Kerusuhan Mesir sebab kasus sepakbola makin luas

Reporter : Ardini Maharani | Minggu, 27 Januari 2013 13:37

Kerusuhan Mesir sebab kasus sepakbola makin luas
Demo Mesir. REUTERS

Merdeka.com - Unjuk rasa atas kasus kerusuhan sepakbola tahun lalu makin meluas hingga menyebabkan 300 orang cedera.

BBC melaporkan, Ahad (27/1), ratusan pendukung terpidana mati itu berupaya meringsek penjara tempat mereka ditahan. Massa juga menyerang kantor polisi.

Sebelumnya pada 2012 terjadi kerusuhan di sebuah stadion sepak bola menewaskan 74 orang. Korban tewas itu kebanyakan anggota klub penggemar sepak bola bernama Ultras yang mendukung kesebelasan al-Masry di Kota Port Said.

Peristiwa itu terjadi pada 1 Februari 2012 ketika pertandingan sepak bola final antara al-Masry dan al-Ahly, klub sepak bola bermarkas di Ibu Kota Kairo.

Para pendukung al-Masry melempari suporter al-Ahly dengan batu, botol, dan kembang api, setelah tim mereka menang. Banyak saksi melihat polisi tidak berbuat apa-apa untuk menghentikan kekerasan saat itu. Setelah kejadian itu Kairo dilanda kerusuhan berhari-hari.

Namun keputusan pengadilan itu belum final. Vonis hukuman mati itu harus atas seizin Mufti Agung Mesir, meski sebenarnya prosedur itu hanyalah bersifat formalitas belaka. para terdakwa bisa mengajukan banding namun diperlukan waktu bertahun-tahun untuk proses itu.

Keluarga korban bersorak gembira di ruang pengadilan ketika putusan itu ditetapkan. Para pendukung al-Ahly juga ikut bergembira di luar markas klub di Kairo.

Di Port Said dilaporkan polisi menembakkan gas air mata untuk meredam kerusuhan oleh anggota keluarga pelaku di sekitar penjara tempat pelaku ditahan. para pendemo bahkan melepaskan tembakan dari senjata otomatis.

Pendukung al-Ahly telah memblokir sejumlah jalan, jembatan, dan kereta di Kairo selama beberapa hari terakhir. Puluhan tersangka lain dalam kasus itu, termasuk anggota polisi yang tidak mencegah terjadinya insiden berdarah itu, akan menerima putusan pada 9 Maret mendatang.

[din]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# Mesir

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE