Imam Amerika menikahkan pasangan gay muslim

Reporter : Vincent Asido Panggabean | Kamis, 18 April 2013 20:32




Imam Amerika menikahkan pasangan gay muslim
gay menikah. ©www.shutterstock.com

Merdeka.com - Mulai banyaknya negara bagian di Amerika Serikat yang mengesahkan pernikahan sesama jenis ternyata turut membuat banyak komunitas, salah satunya komunitas Islam, mulai menyukai fenomena pernikahan ini.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Kamis (18/4), Imam Daayiee Abdullah, yang berbasis di Ibu Kota Washington, ternyata berusaha menjadi yang pertama menggelar uparaca pernikahan sesama jenis bagi kaum muslim dan membuat gerakan perubahan.

"Saya pikir kita yang pertama memulai gerakan ini. Islam lebih terbuka di Amerika," kata Abdullah, seperti dilansir surat kabar the Washington Post. "Jadi, jika Anda ingin melakukan pernikahan sesama jenis. Saya bersedia."

Abdullah, yang merupakan lelaki keturunan Afrika-Amerika telah memeluk Islam dan menjadi bagian dari sebuah jaringan nasional muslim progresif di Amerika. Dia juga menjaga rahasia kaum penyuka sesama jenis ini.

Abdullah secara diam-diam membantu pasangan gay muslim untuk menikah, memberikan mereka penyuluhan sebelum melangsungkan pernikahan, dan menjaga upacara pernikahan itu tidak tercium ke permukaan.

Abdullah baru-baru ini dikabarkan telah memimpin upacara pernikahan sesama jenis. Dia menikahkan M.Q (35 tahun) dengan pasangan sesama jenisnya, yang merupakan rekan dari perkumpulan agama, J.C (40 tahun).

"Kita meminta kepada semua tamu untuk mematikan media sosial mereka saat prosesi pernikahan. Tidak ada Facebook, Twitter, dan Instagram," kata M.Q. "Ini lantaran keluarga dan saudara kami bisa terbunuh, rumah mereka yang berada di Timur Tengah bisa dihancurkan jika pernikahan ini beredar di Internet."

Meskipun tindakan Abdullah tidak lazim, namun apa yang dilakukannya itu dianggap sebagai seorang pahlawan dalam masyarakat gay muslim.

"Dia sangat membantu bagi mereka yang berusaha untuk mendamaikan orientasi seksualitasnya dengan iman mereka masing-masing," ujar pegiat Islam dari Washington, Faisal Alam, saat diwawancari surat kabar the Washington Post.

Meskipun tindakannya itu mendapat dukungan, namun Abdullah mengatakan banyak imam lainnya yang mengecam dirinya. "Beberapa imam setempat bahkan ada yang menolak memberi salam kepada saya," ucap dia.

Selain itu, bentuk kemarahan terhadap dirinya juga diungkapkan pada forum Internet. Abdullah disebut telah menyimpang dan sebagai juara dalam menciptakan ide-ide yang jelas-jelas dilarang dalam Islam.

Dari sudut pandang Islam, melakukan hubungan seksual hanya dapat dilakukan antara pasangan yang sudah menikah, dan pasangan itu merupakan lawan jenis.

"Saya tidak setuju dengan penafsiran Imam Daayiee terhadap Alquran," ujar anggota komite eksekutif Dewan Organisasi Muslim di Washington, Johari Abdul Malik.

Namun, dia menambahkan, bahwa semua komunitas memang membutuhkan pemimpin rohani. "Saya menantang dia untuk mengurus mereka yang mengikuti dia."

[fas]

KUMPULAN BERITA
# Amerika Serikat

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Desakan penundaan pelantikan Jokowi, upaya ganggu agenda negara
  • Sekolah ambruk, 14 siswa SD luka saat terima hadiah lomba HUT RI
  • Polisi pastikan investigasi Kim Hyun Joong
  • Kasus Obor Rakyat, Jokowi siap diperiksa Bareskrim pekan depan
  • Pemerintah segera tuntaskan draf UU kekayaan negara
  • Pria Jerman diusir dari apartemen sebab gaduh saat bercinta
  • Kapolda Jabar yakin hari ini bekuk polisi pencuri Rp 270 juta
  • Ini dia! resep Syaharani agar tetap semangat
  • PKB ajak para 'Gus' se-Jatim bahas Muktamar di Surabaya
  • SBY: Aceh sampai Papua maju bersama, makmur bersama
  • SHOW MORE