Perusahaan Belanda ini sediakan perjalanan ke Mars

Reporter : Vincent Asido Panggabean | Rabu, 8 Mei 2013 21:34




Perusahaan Belanda ini sediakan perjalanan ke Mars
Mars. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Perusahaan Belanda Mars One mulai menerima aplikasi bagi mereka yang ingin menjadi sukarelawan dan dilatih sebagai astronot untuk menjadi peserta perjalanan ke Planet Mars. Sejauh ini, sudah ada 78 ribu orang yang mendaftar sejak dibuka dua pekan lalu.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Rabu (8/5), jadwal keberangkatan menuju Mars rencananya akan dilakukan pada 2022. Mereka akan menempuh perjalanan selama tujuh bulan dan diperkirakan mendarat di Mars pada 2023. Namun, mereka tidak pernah akan kembali lagi ke bumi.

"Dengan 78 ribu aplikasi dalam dua pekan, hal ini menunjukkan perjalanan ke Mars menjadi pekerjaan paling diinginkan dalam sejarah," kata salah satu pendiri Mars One, Bas Lansdorp. "Jumlah ini menempatkan kita pada tujuan yang ingin kami capai, yaitu setengah juta pelamar."

Mars One mengatakan mereka yang mendaftar tercatat dari seluruh dunia dan saat ini pihaknya harus mulai memilah-milah untuk mengetahui siapa yang bisa masuk ke dalam kelompok kandidat untuk melanjutkan ke babak kompetisi. Nantinya, mereka akan dikurangi lagi menjadi kelompok lebih kecil hingga hanya tersisa empat orang.

Mars One menjelaskan siapa saja berusia 18 tahun atau lebih bisa mendaftar. Namun, ada biaya pendaftaran yang ditentukan berdasarkan pada kekayaan negara si pelamar, seperti Rp 370 ribu bagi pelamar dari Amerika Serikat.

Nantinya, uang dari biaya aplikasi itu akan dipakai untuk mendanai misi perjalanan ke Mars dan mereka sudah mendaftar akan diberikan nomor. Perjalanan ini diperkirakan akan menelan biaya antara Rp 3,7 miliar sampai Rp 56,9 miliar.

"Ini adalah misi internasional dan sangat penting dalam sebuah proyek, di mana siapa pun orangnya dapat bertanya pada diri mereka sendiri, apakah saya menginginkan hal ini? Apakah saya siap untuk hal ini? Jika jawabannya adalah iya, maka kami ingin mendengar dari Anda," ujar Lansdorp.

Kandidat yang terpilih nantinya harus menjalani pelatihan selama delapan tahun sebelum lepas landas pada 2022. Sejauh ini belum ada faktor yang menghambat program ini.

Waktu perjalanan ke Mars, yang berjarak sekitar 64,3 juta kilometer dari bumi dan tergantung dari posisi orbitnya, akan memakan waktu sekitar 200 hari.

Mereka yang akan menjadi peserta perjalanan ke Mars harus siap menghadapi situasi hidup di lahan gersang, berkawah, keadaan susah bernapas lantaran udara di Mars terdiri dari 95 persen karbondioksida, dan suhu yang berkisar 35 derajat Celcius sampai minus 135 derajat Celcius.

Aplikasi yang dilakukan melalui Internet ini akan menjadi yang pertama dari empat putaran. Putaran pertama akan berlangsung selama lebih dari lima bulan dan akan berakhir pada 31 Agustus mendatang.

[fas]

KUMPULAN BERITA
# Belanda

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Jadi anggota DPR, Adian Napitupulu mengaku gerah pakai jas
  • Selundupkan sabu 6 kg, polisi ringkus warga Taiwan
  • Perkara Kadis PU Sumsel kunci jerat Alex Noerdin
  • Kecelakaan kerja di proyek Gedung LKPP, satu tewas
  • BPS: Harga BBM subsidi naik November, inflasi 3,5 persen
  • Eks-'makelar cinta' Gang Dolly ditemukan tewas dipenuhi belatung
  • Tonjolkan fitur lama di Windows 10, Microsoft di kritik
  • Dossy Iskandar jabat Ketua Fraksi Hanura DPR
  • Truk berisi 2 ton ganja ditinggalkan pengemudi karena mogok
  • Jadi anggota DPR lagi, Misbakhun janji tetap vokal dan kritis
  • SHOW MORE