyi. "Nah, ada satu pelaku yang perannya memutuskan sirine alarm tersebut. Kemudian pintu kaca dibuka paksa dengan kunci L," katanya.

Untuk membobol mesin ATM sendiri, tutur Herry, pelaku hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. "Jadi kalau mesin ATM bank pemerintah itu cukup digoyang-goyangkan saja, kemudian sudah bisa ditarik dan brankas isi uang sudah bisa langsung diambil," terang Herry.

Herry menambahkan, kelompok tersebut merupakan pelaku lintas provinsi dengan TKP Bogor dan Cirebon. "Nanti kita akan koordinasi dengan Polda Jabar juga. Saat beraksi pelaku tidak menggunakan senjata api melainkan membekali diri mereka dengan senjata tajam," imbuh Herry.

Dari pelaku, polisi menyita 3 kunci L, 2 tang, 2 obeng, 2 mesin ATM BRI, 1 linggis, 1 pisau lipat, 1 Trolly, 2 handphone, 1 BlackBerry, 1 LCD TV, dan 3 unit sepeda motor.

Polisi pun masih memburu empat rekan dari Rahmat yakni AG, KR, TJ dan JG. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas lima tahun.



[did]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Pencurian

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE