Mengenal Jokowi lebih dekat

    Reporter : Mardani | Jumat, 21 September 2012 06:03

    Mengenal Jokowi lebih dekat

    Merdeka.com - Pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama berhasil memenangkan Pilgub DKI putaran kedua versi hitung cepat (quick count) sejumlah lembaga survei. Alhasil, DKI memiliki pemimpin baru untuk lima tahun ke depan.

    Pria yang akrab disapa Jokowi itu lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961. Jokowi merupakan lulusan SDN 111 Tirtoyoso Solo, SMPN 1 Solo, SMAN 6 Solo, Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada Yogyakarta lulusan 1985 dengan gelar Insinyur.

    Sebelum terjun di dunia politik, Jokowi merupakan pengusaha mebel rumah dan taman yang sukses. Namanya mulai dikenal publik saat terpilih menjadi Wali Kota Surakarta pada 2005.

    Jokowi mengawali kepemimpinannya di Solo dengan slogan 'Solo: The Spirit of Java'. Hal itu menjadi semangat warga Solo untuk mengembangkan kotanya, padahal awalnya kemampuan Jokowi untuk memimpin Solo disangsikan oleh publik.

    Di bawah kepemimpinannya, Solo mengalami sejumlah perubahan penting. Tahun 2006 lalu Surakarta menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia. Atas keanggotaannya itu, Solo pada 2007 menjadi tempat Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan di Benteng Vastenburg.

    Penyelenggaraan event ini membawa misi penyelamatan situs bersejarah karena benteng tersebut terancam akan digusur untuk kepentingan bisnis. Bahkan tahun 2008, Solo menjadi tuan rumah penyelenggara konferensi organisasi itu.

    Selain itu, Jokowi juga dapat merelokasi pedagang barang bekas dengan damai, tanpa konflik. Relokasi itu dilakukan dalam rangka revitalisasi lahan hijau di Solo.

    Hal itu dapat tercapai berkat komunikasi intensif yang dijalinnya dengan masyarakat. Salah satu bentuk komunikasi tersebut adalah melalui saluran televisi lokal. Dalam siaran itu masyarakat Solo dapat langsung berkomunikasi dengan Jokowi.

    Tak hanya itu, progres kepemimpinan Jokowi di Solo adalah menetapkan persyaratan ketat kepada para investor. Salah satunya, investor harus memperhatikan kepentingan Solo.

    Nama Jokowi menjadi sorotan di Tanah Air saat ia mendukung keberhasilan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo dalam merakit mobil yang diberi nama Esemka. Jokowi bahkan menggunakan mobil Esemka sebagai mobil dinasnya.

    Karena dinilai berhasil memimpin Solo, pada 2012, Jokowi masuk menjadi salah satu nominator wali kota terbaik dunia versi lembaga nirlaba world mayor.

    Sederet prestasi tersebut membawa Jokowi menantang Jakarta. Di Pilgub DKI 2012, Jokowi maju sebagai cagub berpasangan dengan cawagub Basuki T Purnama.

    Di putaran pertama, Jokowi berhasil berada di urutan pertama dengan perolehan di atas 40 persen suara. Kemudian, di putaran kedua, berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, Jokowi berhasil mengalahkan saingannya, Fauzi Bowo, dan akan menjadi orang nomor satu di DKI selama lima tahun mendatang.

    [dan]

    Komentar Anda


    Suka artikel ini ?
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


    JANGAN LEWATKAN BERITA
    Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

    Let's be smart, read the news in a new way.
    Tutup
    Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
    Kirim ke

    Free Content

    • URL Blog

    • Contoh : merdeka.wordpress.com

    • Email

    • Password


    saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya





    Be Smart, Read More
    Back to the top
    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Demi Jadi Pasien Kim Young Kwang Deh, Dara 2NE1 Rela Awet Stres?
  • Ideafest 2015 siap gaungkan jiwa sosial entrepreneurship
  • Akademisi sebut pupuk ZA tak bisa dipakai bikin nata de coco
  • Dian Siswarini resmi gantikan Hasnul Suhaimi jadi CEO XL
  • Di luar dugaan ilmuwan, panda ternyata bisa kesepian
  • Ketahuan tiduri anak tiri, Darwan bonyok diarak ke kantor polisi
  • Potret haru sang bocah pengojek payung, kedinginan di tengah hujan
  • Tak berizin & diduga jadi tempat mesum, 3 panti pijat disegel
  • Surat cinta Ustaz Arifin Ilham untuk kepala BNPT
  • Dirampok, istri mantan ketua MUI Sulut tewas digorok
  • SHOW MORE