Menilai sepekan gebrakan Jokowi-Ahok

Reporter : Muhammad Hasits | Senin, 22 Oktober 2012 07:05

Menilai sepekan gebrakan Jokowi-Ahok
Pidato Jokowi-Ahok. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Sudah satu pekan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memimpin Ibu Kota. Bersama wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pasangan ini langsung melakukan gebrakan.

Setelah dilantik pada 15 Oktober, Jokowi dan Ahok langsung tancap gas. Jokowi turun ke lapangan, sementara Ahok mengurusi birokrasi.

Menurut Pengamat Politik dari UIN Jakarta Gun Gun Heryanto, gebrakan sepekan Jokowi sudah sesuai on the track. Gebrakan itu sudah memberikan kesan baik kepada warga Jakarta.

"Kalau mengukur kinerja masih prematur. Tapi kalau dilihat dari political performance sudah baik," kata Gun Gun kepada merdeka.com, Senin (22/10).

Gun Gun menilai, gebrakan Jokowi dan Ahok telah memberikan persepsi positif. Dengan turun ke lapangan mengunjungi permukiman kumuh, dan rumah susun sudah memberikan dampak apik di mata warga Jakarta.

"Sejak Selasa pekan lalu sudah terjun ke lapangan, sementara Ahok mengurusi birokrasi. Ini pembagian yang bagus. Sudah on the track. Kalau ini dipertahankan terus, ada harapan baru," ujar dia.

Dia yakin, dengan cara itu orang akan sulit membantah bahwa Jokowi sudah melakukan kerja cerdas. "Dia juga sudah memberikan kesan memimpin dan birokrasi melayani, bukan elitis," kata Gun Gun.

Apakah Jokowi bisa dibilang berhasil? "Kalau itu, masih prematur. Sepekan ini hanya performa politik saja. Apa yang dilakukan Jokowi sepekan ini hanya menunjukkan kesan. Jadi yang bisa dinilai hanya persepsi saja," ujar dia.

[has]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Jokowi Ahok

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE