KCI: Tarif royalti Inul Vista sesuai aturan

    Sumber : | Jumat, 19 April 2013 11:32

    KCI: Tarif royalti Inul Vista sesuai aturan
    Inul Daratista

    Merdeka.com - Karya Cipta Indonesia (KCI) menilai, bahwa kenaikan pembayaran royalti dari Rp 3,5 juta sampai Rp 20 juta per bulan, sesuai dengan aturan yang berlaku.

    "Perlu kami luruskan, jelas perubahan dari Rp 3.5 juta ke Rp 20 juta per outlet esensinya bukan kenaikan. Rp 3,5 juta itu harga yang didiskon 70 persen," kata kuasa hukum KCI, Arjo Pranoto.

    KCI menuntut perusahaan milik Inul Daratista, Inul Vizta ke Pengadilan Niaga, karena dinilai melanggar hak cipta dan tidak membayarkan royalti sesuai dengan ketentuan.

    Arjo saat konferensi pers di restoran Riung Sari, Juanda, Jakarta Pusat, Kamis (18/4) juga mengungkapkan, aturan yang dijadikan acuan adalah dengan standar pembayaran royalti internasional.

    "Dasar kami mengubah bukan semena-mena, tapi adanya standar tarif yang dipraktekan internasional dari naungan CISAC. Perubahan nilai bukan kemauan suka-suka atas nama KCI," tuturnya.

    Secara kelayakan menurutnya, per bulan Rp 3,5 juta tentu tidak masuk di akal. "Karena kalau dirinci jatuhnya hanya Rp 10 per lagu bagi pencipta. Layak atau tidak tentu kita bisa menilai," tukasnya.

    KCI akan terus berjuang demi penegakkan hak para pencipta lagu. "KCI akan perjuangkan hak-hak pencipta lagu. Hak moral dan hak ekonomi. Muaranya bisa meningkatkan kesejahteraan pencipta lagu," tandasnya. (kpl/ato/dar)

    Rekomendasi Pilihan

    KUMPULAN BERITA
    # Inul Vs KCI


    Sumber: Kapanlagi.com
    Komentar Anda



    BE SMART, READ MORE