Merdeka.com tersedia di Google Play


10 Produk ini dilarang beredar di beberapa negara

Reporter : Rizqi Adnamazida | Rabu, 16 Januari 2013 19:48


10 Produk ini dilarang beredar di beberapa negara
Ilustrasi meniup permen karet. ©Shutterstock/Todd Taulman

Merdeka.com - Jika Anda berkunjung ke Singapura, sebaiknya jangan nekat mengunyah permen karet di depan umum! Sebab permen karet dilarang beredar di Singapura. Aneh juga ya?

Selain permen karet, ada banyak produk lain yang juga dilarang beredar di beberapa negara. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

Permen karet
Singapura sudah melarang peredaran, baik itu impor maupun penjualan, permen karet di negaranya selama lebih dari 20 tahun. Alasannya sederhana, agar tempat umum di sana bisa terjaga kebersihannya.

Majalah wanita
Jangan sekali-kali melakukan aksi jual beli majalah wanita di Iran. Entah apa alasannya. Namun yang jelas tidak akan ada orang yang tahu atau peduli tentang gosip maupun berita para artis Hollywood.

Dekorasi Natal
Karena mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Islam, Arab Saudi pun melarang ada dekorasi Natal di restoran atau tempat umum lainnya. Selain dekorasi Natal, hiasan yang hal-hal berbau non-Islam juga dilarang untuk dipasang.

PlayStation
PlayStation 3 dan kebanyakan peralatan video game dilarang beredar di China. Alasannya adalah pemerintah tidak mau generasi muda di sana membuang-buang waktu hanya untuk bermain game.

Tembakau
Di Bhutan, aksi jual beli tembakau dianggap sebagai perbuatan yang ilegal. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kebahagiaan penduduk melalui indikator Gross National Happiness (GNH).

Senjata api
Hampir sama seperti di Indonesia, sulit sekali membeli atau mendapatkan izin kepemilikan senjata api di Jepang. Fungsinya tentu saja untuk meminimalisir kematian akibat serangan dengan senjata api oleh warga sipil.

Pokemon
Tayangan kartun yang satu ini juga di larang beredar di stasiun televisi negara Turki. Sebab pernah ada kecelakaan pada tahun 2000 silam yang menewaskan dua anak kecil terjun dari balkon rumahnya. Dua anak tersebut percaya bahwa dirinya adalah Pokemon.

Hari Valentine
Menjual kado untuk hari Valentine, termasuk mawar merah atau kartu juga dilarang di Arab Saudi. Negara tersebut menganggap perayaan ini jauh dari kepercayaan Islam.

Foie Gras
Foie Gras adalah hidangan mewah yang terbuat dari hati angsa. Beberapa negara melarang peredarannya, seperti California, Chicago, Jerman, Italia, Argentina, Polandia, Norwegia, Denmark, dan Republik Ceko. Proses pembuatan Foie Gras memang kejam, makanya beberapa negara tersebut melarang peredaran makanan itu.

Four Loko
Four Loko merupakan produk minuman yang mencampurkan kafein dan alkohol. Produk tersebut sebenarnya dijual di Amerika. Namun pada akhir tahun 2010, pihak Food and Drug Administration melarang peredarannya.

Itulah beberapa produk yang dilarang beredar di negara-negara seluruh dunia. Pastikan Anda tidak berusaha untuk memiliki atau memakainya saat berlibur di negara yang sudah disebutkan di atas.

[riz]

Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Edarkan uang palsu, pensiunan PNS dicokok polisi di Surabaya
  • Jokowi di Bali, berencana hadiri pernikahan bangsawan Bali
  • Cecilia Cheung akui dia sempat jadi selingkuhan!
  • Anggota TNI AU dilaporkan cabuli putrinya yang berusia 18 bulan
  • SDA tunjuk Isa Muchsin gantikan Romi sebagai Sekjen PPP
  • Prabowo: Kami sangat serius & teliti cari cawapres
  • Gagal kelola pajak bikin utang luar negeri bengkak
  • Ubah lagu Marilah Kemari, Alexa tak izin Titiek Puspa
  • Suryadharma perkenalkan koalisi Gabah (Garuda-Kabah)
  • Tak datang di deklarasi, Romi tegaskan masih Sekjen PPP
  • SHOW MORE