10 Tips untuk membantu bayi baru lahir agar mudah tidur

Penulis: rendy yulianto
Senin, 10 Juni 2013 12:04:45
10 Tips untuk membantu bayi baru lahir agar mudah tidur
Kategori Sehat





Ketika Anda membawa si bayi ke rumah Anda, tidak ada yang bilang bahwa 'sleep like a baby' atau 'tidur seperti bayi' berlangsung dengan singkat.

Artikel ini akan membantu bayi baru Anda untuk tidur yang lebih baik.

Perhatian: Sebelum membaca 10 tips untuk membantu bayi untuk lebih mudah tidur, perlu Anda ketahui bahwa tidak bagus jika dia tidur sepanjang malam. Mereka akan sangat memerlukan asupan dalam 3 jam sekali untuk perkembangan mereka.

1. Waktu bangun yang singkat

Pada saat minggu pertama, bayi Anda akan sangat sulit untuk bangun, namun sertelah minggu pertama atau kedua, kunci yang paling penting adalah menjaga waktu bangun bayi Anda sangat pendek. Anda harus menenangkan bayi Anda untuk tidur setelah 1-2 jam waktu bangunnya. Anda harus melihat tanda-tanda bahwa bayi anda terlihat mengantuk dan mulai menenangkan bayi anda. Jika anda menunggu sampai bayi anda rewel dan menangis, anda sebenarnya sudah terlambat.Bayi yang terlalu lelah memiliki kesulitan untuk ditenangkan dan ditidurkan. Anak saya mudah tertidur pada saat sebelum rewel dan menangis. Beberapa bayi lebih gampang lelah daripada bayi yang lain.Pada saat waktu bangun, termasuk waktu makan dan penggantian popok tanpa memperhitungkan
berapa lama waktu tidur sebelumnya. Sebagai contoh, Suzie mulai tidur pada jam 8 pagi dan tertidur kurang lebih 3 jam sampai jam 11. Dia makan jam 11 dan ganti popok. Sekarang jam 11.30 dan Anda memutuskan untuk memandikan dia. Jam 11.45, suzie terlihat rewel. Artinya Suzie sudah terlalu lelah dan butuh istirahat. Dari awal, mereka tidak boleh terlalu lama sebelum lelah dan terstimulasi secara berlebihan.

2. Bedong

Untuk membantu meniru suasana seperti di rahim, bayi Anda butuh dibedong. Artinya adalah menyelimuti bayi anda menggunakan selimut. Anda pernah melihat hal seperti ini di rumah sakit. Hal ini membantu bayi anda merasa aman dan juga membantu bayi Anda untu tertidur selama terjadi ,Moro Reflect' .Dikatakan bahwa refleks tersebut sama seperti perasaan seperti terjatuh pada saat kita tertidur. Bayi membutuhkan waktu 4 sampai 5 bulan untuk menghentikan kegiatan tersebut.

3. Waktu tidur

Meskipun Anda harus menjaga suasana untuk tetap tenang dan gelap untuk bayi Anda supaya tidur dengan nyenyak, hal tersebut dapat memperpanjang kebingungan antara siang/malam yang dimiliki oleh sebagian besar bayi. Kebingungan tersebut dapat bertahan sampai 6 minggu. Ketika berada dalam rahim ibu, pergerakan dari sang ibu menenangkan bayi untuk tidur, dan ketika ibu istirahat, bayi akan aktif dalam rahim. Ketika Bayi telah lahir,dia tidak tahu harus berbuat apa. Jadi jagalah supaya tetap terang pada saat siang dan gelap jika sudah malam, hal ini akan membantu bayi Anda mengenali siang dan malam lebih cepat.

4. Batasi waktu tidur siang

Jika bayi Anda memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengenali siang dan malam (atau Anda memiliki waktu yang berat untuk menjaganya sepanjang malam), Anda dapat mempercepat proses tersebut dengan membatasi waktu tidur siang bayi Anda menjadi 3-4jam sepanjang hari.

5. Rutinitas setelah makan

Untuk membantu bayi Anda membedakan siang dan malam lebih cepat, anda mungkin ingin mengembangkan rutinitas setelah memberi makan seperti bermain, bernyanyi, dan mandi. Sedikitnya, stimulasi cahaya akan membantu bayi Anda membedakan waktu siang untuk tetap terjaga. Banyak buku merekomendasikan eat-play-sleep routine untuk bayi.

6. Mendampingi tidur

Kadang-kadang hal tersebut akan membantu Anda untuk melakukan tindakan yang cepat ditengah malam untuk memberi makan atau mengganti popok. Hal tersebut juga akan membantu si bayi merasakan nyaman karena berada dekat dengan Anda sehinga dia dapat mendengar Anda. Untuk alasan keamanan, Anda harus menggunakan co-sleeper, sleep positioner, atau bassinete.

7. Memposisikan matras bayi

Untuk bayi yang banyak memuntahkan refleks, hal ini membantu sehingga bayi tidak tidur dengan posisi datar pada punggungnya. Anda mungkin ingin memposisikan matras dalam posisi kaki berada dalam posisi lebih rendah dari perut sehingga isi perut tetap berada di dalam dan tidak dimuntahkan. Untuk memposisikan matras, Anda cukup mengganti level tempat tidur bayi. Jika tidak nyaman, anda cukup meletakkan selimut atau bantal dibawah matras.

8. "White Noise"

"White Noise" berasal dari seperti suara kipas angin, vacuum cleaner, dan pengering rambut. Suara-suara tersebut membantu bayi tidur karena pada saat di dalam rahim terdapat banyak suara demikian. Seperti suara aliran darah atau denyut jantung. Oleh karena itu bayi menemukan kenyamanan saat mendengar suara tersebut.

9. Menggendong bayi

Pada beberapa bayi yang rewel, kita dapat menggendong bayi menggunakan kain. Bayi akan terselimuti dalam kain, hal tersebut meniru kondisi dalam rahim dan bayi menyukai hal tersebut.

10. Ninabobo

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa pergerakan ibulah yang menenangkan bayi untuk tidur selama di dalam rahim, sehingga kami menganjurkan untuk meninabobokan bayi.


Artikel ini ditulis oleh : rendy yulianto

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis.
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : bebekocan

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


 

Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

SHOW MORE
TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • 8 Karyawan Lion Air curi barang milik penumpang
  • Sebelum lompat dari Jembatan Ampera, Novella titip tas ke polisi
  • Tergiur kalung emas penjaga toko sembako, Eman nekat merampok
  • Rupiah lemah,Demokrat minta pemerintahan Jokowi tak salahkan SBY
  • JK khawatir KPK di daerah malah lahirkan mafia hukum
  • Wih, Kim Kardashian Kini Jadi Pemilik Followers Terbanyak di IG!
  • Ahok: Pokoknya saya potong saja anggaran Dinas Pariwisata!
  • JK: pemerintah beli aset Lapindo, semua diuntungkan
  • Aniaya 3 pembantu, pelaku ngaku hanya kasih pelajaran
  • Biar imbang, Agung harap Ical siapkan lima juru runding
  • SHOW MORE