Merdeka.com tersedia di Google Play



    Critical Care RSUD Tarakan Jakpus siap beri layanan gratis

    Reporter : Vincent Asido Panggabean | Selasa, 24 April 2012 17:02


    Critical Care RSUD Tarakan Jakpus siap beri layanan gratis

    Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, meresmikan gedung Critical Care Centre di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta Pusat. Peresmian gedung Critical Care Centre tersebut, nantinya sebagai cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk warga Jakarta. Jika punya kartu Gakin, masyarakat Jakarta bisa berobat gratis ke sini.

    "Maka, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, secara resmi dimulai pelayanan RSUD Tarakan," ujar Fauzi Bowo, saat di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Selasa (24/4).

    Gubernur yang akrab disapa Foke itu juga mengutarakan, di dalam gedung tersebut telah disediakan pelayanan untuk warga yang membutuhkan Intensive Care Unit (ICU), Intencive Cardiac Care Unit (ICCU) untuk perawatan intensif jantung. Ada juga Neonatus Intensive Care Unit untuk perawatan intensif bayi, Paereatrie Care Unit untuk perawatan intensif anak serta High Care Unit untuk perawatan dengan pengawasan.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dien Emmawati, mengatakan warga Jakarta sangat membutuhkan tempat ICU dan ICCU.

    "Oleh karena itu, pembangunan gedung ini merupakan hal yang sangat penting dan mendesak," imbuhnya.

    Dien melanjutkan, semua warga Jakarta baik golongan ekonomi lemah maupun mampu, bisa memanfaatkan layanan yang telah disediakan Pemprov DKI.

    "Saya menjamin, bagi warga miskin yang berobat ke Critical Care Center tidak akan dikenai biaya apapun dengan memanfaatkan kartu gakin. Mereka berhak mendapat pelayanan kesehatan terbaik dari Pemprov DKI," pungkas Dien.

    Dien menjelaskan, banyak fasilitas ICU dan ICCU di Jakarta yang tidak murah. Menurutnya, rumah sakit yang dikelola swasta saat ini, memiliki tempat tidur yang sangat kurang untuk fasilitas ICU dan ICCU, karena pihak swasta lebih memfokuskan pada pelayanan rawat inap.

    "Untuk itu, pemerintah memiliki kewajiban untuk menyediakan fasilitas tersebut yang lebih banyak guna untuk memberikan pelayanan warga, terutama bagi masyarakat kurang mampu," jelas Dien.

    [ian]

    Komentar Anda


    Smart people share this
    Back to the top

    Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
    Most Viewed Editors' Pick Most Comments

    TRENDING ON MERDEKA.COM

    LATEST UPDATE
  • Ronaldo impikan trofi Piala Dunia
  • 807 Merek daftarkan nama domain .id
  • Nia Daniati masih pajang foto Farhat Abbas
  • Kapal berpenumpang 100 peziarah Jumat Agung tenggelam di Flores
  • Libur Paskah, tiket kereta di Gambir untuk 55 perjalanan ludes
  • Bambang Widjojanto didesak untuk bersaksi dalam sidang Akil
  • Tumpahan minyak bukan berasal dari pesawat MH370
  • Sore ini, PPP deklarasikan dukungan Prabowo nyapres
  • Napi LP Pemuda Tangerang bentrok gara-gara ponsel, 1 orang luka
  • Pertumbuhan wisman Filipina tertinggi serbu Indonesia
  • SHOW MORE