BREAKING NEWS

Ini isi lengkap pidato perdana Presiden Jokowi

Reportase dari Sabah

Kisah TKI di Sabah, kini harus mengungsi karena perang

Reporter : Hery H Winarno | Rabu, 13 Maret 2013 02:05




Kisah TKI di Sabah, kini harus mengungsi karena perang
TKI di Malaysia mengungsi. ©2013 Merdeka.com/Hery Winarno

Merdeka.com - 193 TKI yang bekerja di perkebunan Felda Blok 10 terpaksa mengungsi. Lokasi ladang mereka hanya berjarak sekitar 3 Km dari Kampung Tanduo yang kini sedang digempur tentara Malaysia untuk mencari pengikut Sultan Sulu.

Meski mengungsi, para pekerja perkebunan pelat merah Malaysia tersebut tetap menerima gaji dari Felda. Bahan makanan pun selalu dipasok oleh Felda selama mereka mengungsi.

"Betah tak betah, demi keselamatan kita harus mengungsi. Di sini bahan makan, beras lauk pauk ada," ujar Samsyul Bahar, TKI yang mengungsi di Felda 17 kepada reporter merdeka.com Hery H Winarno, Selasa (12/3).

Samsyul mengaku sudah 13 tahun bekerja di Felda. Dia masuk Malaysia sejak tahun 2000 lalu bersama istrinya, Ida, warga Sulawesi.

"Anak sudah dua, lahir semua di sini. Saya dulu pergi ke Malaysia karena di Indonesia susah cari kerja, di sini banyak kerjaan tapi ya di ladang," terangnya.

Selama 13 tahun di Sabah, Samsyul mengaku baru pulang sekali ke Tanah Air. Alasan mencari nafkah membuatnya mau tak mau tinggal di tengah belantara hutan sawit.

"Pergi merantau dari Indonesia, di sini kembali mengungsi karena perang. Itu lah nasib, tapi di sini kami aman. Baru kali ini ada kejadian seperti ini, 13 tahun kami aman," terangnya.

Saat ini 193 pengungsi tersebut ditempatkan di kantor pejabat Felda 17. Kantor administrasi felda 17 disulap jadi tempat tidur massal saat malam hari.



Selama mengungsi anak-anak TKI pun terpaksa libur sekolah. Selama ini anak-anak mereka sekolah informal di ladang dengan guru dari Indonesia.

"Cuti (libur) ada penceroboh masuk. Tak sekolah kami," ujar anak Samsyul, Ahmad Maliki.

Tahun depan Samsyul bertekad untuk pulang ke tanah air. Tabungannya selama bekerja di Felda dirasa cukup untuk bekal usaha di kampung halamannya.

"Saya mau buka usaha warung makan di kampung. Duit dari sini mungkin cukup," terangnya.

Para pekerja di Felda mengaku menerima upah yang lumayan. Dalam sebulan mereka bisa mendapatkan upah paling sedikit 1.000 ringgit.

"Kalau kita rajin kerja keras bisa dapat lebih. Kalau kita malas, tak sampai 500 ringgit juga bisa. Di sini kerja tergantung kita, semakin kita kerja bagus, kerja keras, semakin banyak kita dapat ringgit, malas kerja sedikit kita dapat ringgit," terangnya.

Saat ini para pengungsi tidak ada kegiatan di felda 17. Mereka hanya duduk-duduk dan menunggu kabar kapan mereka boleh pulang ke ladang mereka.

"Ya begini saja, nunggu duduk saja. Tak ada kegiatan, hanya jaga anak saja. makan saja, tidur saja, tidak bisa bekerja," ujar Rohayati, TKI asal Sulawesi Selatan.

[tts]

KUMPULAN BERITA
# Konflik Sabah

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Pindah ke Istana, Jokowi akan diantar Ahok dan DPRD DKI
  • Jokowi sapa rakyat: Ini udah pada shalat maghrib belum?
  • Paspampres kerepotan kejar Jokowi yang lari di atas panggung
  • Sapa ribuan penonton, Jokowi lari di atas panggung
  • AS ngaku sudah nikah siri dengan anak selingkuhannya
  • Demi privasi, Cara Delevingne nekat bertindak segila ini
  • Kuli bangunan ini direstui untuk nodai dua anak selingkuhannya
  • JK: Boediono bukan ban serep, wapres bantu presiden
  • Bangkit dari kematian, evleaks bocorkan smartphone baru Motorola
  • Kabur dari Rutan, napi ini ditangkap saat temui kekasih
  • SHOW MORE