10 Trik mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga

    Reporter : Kun Sila Ananda | Sabtu, 29 Desember 2012 12:06

    10 Trik mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga
    Ilustrasi masalah keuangan rumah. ©Shutterstock.com/wavebreakmedia

    Merdeka.com - Uang adalah salah satu alasan terbesar yang menyebabkan pertengkaran dalam rumah tangga. Tak jarang pernikahan yang buyar gara-gara masalah keuangan. Masalah keuangan juga bukan hal mudah untuk dijelaskan. Namun jangan khawatir, The Stir (26/12) memiliki beberapa tips untuk mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga, berikut ini.

    1. Terbuka
    Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghindari keuangan adalah bersikap terbuka. Baik pasangan sama-sama mencari uang atau hanya salah satu saja yang menghasilkan uang, seharusnya tak ada yang disembunyikan masalah pengeluaran. Selalu diskusikan semua keputusan yang menyangkut keuangan, seperti pengeluaran, pemasukan, tabungan, dan lainnya.

    2. Buat kesepakatan
    Sebelum menghabiskan uang Anda, ada baiknya untuk membuat aturan yang disepakati bersama. Misalkan menentukan berapa persen yang harus ditabung, berapa budget yang digunakan untuk membayar tagihan, dan lainnya.

    3. Tentukan tujuan jangka panjang
    Dalam hal keuangan, Anda juga harus cermat dan bijak dalam melihat masa depan. Tentukan beberapa hal di masa depan yang membutuhkan banyak uang. Misalkan biaya pendidikan anak, liburan, dan lainnya. Ini akan membantu Anda menyimpan uang dan tak kewalahan ketika saatnya tiba.

    4. Menabung
    Anda tak harus menabung banyak di bank, namun sediakan tabungan kecil di rumah yang bisa Anda isi setiap minggu. Mungkin terdengar remeh, namun uang yang terkumpul bisa jadi sangat berguna saat dibutuhkan.

    5. Tabungan bersama
    Sebenarnya tak masalah Anda akan menggunakan tabungan bersama atau pribadi. Namun sebelum memutuskan, ada baiknya Anda waspada dengan risiko dan pengaruhnya. Ada baiknya Anda juga berdiskusi dengan pasangan masalah ini, karena hal ini juga disesuaikan dengan sifat pasangan.

    6. Melacak pengeluaran
    Sebelum membagi-bagi uang, ada baiknya Anda mulai melacak pengeluaran Anda sehari-hari. Ini sangat berguna jika dilakukan sejak awal pernikahan, karena Anda bisa mengira-ngira berapa pengeluaran rumah tangga setiap bulan. Hal ini juga membantu Anda mengetahui apakah Anda terlalu boros atau hemat.

    7. Membuat anggaran yang realistis
    Pastikan anggaran Anda realistis dan bisa dikerjakan dengan baik. Jangan buat anggaran yang terlalu sedikit hingga Anda harus sangat berhemat dan tak bisa menikmati hidup. Jangan juga tetapkan anggaran yang terlalu longgar hingga membuat hidup Anda boros.

    8. Sisihkan 'uang senang-senang'
    Sisakan sedikit uang untuk hiburan atau bersenang. Jangan banyak-banyak agar tidak terlalu boros. Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk makan malam bersama, nonton film, atau membeli sesuatu untuk keluarga. Anggap saja uang ini adalah sebuah reward atas kerja keras Anda dan pasangan.

    9. Rapat keuangan
    Lakukan pertemuan atau rapat dengan pasangan untuk membicarakan masalah keuangan. Ini bisa dilakukan setiap minggu atau bulan. Meski namanya rapat, namun lakukanlah dengan suasana senang. dan jangan terlalu serius.

    10. Bekerjasama untuk mengatur keuangan
    Pastikan Anda dan pasangan saling bekerjasama untuk mengatur keuangan. Jangan terlalu mendominasi atau malah pasif jika berkaitan dengan pengeluaran atau pengaturan keuangan. Mungkin awalnya akan canggung, namun jika dibiasakan Anda akan mendapatkan manfaat mengatur keuangan sebagai tim bersama pasangan.

    Nah, jangan takut lagi menghadapi masalah keuangan dalam rumah tangga. Sepuluh trik di atas bisa membantu Anda mengatasinya.

    [kun]

    Komentar Anda


    Suka artikel ini ?
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

    KUMPULAN BERITA
    # Top List

    JANGAN LEWATKAN BERITA
    Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

    Let's be smart, read the news in a new way.
    Tutup
    Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
    Kirim ke

    Free Content

    • URL Blog

    • Contoh : merdeka.wordpress.com

    • Email

    • Password


    saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya





    Be Smart, Read More
    Back to the top

    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Salah jalur, 5 anggota pramuka tersesat di Gunung Merbabu
  • Dikaitkan prostitusi artis, Roro Fitria mengaku omsetnya menurun
  • Buruan ikut, XL bagikan 1.000 tiket gratis mudik dan sebuah Alphard
  • Mantan Kabag Tapem Riau jadi tersangka korupsi dana ibadah haji
  • Selama Ramadhan dan Lebaran, XL siaga 24 jam layani pelanggan
  • Ahok: Dishub ngaco minta anggaran Terminal Rawamangun ditambah
  • Mama naik jet pribadi, Nikita Willy ikutan mupeng
  • Gergaji sel tahanan, 4 tahanan diburu polisi
  • PKB desak pemerintah lunasi pembayaran dana talangan korban Lapindo
  • Segera gabung Marvel, aktris ini bakal perankan karakter pria
  • SHOW MORE