Samarinda Bangun Wadah Penampungan Kerajinan

Sumber : | Rabu, 14 Oktober 2009 19:11




Samarinda Bangun Wadah Penampungan Kerajinan
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Pemerintah kota Samarinda melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Samarinda membangun show room atau wadah penampungan hasil kerajinan yang ada di Samarinda.

"Semua hasil kerajinan di Samarinda dapat ditampung pada show room sebagai contoh yang akan dijual dan dipromosikan kepada para tamu yang datang ke Samarinda," kata Wakil Walikota Samarinda, Syaharie, saat meresmikan gedung show room kerajinan di Samarinda, Rabu (14/10).

Ia mengatakan, selama ini para pengrajin kesulitan untuk memasarkan atau mempromosikan hasil kerajinannya. Untuk itu pemerintah kota Samarinda membantu para pengrajin menyedikan tempat sebagai wadah promosi dan penjualan, kepada para tamu baik dari luar daerah maupun dari kota Samarinda sendiri.

Menurutnya meskipun pemerintah kota samarinda telah membantu para pengrajin berupa permodalan, maupun penyedian bahan baku, tetapi para pengrajin kesulitan dalam pemasaran. Diharapkan dengan adanya show room akan membantu para pengrajin memasarkan hasil kerajinannya.

Jadi setiap yang berkunjung ke kota Samarinda terutama tamu pemerintah bila mencari sovenir diarahkan ke show room tersebut.

"Saya berharap show room kerajinan ini menjadi salah satu alternatif wadah perbelanjaan barang cindramata khas Kaltim bagi para pendatang dari luar daerah," katanya.

Syaharie juga berharap kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Samarinda, untuk melakukan pembinaan kerajinan daerah dan terus melakukan evaluasi serta mengembangkan kreatifitas agar hasil kerajinan mampu bersaing dengan daerah lainnya.

Sementara itu ketua Dekranasda kota Samarinda, Aminah Amins mengatakan keberadaan show room tersebut sangat membantu dan menjadi sarana memberikan kemudahan akses jaringan pemasaran bagi para pengrajin, dimana para pembeli akan lebih mudah menuju pada satu lokasi untuk mendapatkan produk kerajinan yang diinginkan.

"Sejumlah bentuk kerajinan akan ditampung di show room kerajinan berupa hasil ukiran kayu, manik , tenun sarung samarinda, batik Kaltim, anyaman, batu permata hingga makanan ringan seperti amplang," katanya.(kpl/bar)

Suka artikel ini ?
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top
Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Warga Nigeria bakar wanita diduga pembom bunuh diri
  • 5 Daftar mobil bekas paling diburu pembeli
  • Cerita besan Amien Rais kalahkan besan SBY di Kongres PAN
  • Bulog tak mau disalahkan jadi 'dalang' kenaikan harga beras
  • Iklan kampus ISI Yogyakarta dijual di OLX sudah dihapus
  • Move on, Julia Perez hapus tato Gaston Castano
  • Bangkai pesawat AirAsia tiba di Pelabuhan Tanjung Priok
  • Kampus ISI Yogya dijual, rektorat benarkan karyawan belum gajian
  • Mendagri akan turun tangan damaikan Ahok dan DPRD
  • Soal 'dana siluman', DPRD DKI harusnya terima kasih ke Ahok
  • SHOW MORE