Mahasiswa tingkat akhir harus lakukan 10 hal ini!

    Reporter : Rizqi Adnamazida | Jumat, 25 Januari 2013 07:44




    Mahasiswa tingkat akhir harus lakukan 10 hal ini!
    Ilustrasi anak kuliah. ©Shutterstock/Andresr

    Merdeka.com - Mahasiswa tingkat akhir semakin dekat dengan kelulusan. Dalam waktu singkat, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk terjun ke dunia kerja. Sebelum semuanya terlambat, sebaiknya mahasiswa tingkat akhir harus melakukan 10 hal seperti yang dilansir dari US News ini.

    Punya banyak ide
    Ada banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan. Misalnya mencarinya sendiri, meminta bantuan keluarga dan teman, atau bahkan menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri. Semuanya ada di tangan Anda, jadi siapkan banyak ide untuk meraih apa yang dicita-citakan.

    Mempelajari manajemen pekerjaan
    Entah itu soal surat lamaran kerja, tak-tik wawancara, atau yang lain, mulai sekarang sebaiknya Anda mulai mempelajari hal itu. Jika perlu, Anda bisa mencoba untuk mempraktikannya.

    Membuat profil LinkedIn
    Jejaring sosial bukan cuma Facebook dan Twitter. Cobalah untuk membuat profil profesional di LinkedIn demi mendukung latar belakang karir. Pasang foto dan deskripsi pekerjaan yang diinginkan. Jika perlu, tambahkan surat lamaran profesional dan rekomendasi dari orang-orang yang tahu kinerja Anda.

    Surat lamaran kerja kreatif
    Jangan biarkan surat lamaran kerja Anda terlalu datar. Sebab sudah banyak orang yang bisa membuat hal serupa. Lebih baik belajar menyusun surat lamaran kerja yang kreatif dan menunjukkan nilai plus dalam diri Anda.

    Menyiapkan banyak target
    Jangan cuma menarget satu tempat saja untuk bekerja. Namun siapkan sebanyak mungkin sesuai dengan kriteria kemampuan dan keinginan Anda. Sebab jika salah satunya gagal, Anda tidak perlu bingung mencari pilihan yang lain.

    Memanfaatkan jejaring sosial
    Bersihkan segala postingan yang buruk dalam jejaring sosial. Sebab beberapa perusahaan terkadang 'mengintip' jejaring sosial calon pegawainya. Tunjukkan bahwa Anda sangat profesional dalam dunia nyata maupun maya.

    Menghadiri job fair
    Job fair biasanya dikhususkan untuk lulusan baru maupun lama yang ingin mencari kerja. Namun mahasiswa akhir sebenarnya juga bisa mengikutinya. Dari situ Anda akan bisa belajar bagaimana menjaring pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan.

    Bertanya pada yang ahli
    Jangan memutus hubungan baik Anda dengan senior. Sebab siapa tahu mereka bekerja di salah satu perusahaan favorit Anda. Jika masih punya nomor teleponnya, hubungi mereka. Tanyakan langsung pada yang ahli mengenai berbagai tips dan trik agar bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut.

    Membagi waktu
    Meskipun pekerjaan itu penting, namun tugas akhir Anda juga penting. Jangan hanya sibuk memikirkan pekerjaan sampai tugas akhir terbengkalai. Sebaiknya Anda tetap berusaha membagi waktu dengan baik agar keduanya bisa berjalan seimbang.

    Jangan terlalu khawatir
    Banyak lulusan baru yang memang butuh waktu lama agar bisa mendapatkan pekerjaan pertama. Namun Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Jika waktunya tepat, Anda pasti akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat, sekaligus penghasilan yang didapatkan.

    Itulah hal-hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Semoga cita-cita Anda mendapatkan pekerjaan impian bisa tercapai!

    [riz]
    Suka artikel ini ?
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

    KUMPULAN BERITA
    # Top List

    JANGAN LEWATKAN BERITA
    Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

    Let's be smart, read the news in a new way.
    Tutup
    Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
    Kirim ke

    Free Content

    • URL Blog

    • Contoh : merdeka.wordpress.com

    • Email

    • Password


    saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






    Komentar Anda


    Be Smart, Read More
    Back to the top

    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Cerita tentang Ludwig dan Jedar, Erick Iskandar nangis
  • Tak mau dapat karma Raffi Ahmad stop main perempuan
  • Gelapkan duit koperasi Rp 250 juta, buruh ngaku dirampok begal
  • Kebakaran hebat di Tanah Abang, satu warga ditemukan hangus terbakar
  • Menteri Tedjo sebut pemerintah komitmen terhadap eksistensi KPK
  • Perkelahian napi Cipinang, korban dipukul kayu saat main kartu remi
  • Perkelahian napi di LP Cipinang karena kesumat api cemburu
  • Napi narkoba di LP Cipinang terlibat perkelahian, satu orang tewas
  • Ternyata bercinta bisa turunkan berat badan
  • Jokowi minta daerah lain tiru pesta rakyat Bogor
  • SHOW MORE