14 Mantan Anggota DPRD Jambi Ditahan

Sumber : | Minggu, 9 Maret 2008 13:37

14 Mantan Anggota DPRD Jambi Ditahan
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Sebanyak 14 mantan anggota dewan periode 1999-2004 yaitu 12 mantan anggota DPRD Kabupaten Tebo dan dua mantan anggota DPRD Merangin, Provinsi Jambi, pada Kamis (6/3) ditahan karena kasus korupsi.

Ke-12 mantan anggota DPRD Kabupaten Tebo yang juga mantan anggota panitia anggaran (Panggar) pada periode tersebut kini ditahan di Lapas Tebo karena diduga telah menyalahgunakan dana APBD senilai Rp4,3 miliar berdasarkan audit BPKP Jambi.

Sedangkan dua mantan anggota DPRD Kabupaten Merangin, pada hari yang sama juga ditahan di Lapas Bangko, Kabupaten Merangin terkait kasus korupsi dana APBD senilai Rp3,2 miliar.

Sebelumnya mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Merangin, telah ditahan terkait kasus bersama anggota dewan Merangin itu, ujar Kajari Bangko, Agus Budi Santoso.

Sementara itu, Kajari Tebo, Provinsi Jambi, Awarudin Sulistiyono SH mengatakan, sebenarnya mantan anggota DPRD Tebo terkait dugaan kasus korupsi berjamaah itu sebanyak 15 orang, namun satu orang telah meninggal dunia, dua orang belum memenuhi panggilan.

Kajari Tebo telah lama menyelidiki dan menyidik dugaan kasus korupsi itu berdasarkan audit BPKP, namun penahanan baru dilaksanakan pada Kamis (6/3) setelah tim penyidik memeriksa para tersangka mulai pukul 09:00 sampai 14:00 WIB.

Para tersangka di Tebo menyalahgunakan wewenang sebagai panggar dengan menggunakan anggaran senilai Rp4,3 miliar yang tidak jelas dan sulit dipertanggungjawabkan atau menyalahi aturan untuk operasional, tunjangan kesehatan, dan tunjangan rumah.

Ke-12 mantan anggota DPRD Tebo periode 1999-2004 yang ditahan itu yakni Adamhuri Mukti, Abdul Wali, Zakaria, Tumpal HBL Tobing, Abdul Hamid, H Rifai Achmad, dan Mahmudi.

Kemudian Syamsul Anwar, Suparlan, Maysita, serta M Thoha dan Thabri (kini masih anggota DPRD Tebo setelah terpilih kembali untuk periode 2004-2009).

Sedangkan satu mantan anggota DPRD Tebo yang telah meninggal Zaharuddin. Dua belum ditahan yaitu Bustari kini masih sakit, dan seorang lagi bernama Trianjaya tidak memenuhi panggilan, kemungkinan yang bersangkutan akan dipanggil paksa.

Untuk Kabupaten Merangin, dua mantan anggota dewan yang telah ditahan yaitu Sobirin (pada periode 1999-2004 menjabat Wakil Ketua DPRD Merangin), dan Jon A Gani.

Lalu mantan Sekwan DPRD Kabupaten Merangin periode 1999-2004, Yunidan (kini menjabat Kepala Banwasda Merangin) sudah duluan ditahan.

Menurut Kajari Bangko, Kab. Merangin, Agus Budi Santoso, Ketua DPRD Merangin, H Hasan Karim yang periode sebelumnya memegang jabatan yang sama hingga kini belum ditahan karena sakit sesuai rujukan dokter menderita penyakit jantung.

Sedangkan seorang mantan anggota DPRD Merangin, Nafis Ismail hingga kini tidak memenuhi panggilan. "Kita akan panggil paksa jika Pak Nafis tidak memenuhi panggilan," ujar Kajari Bangko, Agus Budi Santoso.(kpl/dar)

Komentar Anda


Suka artikel ini ?
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# La Liga# Real Madrid

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya





Be Smart, Read More
Back to the top
Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Diduga overdosis, pria pengangguran ditemukan tewas setengah bugil
  • Ahmad tewas ditembak begal pakai revolver dari jarak 30 cm
  • La Nyalla dicecar 50 pertanyaan soal korupsi dana hibah Rp 20 M
  • Pulang dari toko mainan, Ahmad tewas ditembak begal motor
  • Tragis, Indonesia gagal lolos ke Piala Asia U-23
  • JK: Australia harus pahami hukuman mati di Indonesia
  • Ahok beberkan cara pengusaha hitam cari proyek di Musrenbang
  • Lagi, Effendi Simbolon sebut Jokowi presiden prematur
  • Spanduk liar dukungan buat Risma mulai menjamur di Surabaya
  • Ingin ubah imej, Ashanty pakai make up sederhana
  • SHOW MORE