Pelihara ikan piranha di rumah, berani?

Reporter : Rizqi Adnamazida | Jumat, 6 Juli 2012 18:03




Pelihara ikan piranha di rumah, berani?
Red Belly Piranha. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Pygocentrus nattereri

Merdeka.com - Bosan dengan ikan mas yang berenang-renang di akuarium? Coba pindah ke ikan-ikan agresif yang tidak biasa, salah satunya piranha! Selain piranha, ada banyak pilihan ikan agresif lain yang bisa Anda jadikan pengisi akuarium di rumah seperti yang dilansir dari Boldsky (05/07) berikut ini.

Red belly piranha
Sudah tahu kan kalau piranha itu pemakan daging? Jadi jangan nekat memasukkan jari Anda ke dalam akuarium jika tak mau digigit! Gigi piranha benar-benar tajam untuk mencabik-cabik mangsanya. Ingat, piranha itu rakus daging, jadi jangan terlambat memberi mereka makan.

Red tail shark
Mendengar kata shark, jangan membayangkan ikan hiu yang besar itu! Spesies red tail shark biasanya cocok dipelihara di dalam akuarium. Tubuhnya hitam dengan ekor oranye merah terang, jadi ikan ini akan tampak cantik dalam akuarium Anda. Namun Anda perlu hati-hati, red tail shark tidak suka tempat hidup yang sempit. Mereka juga suka menyerang ikan lain, bahkan spesies mereka sendiri!

Tiger barbs
Spesies ikan tiger barbs suka menyerang sirip ikan lain dalam akuarium. Semakin panjang sirip tiger barbs, maka semakin agresif mereka dalam menyerang. Corak tubuh ikan ini adalah garis-garis tebal hitam di antara warna dasar kuning muda seperti harimau.

Giant danio
Meskipun tampak jinak, giant danio sebenarnya cukup galak lho. Dengan perpaduan warna silver dan biru pada tubuhnya, giant danio akan menyerang ikan yang lebih kecil yang ditaruh dalam akuarium yang sama dengannya.

Convict cichlids
Tidak semua ikan cichlids agresif, namun mereka bisa tumbuh besar sekali sampai ikan kecil muat masuk ke dalam mulut mereka. Ikan cichlids memiliki corak yang mirip dengan tiger barbs, tetapi garis-garis hitam pada tubuhnya lebih rapat.

Tangs
Ikan tangs punya bentuk tubuh yang mirip pisau bedah, terutama bagian sisi dan tulang belakangnya yang ramping. Tangs juga biasa dikenal dengan sebutan 'surgeon fish' karena sifat agresifnya dalam 'membedah' ikan lain dalam akuarium.

Snakehead
Namanya saja snakehead, jelas kepalanya mirip seperti kepala ular. Di beberapa negara ada larangan untuk memelihara snakehead dalam akuarium. Makannya banyak dan merupakan ikan kanibal. Jadi jangan pernah memelihara dua snakehead sekaligus dalam satu tempat.

Ikan-ikan yang agresif kebanyakan makan daging, jadi biaya pemeliharaannya juga tergolong tidak murah. Namun jika sudah bosan memelihara ikan mas, salah satu ikan agresif di atas bisa dijadikan pilihan peliharaan air Anda, berani?

[riz]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top


Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Korban pelecehan Raja Solo melahirkan bayi laki-laki
  • Internal KPK dikabarkan tegang karena konflik pegawai-pimpinan
  • Filipina hormati sikap Indonesia tangkap nelayan asing
  • Selalu sempurna, inilah senjata rahasia supermodel Kate Moss
  • Pelaku pariwisata was-was Munas Golkar digelar di Bali
  • Sehari makan 4 kali, rumus kemiskinan tak berlaku di Sulut
  • Ponsel pertama berbasis Windows Phone 10 bakal rilis Maret 2015?
  • Tolak kedatangan Jokowi, mahasiswa pukuli mobil berisi polisi
  • Hacker Serang Sistem Komputer Studio Sony Pictures
  • Sukses dengan Triangle, Jaejoong pastikan bintangi drama baru
  • SHOW MORE