Jokowi tahun ini renovasi empat pasar tradisional

Reporter : Fikri Faqih | Jumat, 28 Februari 2014 03:49

Jokowi tahun ini renovasi empat pasar tradisional
jokowi sidak pasar. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan mengusahakan seluruh pasar tradisional dan lokasi binaan (Lokbin) untuk dilakukan peremajaan. Hal ini dilakukan agar dapat mempertahankan budaya dan tidak kalah dengan pasar modern.


Peremajaan dilakukan tidak untuk merubah barang dagangan yang dijajakan. Karena ia masih ingin tetap mempertahankan nilai tradisional yang dimiliki.

"Pasar tradisional itu tradisionalnya tetap ada nampaknya. Tapi dari sisi manajemen, kebersihan, ada tempat parkir, kenyamanan kemudian juga manajemen di dalamnya seperti pasar-pasar modern," jelasnya usai makan siang di Bale Bengong, Jakarta Timur, Kamis (27/2).

Dia menambahkan, langkah ini harus segera dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya jika dibiarkan berlama-lama, maka pasar tradisional akan tergerus oleh pasar modern.

"Kalau tidak segera di upgrade atau diperbaharui akan hilang semuanya, akan kalah semuanya dengan pasar modern," ungkapnya.

"Satu-satunya cara dengan memperbaiki memperbaiki infrastrukturnya harus diperbaiki semuanya. iya kenyamanan itu menyangkut kebersihan pasar," tambahnya.

Kepala PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan, pada tahun ini akan ada empat pasar tradisional yang akan direnovasi. Sedangkan untuk pasar yang lain masih akan menunggu setelah proses pembangunan selesai.

"Kita sendiri akan membangun empat pasar. Seingat saya dua di antaranya Pasar Kramat Jati dan Pasar Grogol, yang dua saya lupa," jelasnya saat dihubungi merdeka.com.

Untuk peremajaan empat pasar ini PD Pasar Jaya menganggarkan Rp 60 miliar. Harapannya dengan dilakukannya renovasi pasar ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga.

[hhw]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Jokowi Ahok# Pasar

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE