10 Tips kencan online yang aman

Reporter : Rizqi Adnamazida | Selasa, 21 Agustus 2012 19:20




10 Tips kencan online yang aman
Ilustrasi kencan online. ©2012 Shutterstock/Yuri Arcurs

Merdeka.com - Internet adalah salah satu lokasi berbahaya untuk berkenalan dengan orang lain. Sebab ada kemungkinan berbagai profil yang terpampang adalah palsu. Kalau Anda tertarik menemukan jodoh dari situs kencan online, coba simak tips amannya seperti yang dilansir dari Authorsden (16/08) berikut ini.

Lindungi profil diri
Hindari memakai nama asli di situs kencan online, chat room, atau pesan singkat yang ada di internet. Jangan cantumkan nomor hp, alamat, atau apapun yang bisa melacak Anda.

Akun email
Situs kencan online pasti meminta akun email Anda. Namun ada juga beberapa situs yang menawarkan pendaftaran akun email gratis. Manfaatkan kesempatan itu daripada menggunakan alamat email resmi yang memiliki data pribadi Anda.

Situs dengan reputasi
Sama seperti berbelanja di toko online, pastikan Anda memilih situs kencan yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi yang baik.

Santai
Meskipun Anda belum bertemu langsung dengan orang yang Anda ajak bicara di situs kencan online, jangan buru-buru minta bertemu. Lakukan percakapan yang santai dan nikmati hal yang sedang Anda bicarakan dengan mereka.

Minta banyak foto
Foto juga sering menipu. Jadi jangan ragu meminta banyak foto dari orang yang Anda temui di situs kencan online. Sebagai gantinya, Anda pun biasanya harus melakukan hal serupa.

Menyimpan bukti
Berbagai percakapan, video, foto, atau apapun sebaiknya Anda simpan dengan baik. Bukannya berprasangka buruk, namun Anda patut waspada dan menyimpan semua bukti interaksi dengan orang dari dunia maya. Siapa tahu ada tindak kejahatan yang terjadi.

Minta nomor handphone
Ada trik yang bisa Anda lakukan sebelum berkencan dari seseorang di dunia maya. Minta nomor handphone mereka dan hubungi dengan menyembunyikan nomor Anda sendiri. Kalau mereka cenderung mematikan atau menolak panggilan, Anda patut curiga.

Memblokir orang tertentu
Menemukan orang yang menyebalkan dan mengganggu Anda terus-terusan? Jangan ragu untuk memblokir mereka demi keamanan Anda.

Nama profil yang sama
Seseorang biasanya memakai nama yang sama di beberapa situs kencan online. Jadi tanyakan pada orang yang Anda temui apakah mereka juga melakukan hal serupa. Lantas perhatikan jawaban yang mereka berikan.

Ikuti kata hati
Ada kalanya kata hati juga berperan menuntun Anda dalam menemukan orang yang tepat. Kalau kata hati merasa tidak nyaman dengan seseorang, Anda bisa mempercayainya dan menghentikan usaha Anda mencari teman kencan dari dunia maya.

Nah, itu dia berbagai tips kencan online yang aman. Sudah siap surfing di dunia maya untuk menemukan belahan jiwa?

[riz]


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • IHSG dibuka menghijau, naik 0,14 persen
  • Fahri Hamzah: Saya selesai mengkritik SBY
  • Harga emas Antam stagnan Rp 531 ribu per gram
  • SBY: Jangan lupakan Prabowo-Hatta
  • Villareal tak keberatan Sophia Mueller ajak anak masuk Islam
  • Lima tokoh dunia pernah pakai jasa paranormal
  • iBrute, alat 'hacking' yang tembus iCloud Jennifer Lawrence?
  • Pemotongan gaji karyawan, 3 pejabat RS Sanglah dipanggil polisi
  • Hukuman gantung ancam 2 polisi yang ditangkap di Malaysia
  • Munas belum jelas, calon-calon pengganti Ical mulai trengginas
  • SHOW MORE