Pemilu Malaysia digelar 5 Mei

Reporter : Vincent Asido Panggabean | Rabu, 10 April 2013 12:40

Pemilu Malaysia digelar 5 Mei
Hari kemerdekaan Malaysia. REUTERS/Bazuki Muhammad

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Malaysia, Aziz Yusof, hari ini menyatakan pemilu akan digelar pada 5 Mei mendatang.


Situs asiaone.com melaporkan, Rabu (10/4), Yusof mengatakan pemungutan suara akan didahului dengan masa kampanye selama dua pekan yang akan dimulai pada 20 April mendatang.

Partai politik terbesar yang telah menguasai Malaysia sejak merdeka pada 1957, Organisasi Bangsa Melayu Bersatu (UMNO), saat ini berusaha untuk terus menahan kekuatan dari pihak oposisi yang telah menarik simpati rakyat bawah dengan berjanji akan mengakhiri korupsi, nepotisme, dan pemerintahan otoriter.

Sebelumnya sorang pemimpin partai dalam koalisi Barisan Nasional memperkirakan pemilihan umum di Malaysia bakal dilangsungkan pada 20 atau 21 April. Jadwal itu berlaku sepekan setelah penetapan calon anggota parlemen.

Seperti diketahui, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak pada 3 April lalu telah membubarkan parlemen yang menjadi tanda untuk mengadakan pemilihan umum.

Najib yang memimpin koalisi Barisan Nasional mengatakan dia telah mendapat persetujuan kerajaan untuk segera membubarkan parlemen.

[fas]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE