Di 4 negara ini, guru mendapat gaji besar

Penulis: Ardy Pratama
Senin, 22 April 2013 14:55:13
Di 4 negara ini, guru mendapat gaji besar
Kategori Dunia





Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, kedudukannya di sistem pendidikan cukup penting dan memiliki peran yang tinggi karena menempati posisi sentral dalam bidang pengajaran di suatu negara. Karena kedudukan dan posisinya yang penting tersebut maka banyak negara yang menempatkan guru sebagai pegawai dengan gaji cukup besar. Di negara-negara maju, guru yang memiliki kualitas tinggi bisa memberikan pengaruh dan pelajaran kepada murid secara lebih terarah dan mudah dimengerti.

Berikut kami akan tampilkan beberapa daftar negara yang menggaji besar para guru.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara yang besar dan dikenal memiliki ilmu pengetahuan serta teknologi yang tinggi sehingga wajar jika tenaga pengajar di negara ini dihargai dengan pendapatan yang tinggi di dunia. Besaran gaji dan pendapatan guru di Amerika Serikat dihitung dari seberapa lama guru tersebut mengabdi juga dilihat dari cara dan efektifitas guru dalam mengajar kepada muridnya. Semakin berprestasi dan tinggi efektifitas cara mengajar murid maka semakin tinggi pula pendapatan yang bisa didapatkan oleh guru di Amerika Serikat.

Selain masalah skill dan pengabdian daerah, kisaran biaya hidup di daerah tersebut juga memiliki pengaruh terhadap tingkat gaji yang didapatkan. Jika guru tersebut bertugas pada sekolah di kota yang memiliki kebutuhan dan biaya hidup yang tinggi maka otomatis gaji pun menyesuaikan, begitupun jika daerah tersebut memiliki biaya hidup yang rendah maka tidak akan sama dengan daerah yang biaya hidup yang tinggi. Untuk daerah kota besar seperti California guru diberi gaji 60.000 US dolar sementara didaerah lain yang memiliki biaya hidup lebih rendah seperti South Dakota digaji 35,000 US dolar pertahun.

2. Australia

Seperti halnya dengan Amerika Serikat, Australia juga merupakan sebuah negara maju yang memiliki apresiasi yang cukup tinggi terhadap tenaga pengajar mereka. Hal ini tidak terlepas dari pandangan masyarakat Australia yang memang menganggap dan memandang tinggi sebuah profesi tenaga pengajar di negara mereka. Sebagai permulaan untuk seorang guru yang masih pada level awal, mereka diberi upah sebesar 41.000 US dolar pertahun, pendapatan ini akan terus meningkat seiring dengan pertambahan pengabdian yang mereka miliki. Semakin lama kisaran mengajar seorang guru maka akan semakin besar juga upah yang akan mereka terima. Selain lamanya pengabdian, jenjang pendidikan juga berpengaruh atas besaran pendapatan yang akan diterima. semakin tinggi level pendidikan seorang pengajar maka semakin besar pula gaji yang mereka terima. Berbeda dengan tenaga pengajar di Indonesia yang banyak memiliki gelar tinggi namun kompetensi masih rendah. Padahal di Australia jenjang pendidikan yang tinggi haruslah sesuai dengan apa yang guru berikan dalam mengajar.

3. Inggris

Sebagai salah satu negara maju dan terkemuka, Inggris memberikan gaji tinggi kepada tenaga pengajar. Untuk seorang tenaga pengajar pemula maka mereka mendapatkan pendapatan yang cukup tinggi yakni sekitar 34,488.00 US dolar pertahun. Pendapatan ini akan terus bertambah seiring dengan lama pengabdian dan terutama prestasi dalam mengajar. Para tenaga pengajar di Inggris cenderung untuk terus berlomba untuk memberikan pola dan cara pengajaran yang efisien, baik di tingkat kompetensi dan profesionalitas mereka. Selain itu, pemerintah akan memberikan penghargaan khusus bagi guru yang berprestasi.

Teknik dan cara mengajar para tenaga pengajar di Inggris pun memiliki kualitas yang bagus sehingga sering menjadi rujukan ilmu pendidikan negara lain. Dengan dukungan besar dari pemerintah terhadap tenaga pengajar membuat guru berpacu untuk berprestasi mendapatkan hidup yang terjamin.

3. KANADA

Negara yang bertetangga dengan Amerika Serikat ini, selain memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi, ternyata Kanada juga memberikan penghargaan yang kepada tenaga pengajar mereka. Di negara ini, tenaga pengajar diberi pendapatan sekitar 30,000.00 US dolar pertahu. Selain diberi gaji tinggi, tenaga pengajar di Kanada juga diberi kebijakan yang cukup menguntungkan seperti tunjangan serta layanan tambahan, asuransi untuk gigi, cuti hamil dan cuti dini jika sudah tidak memungkinkan untuk mengajar lagi.

Tenaga pengajar di Kanada juga diwajibkan untuk membayar biaya pensiun mereka nanti dan membayar beberapa program sosial seperti masalah penganguran yang menjadi masalah bersama di negara ini.

4. CINA

Di Cina pendapatan seorang tenaga pengajar juga cukup tinggi, tidak hanya bagi tenaga pengajar asli dari negara Cina sendiri namun juga tenaga pengajar dari negara lain yang memutuskan untuk mengajar di negara ini. Pendapatan tenaga pengajar di negara ini sebesar 17.675 US dolar pertahun. Pendapatan ini sudah mengacu kepada biaya hidup, biaya perumahan, biaya transportasi dan kesehatan di Cina. Pendapatan Cina yang besar di kalangan negara Asia, menjadikan Cina sebagai salah satu negara Asia yang memberi apresiasi besar terhadap tenaga pengajar.


Artikel ini ditulis oleh : Ardy Pratama

  • Merdeka.com tidak bertanggung jawab atas hak cipta dan isi artikel ini, dan tidak memiliki afiliasi dengan penulis.
  • Untuk menghubungi penulis, kunjungi situs berikut : Oretz dot com

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


 

Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM
LATEST UPDATE
  • Review: el real pancung rekor barca di bernabeu
  • Ditendang dari Demokrat, Ambar Tjahyono bakal tempuh jalur hukum
  • Fan meeting Running Man dihadiri fans asal Papua hingga Thailand
  • Tolak oral seks, kakek di Karawaci dibunuh kekasih sesama jenis
  • Hari kedua SoundsFair, Ipang sajikan energi luar biasa
  • BNN akui pengawasan narkoba di Riau masih lemah
  • Review: Balotelli mandul, The Reds diimbangi Hull
  • Ritual Suro di Gunung Lawu, Andini terjatuh hingga patah tulang
  • Ditawari miliaran, Once lebih pilih Raffi Ahmad
  • Dipecat Demokrat, Ambar Tjahyono belum terima surat pemecatan
  • SHOW MORE