Indonesia-Malaysia Sepakat Tingkatkan Kerjasama Perdagangan dan Investasi

Sumber : | Jumat, 13 Januari 2006 06:45




Indonesia-Malaysia Sepakat Tingkatkan Kerjasama Perdagangan dan Investasi
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Indonesia dan Malaysia memandang perlunya peningkatan kerjasama di bidang perdagangan, investasi dan energi, termasuk kerjasama sub regional melibatkan kerjasama dalam kerangka segitiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapura dan Indonesia-Malaysia-Thailand (IMS dan IMT-GT).

"Harapan kita kerjasama bidang perdagangan, investasi dan energi ini lebih ditingkatkan lagi di masa datang," ujar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam konferensi pers bersama PM Malaysia Abdullah Badawi, usai pertemuan bilateral kedua pemimpin negara di Bukittinggi, Sumatera Barat, Kamis (12/01).

Presiden mengungkapkan kegembiraannya mendapati kerjasama pihak swasta dan usaha milik negara dari kedua negara semakin tumbuh dan semakin nyata.

Di masa datang, kerjasama bidang perdagangan, investasi dan energi diharapkan bisa lebih berkembang lagi sekaligus meningkatkan perekonomian kedua negara serta membuka lapangan kerja yang memang dibutuhkan untuk mengurangi pengangguran yang terus meningkat dewasa ini.

"Semakin baik kita meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan ekonomi di dalam negeri, Insya Allah akan semakin baik pula peningkatan kerjasama perdagangan dan investasi sesuai dengan potensi yang dimiliki kedua negara," kata Presiden.

Khusus di bidang energi, menurut Yudhoyono, kedua pemimpin negara sepakat tidak hanya dilakukan antara Pertamina dengan Petronas saja, tetapi juga di bidang kelapa sawit untuk kepentingan minyak sawit (CPO) maupun pengembangan sumber energi dari kepala sawit (bio-energy).

Dalam konteks investasi Indonesia akan terus mengembangkan iklim investasi yang lebih baik menyangkut kepastian hukum, kebijakan ekonomi yang lebih kondusif bagi investasi termasuk kebijakan tenaga kerja, sehingga investasi bisa berjalan dengan baik.

"Kami juga bersepakat bila ada hambatan atau masalah dalam kerjasama investasi ini kita akan carikan solusinya. Kami juga akan ikut serta membantu upaya penyelesaiannya," ujar Presiden Yudhoyono.

Kerjasama Sosial

Di bidang sosial dan kesejahteraan, kedua pemimpin negara juga bersepakat terus menggalang kerjasama khususnya di bidang ketenagakerjaan.

"Kita berterima kasih kepada Malaysia karena ratusan ribu tenaga kerja Indonesia bekerja di sana. Mudah-mudahan mereka juga ikut menyumbang bagi pertumbuhan ekonomi Malaysia," ujar Presiden.

Menurut Presiden, kedua negara sepakat untuk melakukan pengelolaan secara lebih baik lagi melalui kebijakan dan langkah-langkah kerjasama di bidang ketenagakerjaan tersebut.

Kerjasama itu sendiri, kata Yudhoyono, untuk selanjutnya akan ditindaklanjuti di tingkat menteri dan organisasi-organisasi pemerintahan termasuk diantara kalangan dunia usaha baik swasta maupun milik negara.

Sementara itu, PM Malaysia Abdullah Badawi menegaskan kerjasama kedua negara harus ditindaklanjuti dengan sunguh-sungguh dalam bentuk kerjasama dan kesepahaman yang tinggi.

Kedua belah pihak, menurut dia, telah menunjukkan kesungguhan untuk menindaklanjuti kesepakatan yang telah terbentuk, baik antara dua pemerintahan maupun antara kalangan dunia usaha. (*/lpk)


KUMPULAN BERITA
# DPR# Perbankan

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Antv dan tvOne lejitkan laba VIVA semester I 202,5 persen
  • Meski ditantang naikkan harga BBM, Jokowi pilih menghindar
  • Politikus Prancis bandingkan anak Palestina dengan daging halal
  • Ical: Saya belum mau lengser
  • Jaksa lengah, tahanan narkoba kabur usai sidang di PN Pekanbaru
  • Ada adu jotos di pertandingan Maccabi Haifa vs Lille
  • Sex toy ini tersangkut dalam vagina selama 10 tahun!
  • Anindya Bakrie bicara soal anjloknya saham VIVA
  • Trailer Fifty Shades of Grey sertakan adegan sensual
  • Polisi serahkan berkas kasus kekerasan maut di SMA 3 ke jaksa
  • SHOW MORE