7 Manfaat telur yang tidak diketahui banyak orang

Penulis: Begitu
Senin, 20 Mei 2013 13:37:20
7 Manfaat telur yang tidak diketahui banyak orang
Kategori Sehat





Telur adalah salah satu makanan yang paling mudah untuk ditemui di mana-mana. Baik itu telur dari ayam maupun telur bebek. Tapi tahukah Anda? telur yang Anda biasa konsumsi sehari-hari memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang baik untuk tubuh, atau bisa juga dimanfaatkan untuk kecantikan. Perlu diketahui, bahwa dokter dari USA sudah meneliti dan kuning telur adalah bagian telur yang paling banyak mengandung zat yang bermanfaat dibandingkan putih telur.

Ahli Gizi Amanda Ursell mengungkapkan, sarapan dengan telur rebus sebelum anak-anak pergi ke sekolah dapat membantu mereka meningkatkan energi dan meningkatkan kekuatan otak mereka. Bayi yang belum lahir juga memiliki IQ lebih tinggi bila ibu hamil secara rutin mengkonsumsi asupan dua telur sehari.

Berikut 7 Manfaat Telur yang harus anda tahu khasiat dari rutin mengkonsumsi telur.

1. Telur menghilangkan jerawat

Untuk para remaja atau orang dewasa, permasalahan jerawat pasti sangat menggangu penampilan anda. Apalagi jika Anda merupakan pegawai ataupun seseorang yang bekerja harus menjaga penampilan dan bertemu klien secara langsung. Tentu ini menjadi permasalahan serius yang anda punya.

Demi menghilangkan jerawat ini pun, Anda rela untuk membayar mahal karena Anda harus perawatan setiap bulannya untuk membeli alat penghilang jerawat dan sejenisnya. Tapi sekarang Anda tidak perlu kawatir. Karena ada cara murah yang bisa anda gunakan untuk merawat wajah Anda. Yaitu dengan menggunakan telur. Caranya adalah facialkan putih telur untuk merawat jerawat yang sedang meradang sekaligus membuat kulit lebih lembut dan kencang. Cukup mudah bukan?

2. Kesehatan mata

Untuk Anda yang mau menjaga mata Anda tetap sehat. Bisa mulai menkonsumsi telur. Karena Karotenoid yang ada di kuning telur, khususnya Karotenoid lutein danzeaxanthin, sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Menurut para peneliti, Karotenoid ini, yang merupakan pigmen berwarna yang memberi warna kuning pada kuning telur, dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian pada retina sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mata untuk fokus

3. Lebih banyak mineral.

Seperti vitamin, mineral merupakan zat gizi mikro yang krusial dibutuhkan oleh tubuh. Mineral merupakan zat gizi essensial yang digunakan untuk mengelola fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit. Kuning telur serta putih telur memiliki 13 jenis mineral, di antaranya dari kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium, dan selenium. Meskipun kedua bagian telur ini sama-sama mengandung mineral, namun kuning telur memiliki kandungan yang lebih banyak untuk setiap mineral. Contohnya, 90 persen dari kalsium yang terdapat di telur berada pada kuning telur; 93 persen kandungan besi pada telur berada di bagian kuningnya, dan hanya 7 persen yang berada di bagian putihnya.

4. Menjaga berat badan agar tetap sehat

Telur adalah sumber terbaik dari protein lengkap yang mengandung semua asam amino esensial bagi tubuh manusia. Mereka membantu mengontrol tingkat di mana tubuh menyerap kalori. Ketika mengelola berat badan Anda, sebaiknya pilihlah makanan yang memberikan jumlah gizi yang maksimum dengan sesedikitnya jumlah kalori. Telur adalah nilai gizi yang besar bagi orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap sehat.

5. Telur menghilangkan ketombe

Dan ketombe sekalipun bisa diatasi dengan keampuhan telur. Aplikasikan telur pada kulit kepala, dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air biasa, kemudian keramas hingga sisa telur hilang.

6. Telur membantu kesehatan rambu dan kuku

Selain bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe seperti kami paparkan diatas, jika telur sering dikonsumsi. Telur juga membantu kesehatan rambut dan kuku dari dalam tubuh karena di dalam telur menandung sulfur yang tinggi, dan bermacam vitamin serta mineral. Mereka yang rajin mengkonsumsi secara teratur memiliki rambut yang tumbuh lebih cepat.

7. Membantu dalam kehamilan

Choline merupakan nutrisi penting yang memberikan kontribusi untuk perkembangan otak janin dan membantu mencegah cacat lahir. Dua telur menyediakan sekitar 250 miligram kolin, atau sekitar setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil dan menyusui.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dari sebuah telur. Baik telur itu bisa anda konsumsi atau digunakan dengan cara lain. Maka dari itu, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu banyak hanya untuk hidup sehat. Yang pasti kunci dari semua itu adalah, makan 4 sehat 5 sempurna dan mulai menjalankan gaya hidup sehat.


Artikel ini ditulis oleh : Taqin

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis.
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : Begituunik dot com

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


 

Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

{BOX_RAMADAN}
iREPORTER
TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Genset AC di acara open house SBY meledak
  • Usai bertemu SBY, Prabowo silahturahmi ke Cendana
  • Sepanjang Kalimalang macet total, kendaraan nyaris tak bergerak
  • 5 Dam ini menjadi PLTA terbesar dan tercanggih di dunia
  • Boko Haram culik istri wakil PM Kamerun
  • Narapidana teroris dan koruptor masih dapat remisi
  • Lebaran, saipul jamiell selalu ingat mendiang virginia
  • 6 Alasan untuk lebih sering makan buah dan sayur!
  • Makna Lebaran tahun ini, kemenangan rakyat Indonesia
  • JK jemput Jokowi lebaran ke rumah Mega
  • SHOW MORE