Pasar Syariah Pertama di Indonesia Dibentuk

Sumber : | Minggu, 20 Juni 2010 11:38




Pasar Syariah Pertama di Indonesia Dibentuk
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Pasar syariah pertama di Indonesia dibentuk di Jawa Timur dan menjadi prototipe pasar yang berbasis pada ekonomi syariah.

"Pasar syariah itu dalam arti barang yang diperjualbelikan halal," kata pemrakarsa Pasar Syariah Az-Zaitun I I Surabaya Jl Kutisari Selatan XIII Surabaya Hadi Suroso Imam Zadjuli di Surabaya, Sabtu.

Akademisi Universitas Airlangga itu menambahkan, pasar syariah yang dibentuknya juga menekankan transaksi yang jujur, bersih, bebas rokok, dan murah meriah.

Pada kesempatan itu, Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan hadir untuk meresmikan Pasar Syariah Az-Zaitun I I Surabaya Jl Kutisari Selatan XIII Surabaya.

"Pasar ini menerapkan prinsip syariah termasuk dalam hal pembiayaan. Di sini tidak ada persaingan karena yang ada saling menolong, brotherhood dan sisterhood," katanya.

Ia juga melengkapi pasar syariah tersebut dengan fasilitas pendanaan At-Tin Islamic Foundation yang memberikan bantuan pinjaman kepada pedagang pasar tanpa bunga.

"Kalau terjadi inflasi maka inflasi akan ditanggung peminjam sedangkan kalau terjadi deflasi "Fund" yang akan menanggung," katanya.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan, pasar syariah Az-Zaitun di Jawa Timur itu akan menjadi bukti bahwa konsep syariah mampu memecahkan persoalan bangsa.

"Saya berharap ini akan menjadi prototipe pasar yang berpihak pada rakyat, konsumen, dan pelaku usaha sehingga semua kepentingan terakomodasi," katanya.

Jawa Timur akan menjadi prototipe provinsi di Indonesia yang menerapkan pasar tradisional berbasis syariah.

Menteri menekankan, pasar tersebut hendaknya menerapkan konsep syariah dari hulu ke hilir.

"Konsep pembiayaan harus berdasarkan syariah dalam implementasi, ketentuan, dan keberpihaknnya," katanya.

Kemudian produksi juga harus berdasarkan dan berbasis syariah. Sektor hilir berupa pemasaran melalui pasar tradisional menjadi solusi yang amat baik.

Ekonom Ichsanuddin Noorsy pada kesempatan yang sama mengatakan, upaya untuk membuktikan keberpihakan pada rakyat kecil tidak cukup dengan kata-kata.

"Pasar syariah ini akan menjadi bukti keberpihakan pada yang kecil. Namun ini harus secara sistemik menunjukkan bangunan berpikir ekonomi Islam yaitu bangkitnya harkat dan martabat orang-orang kecil," kata Noorsy.

Diteladani Kaltim

Pasar syariah Az-Zaitun menjadi inspirasi bagi provinsi lain di antaranya Kalimantan Timur (Kaltim).

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang hadir pada kesempatan itu mengatakan pasar syariah bisa menjadi model untuk dikembangkan di seluruh Indonesia.

"Pasar syariah ini menarik, bahkan berdasarkan penelitian banyak konsep syariah termasuk bank syariah diminati di luar negeri termasuk masyarakat nonmuslim," katanya.

Oleh karena itu, ia berpendapat Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim sudah saatnya mengembangkan konsep berbasis syariah.

Pihaknya berencana menerapkan konsep pasar syariah di provinsinya beberapa waktu ke depan.

"Dengan mengembangkan pasar syariah kami berharap tingkat kemiskinan dan pengangguran dapat ditekan," kata Gubernur Kaltim.(ant/dka)


KUMPULAN BERITA
# Tips Karir

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Amankan Jokowi, 3 Personel Paspampres temui Luhut Panjaitan
  • Banding ditolak, pidana penjara Achmad Jauhari ditambah
  • Rumah Rihanna nyaris dibobol orang
  • 6 Manfaat sehat dari hangatnya sebuah ciuman
  • Bank Muamalat Medan dirampok, karyawan disekap
  • Misteri 'pembocor' anggaran proyek Talut Biak Numfor
  • Ngamuk, caleg terpilih lempar kader PKB pakai gelas
  • Bonaran Situmeang dicegah ke luar negeri mulai hari ini
  • SnapDish, aplikasi mirip Instagram khusus untuk makanan
  • [FOTO] Seohyun SNSD tampil cute saat upacara kelulusan
  • SHOW MORE