Islam bakal jadi agama dominan di Inggris dalam sepuluh tahun

Reporter : Vincent Asido Panggabean | Jumat, 24 Mei 2013 09:05




Islam bakal jadi agama dominan di Inggris dalam sepuluh tahun
Warga muslim di Inggris. biyokulule.com

Merdeka.com - Sebuah sensus dilakukan Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris pada 2011 lalu menyatakan satu dari sepuluh orang di bawah usia 25 tahun di Inggris merupakan kaum muslim, sementara warga Kristen mengalami penurunan. Ledakan populasi di antara warga muslim dan penuaan demografis di kalangan Nasrani ini bisa berarti bahwa Islam akan menjadi agama dominan di Inggris dalam sepuluh tahun ke depan.

Stasiun televisi Russia Today melaporkan, Jumat (17/5), sensus itu juga memperlihatkan jumlah orang Kristen turun 50 persen lebih cepat dari yang diperkirakan. Padahal dari analisa awal statistik menunjukkan hanya 15 persen penurunannya. Namun, ONS menemukan fakta bahwa angka ini telah diperkuat dengan tingkat kelahiran warga Kristen Inggris di luar negeri, yaitu sebanyak 1,2 juta orang.

Selain itu, dari analisa ini juga menunjukkan bahwa mayoritas warga Kristen adalah mereka yang berusia di atas 60 tahun, dan untuk pertama kalinya kurang dari setengah anak-anak muda di Inggris menyatakan diri mereka sebagai Kristen. Alhasil, ONS telah menghitung bahwa dalam satu dekade ke depan warga Kristen akan menggolongkan diri mereka sebagai kaum minoritas di Inggris.

Sampai saat ini Kristen memang masih menjadi agama dominan di Inggris dengan lebih dari 50 persen populasi menyatakan diri mereka sebagai Nasrani.

Namun, laporan ini juga memperlihatkan bahwa populasi warga muslim telah meningkat secara drastis selama 15 tahun terakhir dengan angka sebesar 75 persen, baik di Inggris dan Wales. Padahal dari sensus penduduk pada 2011 menempatkan warga muslim Inggris di kisaran lima persen. Peningkatan ini tidak lain didorong oleh sekitar 600 ribu imigran muslim yang tiba di Inggris lebih dari satu dekade lalu.

Direktur Eksekutif Kantor Statistik Nasional, Keith Porteous Wood, mengatakan kepada surat kabar the Telegraph bahwa penurunan warga Kristen memang tidak dapat dielakkan lagi. "Dalam 20 tahun ke depan akan ada lebih banyak kegiatan kaum muslim daripada orang pergi ke gereja."

Selain itu, orang yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai ateis telah meningkat sebesar sepuluh persen, yakni dari angka 15 persen menjadi 25 persen. Asosiasi Humanis Inggris menggambarkan perubahan ini dengan sebutan pergeseran budaya yang sudah terlihat jelas.

Sementara Gereja Inggris menanggapi statistik itu dengan yakin dan menyatakan bahwa mereka masih mempertahankan dasar yang kuat dari imanorang-orang Kristen.

"Ini adalah sebuah tantangan, fakta bahwa enam dari sepuluh orang di Inggris dan Wales menyatakan diri mereka sebagai orang Kristen tidak boleh mengecilkan hati kita. Kekristenan tidak lagi sebuah agama budaya, tetapi agama keputusan dan komitmen. Orang membuat sebuah pilihan yang positif dalam menyatakan diri mereka sebagai Nasrani," kata Juru bicara Keuskupan Katolik Inggris dan Wales, pada Desember tahun lalu.

Selain itu, sensus ONS juga memperlihatkan adanya peningkatan dari pengikut agama Hindu, Sikhisme, Buddha, dan Yahudi.

[fas]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman

KUMPULAN BERITA
# Inggris

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Ternyata, saat tidur Chris Hemsworth lebih suka telanjang
  • Terpilih jadi ketum, Agung Laksono tegaskan Golkar tetap di KMP
  • Akhiri jabatan di KPK, Busyro siap kembali ngajar di Yogya
  • Pangkas proses perizinan TKI, Nusron akan pakai sistem digital
  • Busyro sebut isu konflik pegawai & pimpinan KPK hanya gertakan
  • Menteri Susi sebut aturan konversi LPG makin sengsarakan nelayan
  • Film dokumenter ini bakal ungkap alasan kepopopuleran FROZEN
  • Diserbu ribuan lalat warga di Sukoharjo gelar demo
  • Bayar artis Rp 5,5 juta, agensi B.A.P bantah kontrak budak
  • Kemenkeu gandeng PPATK dan KPK untuk proses lelang jabatan
  • SHOW MORE